Home » Internet » Jaga Reputasi, Kini Wikipedia Larang Surat Kabar Dijadikan Referensi

Jaga Reputasi, Kini Wikipedia Larang Surat Kabar Dijadikan Referensi

Sabtu, Februari 18th 2017. | Internet

Siapa yang tidak kenal dengnan Wikipedia? Ensiklopedia online ini menjadi sumber informasi umum tentang segala hal.

Ya, segala hal, mulai dari profil tokoh, informasi tempat, sejarah suatu peristiwa, definisi istilah ilmiah, dan informasi umum yang lainnya.

Ketika Anda mencari informasi di internet, dan mulai mengetikkan kata kunci yang dicari, maka biasanya akan muncul situs Wikipedia di halaman pertama google.

Informasi yang terdapat pada Wikipedia umumnya akan dijadikan patokan ataupun sumber referensi dasar bagi setiap orang yang sedang mencari informasi di internet.

Namun, sebuah pertanyaan muncul, apakah informasi yang disajikan di Wikipedia benar-benar 100% valid dan bisa dipertanggung jawabkan?

wikipedia

wikipedia

Nah, kali ini kita akan membahas sebuah kebijakan baru dari wikipedia mengenai sumber referensi yang harus dipakai di Wikipedia. Yuk Disimak!

Wikipedia sebagai sumber informasi

Kelengkapan informasi yang bisa didapatkan melalui situs Wikipedia ini menjadikannya sangat penting.

Namun demikian, bukan berarti informasi yang terdapat di Wikipedia sudah 100 % benar dan nihil dari kesalahan.

Kekurangan dari Wikipedia yang sering dikritik adalah kevalidan informasinya.

Sebagai sebuah situs ensiklopedia, Wikipedia membebaskan kepada siapa saja untuk menjadi pihak ketiga yang bertugas sebagai penulis informasi dalam situs ini.

Keuntungan dari sistem tersebut yaitu informasi akan lebih banyak terkumpul, karena berasal dari berbagai kalangan yang secara sukarela menulisnya dalam situs ini.

Namun di sisi lain, hal tersebut juga menjadi sebuah kekurangan, khususnya terkait dengan kevalidan informasi yang menjadi lebih sulit untuk divalidasi kebenanrannya.

Hal tersebut semakin disadari oleh pihak pengembang Wikipedia. Analisis sumber informasi menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan.

Guna semakin meningkatkan reputasinya sebagai sumber informasi, Wikipedia mengeluarkan peraturan-peraturan baru terkait hal tersebut.

Dan yang terbaru di awal tahun 2017 ini, muncullah peraturan tenang larangan para penulis di Wikipedia untuk mengambil referensi dari surat kabar.

Larangan memakai Daily Mail sebagai sumber rujukan

Larangan ini pertama kali muncul sebagai bentuk respon dari dipakainya surat kabar terkemuka asal Inggris, Daily Mail, untuk dijadikan sumber informasi di Wikipedia.

Sebagai salah satu surat kabar terkemuka, Daily Mail seringkali dipakai untuk menjadi salah satu sumber rujukan terhadap informasi yang disajikan pada Wikipedia.

Larangan tersebut bukannya tanpa alasan. Daily Mail memang memiliki reputasi yang tidak terlalu bagus.

Hal ini khususnya berkaitan dengan kebenaran kabar yang terkandung didalamnya.

Seringkali berita yang ada di surat kabar ini hanyalah berupa gosip, ataupun sebuah berita yang hanya menjual sensasi belaka.

(Baca: Aplikasi Pembukuan Zeitgold: Ide Cerdas Dari Berlin)

Dengan karakternya yang seperti itu, maka berita yang dimuat di Daily Mail dianggap oleh pengelola Wikipedia sebagai kabar yang kurang terpercaya.

Dengan larangan ini, maka setiap informasi yang bersumber dari Daily Mail akan ditolak oleh Wikipedia.

Dan apabila sudah terlanjur untuk menjadikan Daily Mail sebagai salah satu referensi, maka dianjurkan untuk segera menggantinya dengan sumber informasi yang lain.

Bagaimana dengan surat kabar, majalah, atau surat kabar yang lain?

Larangan tersebut khusus untuk ditujukan pada surat kabar Daily Mail.

Namun, secara tersirat juga menjadi peraturan umum yang bersifat global.

Artinya, dalam prakteknya, kemungkinan tidak haya Daily Mail saja yang dilarang, akan tetapi surat kabar lainnya di seluruh dunia.

Hal tersebut terutama untuk surat kabar yang memiliki repitasi buruk, pembawa kabar palsu, penjual sensasi, dan tidak terverifikasi.

Tidak semua media massa menjunjung tinggi etika-etika dalam jurnalisme, sehingga tidak semua media massa memiliki integritas dalam  pemberitaan yang ditulisnya.

Dengan demikian, maka secara umum larangan tersebut diterapkan juga terhadap surat kabar yang lainnya.

