Home » Internet » Youtube TV: Layanan TV Kabel Youtube, Gebrakan Baru?

Youtube TV: Layanan TV Kabel Youtube, Gebrakan Baru?

Jumat, Maret 24th 2017. | Internet, Startup

Hingga saat ini pengguna youtube memang selalu bertambah. Kaum muda mudi mencoba peruntungan dengan menggunakan situs berbagi video tersebut.

Hanya cukup mengupload dari perangkat keras lainnya dan memiliki akun, kamu sudah bisa melihat videomu. Yang jelas video itu akan ditonton oleh semua penjuru dunia.

Ingin mendapatkan penghasilan dari youtube pun bisa. Sebenarnya tidak butuh kreatifitas tinggi untuk menjadi terkenal. Cukup modal unik dan beda dari yang lain viewer akan bertambah seiring waktu.

Tapi ada yang beda dari youtube. Jika biasanya kamu hanya menonton musik, film dan lainnya di situs itu. Kali ini kamu akan disuguhkan tampilan baru yang akan membuat kamu semakin terlena dengannya.

Layanan Tv Kabel Youtube

Layanan Tv Kabel Youtube

Ini adalah gebrakan baru dari youtube, yakni Layanan TV kabel yang sangat berbeda dari layanan TV kabel Konvensional. Layanan ini akan semakin memanjakan kita serta generasi mendatang, bahkan digadang-gadang akan jauh menyaingi industri TV kabel saat ini.

Ingin tahu lebih jelas mengenai layanan TV kabel Youtube ini? Mari Simak

Sejarah Youtube

Situs yang didirikan oleh tiga mantan karyawan dari perusahaan Paypal pada Februari 2005 ini terdiri dari Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Chad Hurley sendiri adalah seorang disainer grafis dari Indiana of Pennsylvania yang mendesain logo Paypal, sedangkan Steve Chen dan Jawed Karim sama – sama seorang ahli komputer dari University of Illinois.

Cerita asal muasal terbentuknya situs berbagi video secara gratis ini masih simpang siur, yaitu karena pengalaman dari tiga sekawan itu yang kesulitan membagikan video acara pesta makan malam di apartemen Chen, San Fransisco.

Sampai pada saat Karim kesulitan menemukan video di internet yang berkaitan mengenai melorotnya gaun Janet Jackson saat itu. kesulitan – kesulitan ini lah yang akhirnya mengantar mereka untuk mengembangkan Youtube .

Youtube sendiri berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi USD 11.5 juta dari Sequoia Capital di akhir tahun 2005. Nama domain Youtube.com resmi aktif pada hari Valentine 14 Februari 2005. Video pertama pun diunggah ke Youtube dengan judul Me at the zoo yang menampilan pendamping Jawed Karim di kebun binatang San Diego.

Video – video yang dianggap ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna yang berumur 18 tahun keatas. Sampai pada akhirnya Youtube resmi dipegang oleh perusahaan Google senilai USD 1.65 milyar dalam bentuk saham.

Hingga sekarang pun Youtube selalu meroket dengan banyaknya pengunjung yang mengunjungi video gratis tersebut. Dari musik, film, trailer dan lainnya menjadi pencarian pertama untuk para pengunjung. Belum lagi para youtuber yang sampai saat ini pun juga semakin bertambah. Sudah banyak bukti bahwa dari nama youtube lah seseorang bisa terkenal hingga sekarang. Contohnya saja seperti Justin Bieber yang memulai awal karirnya di situs tersebut.

Baca Juga:

Menjadi seorang youtuber di jaman sekarang sepertinya merupakan posisi yang menjanjikan. Terbukti dengan adanya para youtuber yang memperlihatkan kesungguhan pundi pundi uang mulai berdatangan ke rekening mereka. Siapa yang tidak tergiur ingin mendapatkan profesi tersebut?

Youtube TV

Sebenarnya berita ini sudah tersebar beberapa tahun yang lalu bahwa youtube akan membuat fitur terbarunya dengan menyediakan TV online untuk para pengguna.

Akhirnya youtube pun resmi mengumumkan Youtube TV. Kamu tidak perlu lagi mencari situs lain untuk dapat menonton TV online.

Cukup dengan youtube maka kamu dapat menonton acara TV di channel kesayangan kamu. Sambil buka trailer film, musik dan streaming.

Terdiri Lebih Dari 40 Channel TV

Banyak pilihan channel yang tersedia di youtube TV yang pastinya akan memanjakan kamu bersama keluarga. Dari channel NBC, E! hingga Fox Sport.

Untuk menarik pengguna youtube dalam streaming TV ini adalah disediakannya channel olahraga yang sayang dilewatkan. Apalagi jika klub liga andalan yang tengah bermain harus tertunda karena tidak tersedianya channel yang dapat menyajikan acara pertandingan sepak bola tersebut.

Channel yang disajikan pun tidak hanya ESPN dan kawan – kawan. Youtube juga menyediakan channel – channel lokal seperti, Syfy, Disney Channel, Net Geo Wild dan masih banyak lagi.

Tidak Ketinggalan Momen

Layanan baru dari situs video ini sangat menomorsatukan kenyamanan pelanggan. Oleh karena itu, dia menampilkan channel unggulan agar kamu tidak ketinggalan momen – momen penting. Contohnya saja saat klub sepak bola kesayangan tampil atau menyaksikan drama detektif terkenal di salah satu channel.

Robert Kyncl, Kepala Bidang Bisnis Youtube, mengatakan bahwa  mereka memutuskan untuk memberikan sebuah persembahan yang akan diberikan pada pelanggan setia. Berlangganan Youtube TV akan membuat pelanggan tidak akan ketinggalan momen – momen langsung.

Sebuah penawaran yang menggiurkan untuk dapat berlangganan TV kabel. Kyncl juga menambahkan bahwa Youtube juga telah bermitra dengan semua jaringan siaran televisi seperti ABC, NBC, CBS dan semua channel FOX.

Cloud DVR Dapat Merekam Tayangan

Takut ketinggalan acara berita? Film drama favorit tadi sore? Jangan khawatir, karena youtube TV sudah menyediakan cloud DVR dimana kamu dapat merekam semua acara televisi kesayangan. Acaranya pun bisa di pause dan play back sesuka hati.

Baca Juga:

Tapi sayangnya tempat penyimpanan ini juga memiliki keterbatan untuk menyimpan semua rekaman yang ada karena keterbatasan ruang. Maka untuk menyimpan rekaman acara televisi, kamu harus rela menghapus acara yang sudah ‘kadaluarsa’ dan membiarkan file lainnya tersimpan.

Kabar Gembira + Kabar Buruk

Kabar ini tentunya merupakan kabar buruk juga untuk semua perusahaan kabel tradisional. Begitu sebuah laporan yang diterima oleh BBC.

Namun, sepertinya semua harus mengalah demi pamor dari perusahaan situs video yang hingga kini selalu digunakan oleh para pengguna. Pamor youtube selalu naik tahun demi tahun. Bahkan setiap menit ada saja netter yang browsing trailer film terbaru, musik – musik terupdate dan lainnya di situs ini.

Siapa yang bisa menyangkal situs yang dulunya hanya situs kecil sekarang sudah mendunia dan menjadi kiblat para pencari informasi video terbaru.

Hal utama yang yang bakal jadi saingan berat langganan TV kabel lainnya adalah dengan menampilkan channel – channel olahraga utama. Ditambah lagi dapat menyiarkan langsung pertandingan sepak bola saat itu.

Generasi Youtube

Seperti dikutip dari bbc yang mengatakan bahwa terciptanya Youtube TV adalah untuk para generasi youtube yang akan datang. Dimana kamu tidak kerepotan mencari situs nonton TV online.

Hanya dengan berlangganan dengan Youtube maka semua channel akan kamu dapatkan. Tanpa adanya halangan seperti jam tayang yang kelewatan misalnya. Itu juga ditegaskan oleh direktur manajemen produksi Youtube, Christian Oestlien, mengatakan bahwa live TV ini diperuntukkan untuk para generasi Youtube.

Kabar gembira ini akan diluncurkan pada akhir musim semi nanti di aplikasi Mandiri, Smart TV serta perangkat mobile. Tapi kamu harus bersiap – siap patah hati karena channel utama seperti HBO, CNN, AMC tidak disediakan dalam Youtube TV nanti.

Harga Layanan TV Kabel Youtube

Untuk dapat berlangganan Youtube TV kabel ini kita hanya perlu membayar USD 35 atau setara dengan 468.150 rupiah.

Kabar datangnya Youtube TV ini ke telinga masyarakat dunia memang lah agak telat jika dibandingkan dengan layanan TV kabel lainnya. Belum lagi channel – channel lebih banyak dan harganya pun terbilang lebih murah. Tapi sepertinya kabar ini sudah disambut positif oleh beberapa kalangan.

tags: , ,

Komentar ditutup.