Home » Gadget » Ulasan Xiaomi Mi5: Smartphone Murah Spesifikasi Premium

Ulasan Xiaomi Mi5: Smartphone Murah Spesifikasi Premium

Senin, Februari 6th 2017. | Gadget

Ulasan lengkap Xiaomi Mi5: Smartphone nampaknya saat ini telah menjadi salah satu gadget penting yang hampir semua orang memilikinya.

Berbagai macam kemudahan yang bisa didapatkan dari gadget pintar ini menyebabkan “ketergantungan” masyarakat modern, termasuk yang ada di Indonesia, semakin lama menjadi semakin tinggi.

Spesifikasi Xiaomi mi5

Tampilan Xiaomi Mi5 – Source: Advisor

Permintaan yang semakin meningkat, menyebabkan persaingan antar vendor semakin ketat.

Persaingan tersebut diantaranya dapat terlihat dari sisi harga.

Harga samrtphone yang bervariasi, disesuaikan berdasarkan tingkat spesifikasi dari suatu produk.

Semakin tinggi spesifikasinya, semakin mahal pula harga produk tersebut.

Adakah Smartphone Murah dengan Spesifikasi dan Fitur Premium?

Bagi sebagian orang, mungkin beberapa jenis ponsel pintar ini memiliki harga yang terlalu tinggi jika dibandingkan dengan uang yang mereka miliki.

Karena situasi tersebut, akhirnya banyak yang memilih untuk membeli produk dengan harga yang lebih murah, yang lebih terjangkau, tetapi dengan spesifikasi yang tidak terlalu tertinggal jika dibandingkan dengan produk-produk yang dirancang dengan desain dan fitur premium.

Terdapat beberapa pilihan jenis smartphone yang menawarkan hal tersebut.

Beberapa vendor mencoba untuk menawarkan produk rancangannya dengan harga yang relatif terjangkau, dengan spesifikasi yang tidak terlalu kalah dengan smartphone lain yang berharga tinggi.

Salah satu yang coba menawarkan hal tersebut adalah pabrikan asal negara tirai bambu, Xiaomi.

Xiomi telah merilis Xiomi Mi5, yang mungkin bisa menjadi pilihan menarik bagi kamu semua.

Spesifikasi Xiomi Mi5

Xiaomi adalah salah satu vendor asal Tiongkok yang produk-produknya sudah tidak asing lagi di Indonesia.

Xiaomi telah menjadi alternatif samrtphone dengan spesifikasi yang lumayan tinggi, dengan harga yang relatif lebih terjangkau, khususnya apabila di bandingkan dengan vendor besar lain semacam Samsung, LG, dan Apple.

Paling terbaru, Xiaomi mengeluarkan smartphone dengan kualifikasi tersebut yang diberi nama Xiaomi Mi5.

Layar 5,15 inchi
Resolusi full HD 1080 x 1920 piksel
Dimensi Body 144.6 x 69.6 x 7.3 mm
Operating System OS Android v 5.1 Lolipop
Chipset Snap dragon 820
RAM 3/4 GB
Memori Internal 32/64 GB
Kamera Belakang 16 MP
Kamera Depan 4 MP
Fingerprint Ada
Jaringan 4G LTE
Baterai 3000 mAh
Fast charging Ya
Dual SIM Ya

Produk Xiomi antara Legal dan Ilegal

Xiaomi Mi5 merupakan produk yang relatif masih baru beredar di pasaran, yaitu sejak pertengahan tahun 2016 yang lalu.

Bagi Anda yang sedang mencari smartphone berharga relatif murah, namun dengan spesifikasi yang lumayan, maka Xiaomi Mi5 ini sangat direkomendasikan.

Walaupun Xiaomi sering dianggap sebagai produk ilegal (karena seringkali diperjual belikan secara ilegal), kabar baiknya pada awal tahun 2017 ini yaitu penjualan produk-produk Xiaomi khususnya dengan spesifikasi 4G LTE akan kembali masuk ke Indonesia secara resmi.

Sebelumnya pada tahun 2016, Xiaomi sempat bermasalah terkait dengan peraturan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sehingga mereka hanya menjual ponsel pintarnya dengan teknologi 3G.

Dengan beredarnya kabar tersebut, tentu menjadi angin segar bagi para penggemar Xiaomi, khususnya yang sudah menantikan Xiaomi Mi5 yang memang memiliki teknologi 4G.

Pengembangan dari Xiaomi Mi4

Xiaomi Mi5 merupakan produk baru hasil dari pengembangan produk sebelumnya, yaitu Xiaomi Mi4.

Xiaomi Mi5 memiliki bentuk dan desain yang cukup keren dan tidak terlihat murah.

Dimensi bodi yang cukup ramping, yaitu 144.6 x 69.6 x 7.3 mm, serta layarnya yang berukuran 5,15 inchi mebuat gadget ini mudah untuk disimpan dan praktis untuk dibawa pada berbagai aktivitas yang Anda lakukan.

Untuk menjaga agar kondisi layar tetap baik, layar Xiaomi Mi5 ini dilapisi pelindung layar anti gores berjenis Scratch Resistent Glass.

Kenyamanan pada layar semakin terasa dengan resolusi full HD yang dimiliki smartphone ini, dengan ukuran 1080 x 1920 piksel.