Untuk langkah selanjutnya mungkin pihak Wikipedia akan melakukan proses verifikasi tentang surat kabar apa saja yang dapat dipakai sebagau referensi serta surat kabar apa saja yang tidak dapat dipakai.

Pihak Wikipedia menyebut surat kabar bercitra buruk seperti Daily Mail ini sebagai “sumber yang tidak dapat dipercaya” atau unteliable.

(Baca: Ingin Memulai Bisnis Startup? Ini Solusinya)

Tanggung jawab akan kebenaran berita dan informasi yang ada di situsnya menjadi bahan pertimbangan yang sangat penting bagi Wikipedia dalam menerapkan peraturan ini.

Anjuran mengganti referensi

Sebelum larangan ini dikeluarkan, beberapa surat kabar seringkali dipakai oleh para penulis lepas Wikipedia sebagai bahan rujukan informasi.

Dengan telah diberlakukannya larangan tersebut mulai dari tahun 2017 ini, maka bagi yang sudah terlanjur menggunakan referensi dari surat kabar diharapkan menggantinya dengan sumber lain.

Referensi dapat diambil dari berbagai sumber, selama sumber tersebut dapat di-pertanggungjawab-kan kebenaran informasinya.

Hal tersebut khususnya yang berkaitan dengan hal-hal ilmiah, yang tentu saja sangat perlu diperhatikan kebenaran dan kejelasan referensinya.

Hal yang sama juga diperlukan dalam biografi atau profil suatu tokoh.

Jangan sampai profil yang diceritakan pada halaman Wikipedia tidak sesuai kebenaran, karena motif politik ataupun suatu propaganda yang tidak dapat diterima.

Intinya, setiap informasi yang ada pada Wikipedia dicoba untuk dibuat dengan tanggung jawab yang tinggi serta memiliki kualitas yang dapat dipercaya semua orang.

Kabar  yang sebatas gosip, atau yang lebih parah lagi bersifat bohong (hoax), akan semakin dikurangi dari situs ini.

Aturan khusus untuk beberapa negara

Larangan ini tidak berlaku secara sama di beberapa tempat.

Hal tersebut masih disesuaikan dengan kondisi dan kebijakan dari masing-masing negara.

Seperti diketahui, beberapa negara memang memiliki aturan yang sangat ketat terkait kabar yang beredar di negaranya.

(Baca: Fitur-Fitur Baru Instargram ini Perlu Kamu Ketahui)

Beberapa negara memiliki penanganan secara khusus untuk selalu memonitor pemeberitaan baik yang ada di media massa maupun media elektronik.

Penanganan khusus Wikipedia itu misalnya dilakukan untuk sumber-sumber berita negara tertentu, seperti Tiongkok, Iran, dan Korea Utara.

Beberapa negara yang disebutkan itu memiliki aturan tersendiri perihal sumber berita.

Dan Wikipedia nampak coba untuk tetap menghormatinya.

Berita atau informasi yang berhubungan dengan beberapa negara tersebut masih dapat ditampilkan pada halaman Wikipedia dengan beberapa catatan khusus.

Biasanya akan terdapat sebuah catatan untuk memperingatkan para pembaca bahwa hal tersebut mungkin sebuah propaganda, yang belum tentu kebenarannya.

Meskipun bisa jadi informasi tersebut hanyalah sebuah propaganda, namun tidaklah sampai sama sekali dilarang pencantumannya di situs ini.

Semua dikembalikan lagi kepada kebijakan para pembaca untuk mempercayai atau tidak kebenaran akan informasi tersebut.

Jaga kualitas dan cari sumber referensi yang terpercaya

Bagi Anda yang sering untuk menjadi penulis informasi di Wikipedia, tentunya harus memperhatikan betul larangan ini.

(Baca: Ini Dia, 5 Alat Canggih nan Pintar Masa Kini)

Jangan sampai kemudian informasi yang Anda tulis tiba-tiba saja hilang atau dihapus oleh pihak Wikipedia.

Sangat disarankan untuk menggunakan sumber informasi yang dapat dipercaya seperti jurnal ilmiah, buku-buku resmi, atau berita resmi dari pemerintah.

Apabila Anda menggunakan media massa atau elektronik sebagai sumber informasi, pastikan media tersebut memiliki integritas yang baik.

Selalu cek ulang kebenaran informasi yang Anda dapatkan.

Sangat baik apabila Anda memakai lebih dari satu sumber informasi, sehingga apa yang Anda tulis tersebut akan lebih dipercaya dan dapat lebih dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebaiknya periksa kembali beberapa informasi yang pernah Anda tuliskan di situs ini.

Apabila ditemukan sumber rujukan yang meragukan, sebaiknya segera untuk diganti atau ditambahkan sumber-sumber lain yang dirasa dapat lebih menguatkan. Semoga bermanfaat.

tags:

Komentar ditutup.