Home » Gadget » Ulasan Samsung Galaxy Tab S3

Ulasan Samsung Galaxy Tab S3

Senin, Mei 1st 2017. | Gadget

Bagi para penggemar gadget, siapa sih yang tidak kenal dengan vendor yang satu ini. Ya, Samsung, vendor dari negeri ginseng ini adalah salah satu pemain utama dalam bisnis gadget.

Produk-produknya telah tersebar ke berbagai penjuru dunia, dengan jumlah penggunanya yang sudah mencapai jutaan, bahkan hingga ratusan juta orang. Produk-produk yang dikeluarkannya, seperti smartphone, tablet, hingga notebook, seringkali dibekali dengan desain dan teknologi yang lebih maju dibandingkan dengan produk dari vendor lain.

Maka tidaklah mengherankan jika kemudian produk keluaran Samsung sangat laris manis di pasaran. Salah satu produk gadget teranyar yang diliris pada pertengahan tahun 2017 ini yaitu perangkat tablet.

Baca Juga: 

Tablet adalah salah satu gadget yang cukup dipilih karena kepraktisannya. Tablet bisa disebut sebagai sebauh solusi buat mereka yang malas membawa perangkat laptop atau notebook yang terlalu besar dan berat, tapi jugatidak terlalu nyaman dengan layar smartphone yang terlalu kecil. Tablet berada ditengah-tengah dari keduanya.

Bukan Samsung namanya jika mengeluarkan produk hanya sekedar produk. Tablet teranyarnya ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang membuat orang berdecak kagum.

Ulasan Galaxy Tab S3 - Source: phonearena

Ulasan Galaxy Tab S3 – Source: phonearena

Tablet ini memiliki nama Samsung Galaxy Tab S3. Produk yang  baru saja dirilis ini cukup menyedot perhatian dari para pengguna dan pengamat gadget. Tablet ini merupakan pengembangan dari Samsung Galaxy Tab S2 yang cukup meraup sukses beberapa waktu yang lalu.

Ingin tahu apa saja kelebihan yang ada pada perangkat pintar terbaru milik Samsung ini? Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Fitur unggulan: teknologi layar HDR

Samsung Galaxy Tab S3 ini baru saja dirilis di akhir bulan Maret 2017. Gadget yang masih fresh ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Tidak mengejutkan jika beberapa situs gadget terkemuka menempatkan tablet keluaran Samsung ini sebagai salah satu tablet terbaik yang ada saat ini.

Fitur andalan yang paling mencolok dari Samsung Galaxy Tab S3 ini yaitu kualitas layarnya yang telah dilengkapi dengan teknologi HDR (High Dynamic Range). Teknologi HDR display tersebut akan meningkatkan kualitas dan resio kekontrasan dari tablet ini.

Teknologi ini memungkinkan tablet untuk memutar video HDR dengan kualitas maksimal, sehingga Anda akan disajikan sebuah gambar yang detail dan jernih dengan tablet teranyar ini.

Samsung Galaxy Tab S3 ini merupakan tablet pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi video HDR. Tablet yang memiliki layar dengan resolusi 2048 x 1536 Quad HD resolution ini tentu memiliki kekontrasan yang lebih tinggi kecerahan yang baik.

Hal tersebut membuat anggapan bahwa Samsung Galaxy Tab S3 merupakan tablet dengan kualitas layar terbaik saat ini, sepertinya memang bukanlah hanya isapan jempol belaka.

Kelanjutan dari Samsung Galaxy Tab S2

Tablet ini merupakan versi lanjutan dari tablet keluaran sebelumnya, yaitu Samsung Galaxy Tab S2. Hal ini membuat kedua tablet tersebut memiliki beberapa kesamaan. Bahkan beberapa juga menyebutkan jika kedua produk ini sepintas merupakan produk yang sama.

Tapi hal tersebut tidak menjadi masalah yang besar, karena sebenarnya desain tersebut juga sudah cukup disukai oleh para pengguna. Maka tidaknya mengejutkan jika tampilan tersebut tetap dipertahankan.

Walau memiliki desain yang hampir serupa dengan Samsung Galaxy Tab S2, tentu Samsung Galaxy Tab S2 ini kecanggihan dan kemajuan teknologi yang lebih unggul dibandingkan dengan saudara tuanya tersebut.

Dari sisi desain, tampilan cukup proporsional dan sentuhan-sentuhan detail yang oke punya. Gadget ini memiliki desain elegan yang terbuat dari bahan glass dan metal, dimana bahan tersebut dirasa lebih kuat serta lebih nyaman digunakan ketimbang bahan plastik.

Kondisi material penyusunnya tersebut juga menjamin produk ini jauh lebih kuat dan tidak akan mudah rusak akibat benturan atau goresan yang tidak disengaja.

Lebih ringan dan tipis

Ukuran tablet nampak memiliki penampakan yang lebih tipis dan ringan, dengan dimensi 237.3 x 169 x 6 mm serta  berat yang hanya 429 g. Hal ini membuat tablet Samsung Galaxy Tab S3 menjadi semakin praktis dan mudah digunakan dalam berbagai macam aktivitas.

Selain fitur unggulan berupa HDR-ready screen, Samsung Galaxy Tab S3 juga dilengksapi dengan quad speaker (4 speaker sekaligus) berkualitas tinggi, dan S pen yang memudahkan dalam pemakaian perangkat ini.

Keberadaan teknologi quad speaker ini membuat kualitas suara menjadi lebih jernih dan jauh dari kesan “cempreng”. Dengan fitur ini, Anda dapat memutar dan mendengarkan lagu favorit Anda di tablet ini dengan kualitas yang mantap.

Buat Anda yang suka mengambil foto, Samsung Galaxy Tab S3 dilengkapi dengan kamera berkemampuan bagus, yaitu kamera belakang berkekuatan 13 MP, dan kamera depan untuk ber-selfie ria sebesar 5 MP. Fitur ini  dapat pula dimanfaatkan untuk merekam video dengan kemampuan 4K video recording.

Dan tidak kalah penting, masih terdapat perangkat tambahan berupa keyboard. Keyboard ini disediakan secara terpisah dan dapat digunakan sewaktu-waktu jika memang dirasa diperlukan. Kelengkapan fitur yang ada pada produk ini menempatkannya sebagai salah satu tablet dengan kualitas dan kelengkapan fitur terbaik.

S pen yang makin multi-guna

Salah satu modifikasi penting yang membedakan Samsung Galaxy Tab S3 dengan versi terdahulunya yaitu S pen. Berbeda dengan sebelumnya, S pen pada Samsung Galaxy Tab S3 diklaim memiliki kualitas yang jaih lebih baik.

Ya, secara sepintas, dapat terlihat bahwa S pen yang ada pada tablet terbaru ini berukuran lebih besar dibandingkan pada tablet lain, dan juga lebih mudah untuk digunakan. Ukuran tersebut menyesuaikan dengan kenyamanan tangan dan jari pengguna saat menggenggam S pen yang berbentuk mirip pena ini.

Sebagai tambahan informasi, S pen tersebut sebenarnya merupakan pengembangan dari stylus yang digunakan pada Samsung Chromebook Pro. pengembangan S pen ini diharapkan akan memudahkan pengguna untuk memakai produk tersebut disesuaikan dengan kebutuhannya.

Selain dari sisi kenyamanan, penambahan juga menyangkut ke fungsi S pen tersebut. Hal ini dirasakan dengan adanya penambahan beberapa fungsi dari pena canggih tersebut.

Tidak hanya untuk sekedar untuk menulis catatan atau utnuk memasukkan sebuah perintah, kali ini S pen juga dapat melakukan fungsi lainnya, seperti smart select (misal melakukan crop, screen shoot), translate bahasa, serta zoom out (magnify).

penambahan fungsi ini jelas akan membuat pemakain perangkat ini menjadi semakin nyaman dan multi guna. Pengguna tidak akan merasa kesulitan menggunakannya.

Sistem Android 7.0 Nougats

Untuk mengoptimalkan performa, Samsung Galaxy Tab dilengkapi dengan sistem Android 7.0 Nougats. Teknologi terbaru ini menjadi jaminan kualitas performa tablet terbaru Samsung ini.

Tampilan muka disajikan dengan cukup menarik dan tidak membosankan. Dan tentu saja tidak membuat pengguna merasa bingung karenanya.

Dengan Android 7.0 Nougat, tablet ini juga memiliki kemampuan split-screen, sehingga dapat memunculkan beberapa aktvitas secara bersamaan dalam satu layar sekaligus. Hal ini akan sangat menunjang untuk Anda yang sering melakukan multi-tasking pada gadget.

Samsung Galaxy Tab S3 sangat bagus untuk menonton video, mendengarkan musik, dan bermain game dengan berbagai kualitas grafis. Tidak perlu khawatir untuk memainkan game 3D di gadget satu ini, karena Samsung galaxy Tab S3 ini dapat digunakan untuk memainkan hampir semua game 3D yang beredar saat ini.

Hal tersebut karena gadget cnaggih ini dilengkapi dengan prosesor Qualcomm SoC yang sangat menunjang hal tersebut. Ditambah lagi dengan kemampuan kapasitas RAM 4 GB serta memori internal 32 GB, dengan opsi penambahan micro SD hingga 256 GB.

Kapasitas sebesar itu nampaknya sudah cukup untuk memberikan keleluasaan kepada para pengguna untuk menyimpan berbagai macam file di tablet ini.

Sepertinya produk ini akan sangat mampu untuk menunjang berbagai macam aktivitas yang Anda butuhkan dalam sebuah tablet.

Teknologi baterai dan fast charging

Baterai menjadi salah satu bagian penting yang biasanya juga menjadi perhatian dalam menilai kualitas sebuah produk gadget. Untuk bagian yang satu ini, Samsung Galaxy Tab sepertinya sudah dilengkapi dengan baterai berkemampuan yang sudah cukup baik.

Baterai dari produk ini memiliki kapasitas sebesar 6000 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, Samsung Galaxy Tab S3 ini diklaim mampu bertahan hingga 12 jam. Angka yang sepertinya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sebuah tablet dalam aktivitas normal.

Untuk mempermudah pengisian ulang baterai, tablet Samsung ini dilengkapi dengan  fitur fast charging, sehingga pengisian dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Fitur ini membuat pengisian menjadi lebih cepat, dengan kemampuan pengisian hingga 23% hanya dalam waktu 30 menit. Hal ini akan membuat waktu pengisian menjadi jauh lebih efisien.

Harga Galaxy Tab S3

Saat ini, Samsung Galaxy Tab S3 dihargai di pasaran pada kisaran $599.99, atau jika dikonversi kedalam mata uang rupiah yaitu sekitar 7-8 juta rupiah. Cukup mahal jika dibandingkan dengan produk sejenis merek lainnya. Namun, secara fair harus dikatakan bahwa memang harga tersebut cukup sesuai dengan kualitas yang ditawarkannya dalam produk ini.

Kelebihan dan kelemahan Galaxy Tab S3

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan teknologi HDR yang membuat kualitas gambar menjadi jauh lebih baik. Samsung Galaxy Tab S3 adalah tablet pertama yang dilengkapi dengan teknologi ini.
  • Desain yang elegan dengan bentuk yang lebuh ringan dan lebih tipis.
  • Teknologi quad speaker yang sangat menunjang kualitas audio.
  • Memiliki S pen yang sudah jauh lebih baik serta fungsi yang semakin lengkap
  • Memakai sistem terbaru Android 7.0 Nougats
  • Performa yang memuaskan untuk menjalankan video dan game 3D

Kelemahan:

  • Keberadaan keyboard sepertinya membuat harga menjadi lebih mahal
  • belum banyak konten video HDR saat ini, sehingga teknologi HDR yang dimiliki tidak akan terlalu berguna
  • Walau kemampuan baterai sudah cukup bagus, tapi bisa dikatakan masih tergolong standar jika dibandingkan dengan kompetitornya yang lain.

Kesimpulan

Sebagai sebuah produk terbaru dari vendor ternama, Samsung Galaxy Tab S3 ini sangat tidak mengecewakan. Fitur-fitur unggulannya menyajikan sesuatu yang berbeda, dengan kualitas yang semakin jauh di atas rata-rata. Meskipun beberapa kalangan menyebutkan harganya yang terlalu mahal, tapi tablet ini layak mendapatkannya, karena produk ini memiliki banyak kelebihan yang bisa ditawarkan untuk penggunanya.

tags: , ,

Komentar ditutup.