(Baca: Review Lengkap Nokia 6: Spesifikasi, Fitur, Harga, Kelemahan)

Kualitas layar semakin lengkap dengan adanya teknologi 16 Lamp LED, dimana dengan teknologi canggih tersebut, kecerahan layar dapat ditingkatkan hingga mencapai angka 30%.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perangkat ini telah memiliki teknologi 4G LTE CAT 12 dengan kecepatan 600 Mbps / 150 Mbps.

Kemampuan ini akan memudahkan para pengguna dalam melakukan aktivitas ber-internet nya dengan Xiaomi Mi5.

Apalagi dengan perkembangan teknologi 4G yang sudah semakin berkembang di Indonesia, teknologi 4G LTE yang dimiliki produk Xiaomi ini akan sangat tepat untuk Anda miliki.

Kemampuan RAM untuk Xiaomi Mi5  dibuat dengan beberapa variasi, yaitu 3 GB hingga 4 GB.

Begitu juga dengan memori internalnya yang dibuat dengan tiga tipe, yaitu 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Variasi tersebut dimaksudkan supaya para calon pembeli nantinya dapat memilih spesifikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Bisa menjadi Remot kontrol

Xiaomi Mi5 dapat mendukung NFC (Near Field Communication) yang berguna untuk membuat suatu komunikasi antar dua perangkat yang berada pada jarak yang saling berdekatan.

Selain itu, yang unik dari perangkat ini yaitu Xiaomi Mi5 ini dapat difungsikan sebagai remot kontrol berbagai macam alat, misalnya remote televisi dan AC.

Kemampuan ini tentu akan sangat membantu Anda, terutama jika remote televisi atau AC Anda sedang mengalami masalah, Xiaomi Mi5 ini dapat menjadi pengganti sementara hingga remote televisi atau AC Anda selesai diperbaiki.

Didukung dengan Kamera 16 MP

Bicara soal kualitas kamera, Xiaomi Mi5 ini memiliki kualitas yang tidak bisa dianggap  remeh.

Xiaomi Mi5 ini memiliki kamera belakang dengan kemampuan 16 MP, dan kamera depan berkemampuan 4 MP.

Kualitas kamera yang dimiliki produk ini sudah cukup baik dan tidak kalah dengan produk-produk lain yang beredar saat ini.

(Baca: Garmin Fenix 5: Si Jam Tangan Pintar Multifungsi)

Mungkin yang menjadi kekurangan adalah kamera depannya yang hanya 4 MP, tapi bila Anda bukanlah penggemar foto selfie, sepertinya hal tersebut tidak akan terlalu bermasalah.

Kualitas foto yang dihasilkan kamera Xiaomi Mi5 cukup baik dan detail.

Pun demikian dengan kualitas videonya yang dapat dikatakan sudah lebih dari cukup untuk pemakaian normal.

Teknologi Gaming yang mumpuni

Tidak perlu meragukan Xiaomi Mi5 untuk urusan ini.

Xiaomi Mi5 ini telah dilengkapi dengan chipset Snap Dragon 820 yang memiliki teknologi yang cukup canggih.

Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya smartphone-smartphone premium yang memakai jenis ini, diantaranya yaitu Samsung Galaxy X7, LG G5, HTC 10, Hingga Sony Rxperia XZ.

Dengan Xiaomi Mi5 ini, Anda akan dapat merasakan kemampuan yang sama dengan smarphone-smarphone berharga mahal tersebut, dengan harga yang relatif lebih murah.

Dengan ditopang dengan teknologi tersebut, Xiaomi Mi5 ini akan sangat nyaman untuk dipakai bermain game, baik game-game sederhana mauapun game yang bersifat HD.

Fitur-fitur lainnya

Xiaomi Mi5 telah dilengkapi dengan beberapa fitur penting lainnya.

Untuk alasan keamanan, gadget ini telah dilengkapi dengan fitur finger print atau pemindai sidik jari, sehingga keamanannya akan sangat terjamin.

Penggunaannya pun sangat mudah, dengan letak tombol finger print yang dibuat senyaman mungkin.

(Baca: ASUS ROG GL553VW: Notebook Gaming Berlevel Tinggi)

Daya tahan baterai Xiaomi Mi5 juga memiliki kemampuan yang cukup bagus, yaitu dengan kemampuan untuk menyimpan daya sebesar 3000 mAh.

Selain itu, untuk keperluan pengisian ulang baterai (charging), produk ini juga dilengkapi dengan kemampuan fast charging atau pengisian cepat, sehingga waktu yang Anda perlukan untuk kembali mengisi daya baterai Anda dapat berlangsung dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan smartphone biasa.

Kelebihan lain dari smartphone asal Tongkok ini adalah kemampuannya untuk membuka aplikasi media sosial Anda (seperti Whatsapp, Facebook, BBM, Twitter, dll) sebanyak dua akun sekaligus.

Bagi Anda yang memiliki banyak akun dalam satu media sosial (mungkin untuk keperluan bisnis), kemampuan ini akan sangat mempermudah kegiatan Anda.

Kesimpulan

Xiaomi Mi5 dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki smartphone dengan standar spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang relatif murah.

Saat ini, Produk ini dipasaran dipatok dengan kisaran harga 3-4 jutaan rupiah saja.

Apalagi dengan penjualannya yang sudah secara resmi dilakukan di Indonesia pada 2017, tentu akan semakin memudahkan Anda untuk segera menjadi mendapatkan smartphone keren ini.

tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *