Home » Gadget » Ulasan Lengkap Nokia 6: Spesifikasi, Fitur, Harga, Kelemahan

Ulasan Lengkap Nokia 6: Spesifikasi, Fitur, Harga, Kelemahan

Kamis, Februari 2nd 2017. | Gadget

Ulasan lengkap Nokia 6, saat nokia terlahir kembali: Tahun ini mungkin akan menjadi momen yang spesial bagi Nokia.

Setelah sekian lama menghilang dari peredaran, Nokia kembali merilis android versi terbarunya di Bulan Januari tahun 2017 ini.

Nokia 6, yang baru saja dirilis 8 januari lalu di Tiongkok, langsung ludes terjual hanya dalam hitungan menit. Ya, nampaknya publik sudah sangat penasaran dan sangat menantikan diluncurkannya Nokia 6 ini.

Seperti yang sudah biasa kita lihat, Nokia kembali menunjukkan bahwa mereka adalah “pemain” yang sangat berpengalaman di industri ini.

nokia 6

Tampilan Nokia 6

Meskipun saat ini peredarannya masih dibatasi hanya dilakukan di Tiongkok, namun sangat besar kemungkinan Nokia 6 akan segera diedarkan pula di beberapa negara, tidak terkecuali di Indonesia.

Bagi Anda para penggemar Nokia dan ingin segera bernostalgia dengan produk-produk yang dikeluarkannya, bersiaplah menyambut kelahiran kembali Nokia dalam bentuk Nokia 6.

Tidak hanya mengandalkan namanya yang cukup memiliki sejarah panjang dalam di bisnis telepon selular ini, Nokia 6 menawarkan beberapa hal baru yang tentu dapat mensejajarkan dirinya dengan para kompetitor yang lain.

Apa saja yang menarik dari produk baru ini? Yuk, simak ulasan lengkap mengenai “Nokia 6“berikut ini:

Spesifikasi Nokia 6

Sebagai produk pertama yang diluncurkan setelah sekian lama vakum, tentu Nokia 6 bukanlah produk sembarangan. Gadget yang dirancang untuk pengguna kelas menengah ini memiliki beberapa spesifikasi yang cukup mumpuni.

Terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Nokia 6. Secara umum, spesifikasi Nokia 6 sudah dapat disejajarkan dengan smartphone-smartphone lain yang sekelas, yang telah beredar lebih dulu di pasaran. Berikut kami sajikan tabulasinya:

Tipe (Form Factor) Touch screen
Dimensi 154 x 75,8 x 7,85 mm
Berat 167 gram
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Ukuran Layar 5,5 inchi
Resolusi 1080 x 1920 piksel
Prosesor 1.1 Ghz octa core
Tipe prosesor Qualcomm Snapdragon 430
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera Belakang 16 MP
Kamera Depan 8 MP
Sistem Operasi Android 7.0
Bluetooth v4.10
Headphone 3,5 mm
Jumlah SIM 2
Tipe SIM GSM + CDMA
4G/LTE Ya
Fingerprint Ya

Keberadaan Nokia 6 akan semakin membuat pengguna lebih banyak pilihan. Walau memang hingga saat ini pemasaran Nokia 6 masih terbatas hanya di negara Tiongkok saja.

Ukuran layar 5,5 inchi menjadikan Nokia 6 praktis untuk dibawa dan disimpan. Layar pun berada dalam kondisi yang aman karena telah dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 3.

Fitur Unggulan Nokia 6

Terobosan terkini yang menjadi salah satu unggulan dari Nokia 6 yaitu adanya teknologi finger print. Finger print adalah suatu aplikasi yang didesain khusus untuk kepentingan keamanan, di mana finger print menggunakan data sidik jari sebagai verifikasi untuk mengakses gadget.

Finger print  akhir-akhir ini semakin dianggap penting dan terus dikembangkan untuk berbagai macam alat, tidak terkecuali smartphone. Untuk memenuhi kebutuhan akan keamanan tersebut, tidak salah jika Nokia 6 kemudian dirancang dengan dilengkapi fitur unik tersebut.

Nokia 6 adalah produk smartphone pertama yang dikeluarkan oleh Nokia yang dilengkapi dengan teknologi finger print.

(Baca: 8 Aplikasi Android Ini Bisa Membantumu Dapat Pekerjaan Impian )

Finger print sendiri sebenarnya memiliki cukup banyak fungsi, meskipun yang paling menonjol adalah fungsinya untuk meningkatkan keamanan dan mempercepat pengguna untuk membuka gadgetnya.

Berbicara soal kecepatan, teknologi finger print pada Nokia 6 memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk-produk yang lain.

Kemampuan deteksi yang lebih halus serta lebih cepat menjadikan perangkat terbaru Nokia ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya.

Meskipun bagi beberapa pengguna tidak menganggap finger print sebagai salah satu fitur yang benar-benar penting pada gadgetnya (beberapa bahkan tidak tertarik menggunakan fitur ini), keberadaan finger print menjadi salah satu bukti bahwa Nokia terbaru ini telah cukup memperhatikan segi keamanan pada perangkatnya, dan menawarkan sesuatu yang belum pernah ada pada produk-produk Nokia sebelumnya.

Tampilan Nokia 6

Tampilan Nokia 6

Kamera canggih nokia 6

Salah satu fitur yang paling memperlihatkan perkembangan cukup signifikan pada smartphone dari tahun ke tahun yaitu fitur kamera.

Teknologi kamera yang terdapat pada ponsel pintar tersebut telah menjadi hal yang paling dinanti oleh para pengguna, dan menjadi bahan persaingan antara produsen-produsen smartphone saat ini. Bahkan beberapa pengembang menjadikan kamera sebagai fitur utama yang menjadi keunggulan produknya.

Berbicara soal kamera, Nokia 6 memiliki kamera yang tidak kalah canggihnya. Seperti smartphone modern pada umumnya, Nokia 6 memiliki dua kamera, yaitu kamera depan dan kamera belakang.

Spesifikasinya pun lumayan tinggi, yaitu 16 MP untuk kamera belakang dan 8 MP untuk kamera depan.

Kemampuan kamera pada Nokia 6 tersebut cukup memiliki kualitas yang mumpuni untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Kamera depan dengan kemampuan sebesar 8 MP rasanya sudah sangat cukup memuaskan penggunanya untuk ber-selfie ria. Meskipun kualitas kamera yang ada pada Nokia 6 bukanlah kualitas terbaik kamera smartphone saat ini, namun secara umum sudah lebih dari cukup dan memenuhi kebutuhan penggunanya.

Nokia 6 didukung dengan OS 7.0 Nougat

Nokia 6 dilengkapi dengan OS terbaru saat ini, yaitu Nougat 7.0. Nougat, yang baru diluncurkan pertengahan 2016 yang lalu ini.

Nougat 7.0. merupakan pengembangan lanjutan dari versi android 6.0 Marshmallow yang telah beredar sebelumnya (2015).

Hal utama yang membedakan Nougat dengan versi sebelumnya yaitu adanya Google Assistant, dimana Google Assistant ini menggantikan fungsi Google Now pada versi sebelumnya.

Pemakaian OS 7.0 Nougat ini semakin menempatkan Nokia 6 sejajar dengan beberapa ponsel pintar lain yang telah dilengkapi dengan OS tersebut, seperti Nexus 6, HTC 10, LG G5, Samsung Galaxy S7, hingga Asus Zenfone 2 ZE551ML.

Nokia 6 juga didukung RAM dan memori yang mumpuni

Tidak lengkap rasanya jika membahas tentang kemajuan teknologi gadget, tanpa pula memperhatikan perkembangan hardware yang ada di dalamnya.

Beberapa hardware utama yang menjadi bagian penting pada suatu smartphone diantaranya adalah prosesor, RAM, dan memori.

Nokia 6 dilengkapi dengan prosesor  Qualcomm Snapdragon 430 yang cukup canggih. Sedangkan kemampuan RAM nya yaitu 4 GB, serta memori internal sebesar 64 GB.

(Baca: Cara Membuat Startup: Tips & Langkah Penting Sebelum Memulai )

RAM sendiri berfungsi sebagai memori untuk membantu kinerja dari prosesor, misalnya untuk menyimpan file-file yang bersifat sementara saja (riwayat internet, video youtube, dsb.), sedangkan memori (memory storage) berfungsi untuk menyimpan file-file yang sifatnya permanen, seperti foto-foto, lagu, data aplikasi, dsb.

Kapasitas RAM dan memori yang dimiliki Nokia 6 sudah cukup besar. Sehingga bagi Anda yang gemar untuk mengoleksi foto-foto hasil jepretan Anda, atau menyimpan lagu-lagu favorit pada gadget Anda, Nokia 6 memberikan keleluasaan yang cukup.

Ruang penyimpanan yang besar ini masih dapat ditambah dengan memori eksternal apabila dirasa masih kurang, dengan slot micro SD hingga 256 GB.

Nokia 6 dapat diandalkan sebagai tempat yang aman dan luas untuk menyimpan seta mengakses berbagai macam dokumen Anda.

Nokia 6 juga ditunjang dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yaitu 3000 mAH. Kapasitas baterai yang cukup di atas rata-rata smartphone lain tersebut memberikan kenyamanan bagi Anda untuk berlama-lama dengan Nokia 6 selama seharian penuh tanpa perlu khawatir baterai menjadi cepat habis.

Selain itu, Nokia 6 juga dilengkapi dengan kemampuan audio yang oke, dengan teknologi Dolby Atmos yang memiliki kemampuan sangat baik dalam bidang ini.

Kelemahan dari nokia 6

Secara umum, performa Nokia 6 cukup memuaskan. Hal tersebut dapat terlihat di beberapa situs terkemuka, yang memberi nilai 4,3 dari 5 untuk performa Nokia 6, serta 83% pengguna yang merekomendasikan untuk membeli Nokia 6.

Namun demikian, terdapat beberapa hal yang dirasa menjadi kekurangan pada ponsel pintar ini.

Tipe baterainya yang non-removable menyebabkan penggunanya tidak akan leluasa untuk melepas baterai pada perangkat ini.

Kondisi tersebut pada beberapa situasi akan sedikit mengganggu, misalnya saja saat tiba-tiba terjadi masalah pada smartphone, terjatuh, dan sebagainya.

Selain itu, kamera depan tidak dilengkapi dengan flash, sehingga kurang menunjang untuk melakukan foto selfie ataupun video call pada kondisi gelap.

Harga dan Pemasaran nokia 6

Nokia 6 sendiri untuk sementara baru dipasarkan secara terbatas di Tiongkok. Diluncurkan sekitar 8 januari yang lalu, produk ini mendapatkan respon yang sangat luar biasa oleh masyarakat Negeri Tirai Bambu tersebut.

Dibanderol dengan harga 1.699 yuan, atau setara 3,2 juta rupiah, Nokia 6 langsung diserbu pembeli dan ludes hanya dalam hitungan menit.

Jumlah pembelinya sendiri diperkirakan telah menembus angka sejuta. Hal tersebut tentu menjadi pertanda baik bagi kesuksesan penjualan Nokia 6 di tahun ini.

Dengan berkaca pada respon yang sangat positif di Tiongkok, sangat besar kemungkinan Nokia 6 akan segera diluncurkan di negara-negara lain, tidak terkecuali di Indonesia.

Meskipun secara resmi Nokia 6 baru hanya dipasarkan di Tiongkok saja, namun ternyata smartphone terbaru milik Nokia  ini telah beredar ke beberapa negara lewat jalur illegal. Beberapa negara diantaranya yaitu Filipina dan Indonesia.

(Baca: CCleaner: Softwere yang Dapat Menghapus History dari Laptop & Komputermu )

HMD Global, perusahaan yang memasarkan Nokia 6, menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum memasarkan Nokia 6 ke negara lain selain Tiongkok, dan menyebut penjualan di Filipina dan Indonesia dilakukan oleh pihak ketiga.

Buat Anda yang penasaran, Anda dapat mengecek di e-commerce, di mana Nokia 6 telah ditawarkan di Filipina dan Indonesia.

Karena sifatnya yang masih illegal, harga yang dipatok pun menjadi lebih mahal. Beberapa situs di Indonesia menjual Nokia 6 dengan harga dengan kisaran 5 jutaan. Bahkan di beberapa tempat, perangkat ini dijual hingga 8,5 juta rupiah, selisih hampir 3 kali lebih mahal dibandingkan dengan harga aslinya yang hanya berkisar 3,2 juta rupiah di Tiongkok.

Kesimpulan

Nokia 6 menjadi awal yang bagus untuk Nokia memperkenalkan kembali produk-produknya yang telah lama hilang dari peredaran.

tampilannya yang sederhana nan elegan, serta spesifikasi yang cukup tinggi membuatnya menjadi salah satu calon smartphone terlaris pada tahun ini.

Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya pun cukup lengkap dengan kualitas yang tidak bisa dianggap remeh.

Nokia 6 menjadi pilihan yang bagus buat Anda yang ingin kembali bernostalgia dengan produk Nokia. Anda perlu sedikit bersabar untuk menunggu hingga Nokia 6 dipasarkan di Indonesia, walaupun sebenarnya jika Anda mau, Anda dapat membelinya saat ini juga melalui jalur pihak ketiga (dengan harga yang lebih mahal tentu).

tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *