Home » Gadget » Ulasan Apple Watch 2: Harga, Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan

Ulasan Apple Watch 2: Harga, Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan

Rabu, Februari 1st 2017. | Gadget

Teknologi smartwatch semakin berkembang dari tahun ke tahun. Berbicara mengenai jenis gadget yang satu ini, tentu tidak bisa terlepas dari Apple, yang merupakan salah satu perintis dari jam tangan pintar ini.

Terkini, Apple mengeluarkan produk smartwatch terbarunya, “Apple Watch series 2″ atau biasa disebut dengan Apple Watch 2.

Produk ini merupakan pengembangan dari produk sebelumnya yang telah dirilis pada tahun 2015 lalu. Dan seperti namanya, Apple Watch 2 merupakan versi kedua dari smartwatch yang dirilis oleh Apple.

harga aplle watch

Aplle Watch Series 2

Dengan nama besarnya, produk smartwach hasil kreasi Apple mendulang kesuksesan besar untuk versi pertamanya. Dari segi penjualan dan popularitas, dapat dibilang Apple Watch versi perdana menempati posisi tertinggi dibandingkan dengan pesaing lainnya untuk produk smartwatch. Kehadiran Apple Watch 2 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya dengan menambah beberapa fitur yang dirasa kurang pada versi sebelumnya.

Harga dan Model Apple Watch Series 2

Harga resmi yang dibandrol oleh apple untuk aplle watch 2 adalah:
Model 38 mm: mulai dari $369 US Dollar (Rp 4.941.328)
Model 42 mm: mulai dari $399 US Dollar (Rp 5.343.062)
Space Black Satainless Steel Case With Sport Band:  $549 (Rp 7.351.733)
Stainless Steel Case with Saddle Brown Classic Buckle: $649 (Rp 8.690.846)
Space Black Stainless Steel Case With Space Black Link Bracelet: $1049 (14.047.300)
Aplle Watch Edition Series 2 42 mm: 1500 Uero (Rp 21.600.000)

Modelnya ada banyak sekali, untuk Lihat Model dan harga selengkapnya silahkan kunjungi langsung website resmi dari aplle: Aplle Shop: Watch Series 2

macam aplle watch 2

Beberapa Macam Model Aplle Watch 2

Spesifikasi Apple Watch Series 2:

Kelengkapan : Barometer, Heart rate sensor, GPS, Apple pay, WiFi, Speaker / microphone, Gyroscope, Accelerometer, NFC, Bluetooth 4.0, OS : Watch OS | ROM : 8 GB | CPU : Apple S1 | Wi-Fi 802.11 b/g/n | SMS(threaded view), Email, Push Mail

Tampilan: Model 38 mm : 272 x 340 piksel,  Model 42 mm : 312 x 390 piksel. Layar dilengkapi Flexible Retina Display dengan daya sentuh 1000 nits

Dimensi: White Ceramic case – 38mm ( Panjang: 39.2mm | Lebar: 34.0mm).  Stainless Steel case – 42mm (Panjang: 42.5mm | Lebar: 36.4mm).  White Ceramic case – 42mm (Panjang: 42.6mm | Lebar: 36.5mm).  Aluminum case – 38mm (Panjang: 38.6mm | Lebar: 33.3mm).  Aluminum case – 42mm (Panjang: 42.5mm | Lebar: 36.4mm).  Stainless Steel case – 38mm (Panjang: 38.6mm | Lebar: 33.3mm

Daya Tahan Baterai: Hingga 18 Jam (All-day battery life)

Dukungan Bahasa: English (Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, ),  Jepang, Korea, Spanyol (Meksiko, Spanyol, Amerika Latin,), Arab, Catalan , Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Finlandia, Yunani, Ibrani, Hindi, Hungaria, Indonesia, Melayu, Norwegia, Polandia, Portugis (Brasil, Portugal), Cina (Sederhana, Tradisional Hong Kong, Tradisional), Perancis (Kanada, Perancis), Jerman, Italia, Rumania, Rusia, Slovakia, Swedia, Thailand, Turki, Ukraina, Vietnam

Kami bahas secara rinci baik dari segi desain, kelebihan layar, teknologi unggulan water resistance dan olahraga, baterai, hingga kekurangannya. Selengkapnya silahkan simak dibawah ini:

Desain minimalis Apple Watch 2

Apple watch 2 tidak memiliki banyak perbedaan dari versi sebelumnya, khususnya dari segi desain. Ukuran tetap dibuat tidak jauh berbeda dengan jam tangan pada umumnya, dengan bentuk utamanya berbentuk kotak, yang masih menjadi ciri dari smartwatch keluaran Apple. Sedikit perbedaan terlihat dari dimensinya yang dirancang dengan lebih tipis. Untuk ukuran, Apple Watch 2 memiliki dua tipe ukuran, yaitu 38 dan 42 mm.

Warna yang ditawarkan cukup beragam, dengan warna silver dan emas yang nampaknya tetap akan menjadi favorit bagi penggunanya. Kerjasama Apple dengan perusahaan lain membuat tipe dan desain untuk tali jam tangan menjadi lebih beragam dan memberi banyak pilihan sesuai dengan selera penggunanya. Bahan yang digunakan untuk Apple Watch 2 ini adalah keramik. Bahan keramik lebih menjadi pilihan karenan kekuatannya, yang bila dibandingkan dengan stainless steel memiliki perbedaan hingga empat kali lebih kuat.

Desain yang dirancang mungkin tidak terlalu revolusioner. Sepertinya Apple masih ingin mempertahankan desain versi sebelumnya yang memang sudah terbukti banyak disukai oleh pasar dan menjadikan hal tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Teknlologi dan Desain Apple Watch 2

Teknologi dan Desain Apple Watch 2 – source: cultofmac

Apple Watch 2 Layar yang lebih cerah

Permasalahan yang seringkali dirasakan saat membawa gadget ke luar ruangan adalah kecerahan layar. Terkadang layar menjadi tidak dapat terlihat dengan jelas akibat sinar matahari yang terlalu terang. Namun, hal tersebut sudah diantisipasi dengan baik pada produk Apple Watch 2 ini.

Jam pintar ini memiliki kecerahan layar yang sudah lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Bahkan, layar jam tangan pintar ini diklaim telah dibuat dengan kualitas yang belum pernah ada sebelumnya. Kemampuan ini membuat layar Apple Smart 2 tetap dapat terlihat dengan jelas meskipun cuaca di luar ruangan sedang dalam kondisi yang terik sekalipun.

Baca: Tips Penting Sebelum Memilih dan Membeli Laptop

Untuk pengaturannya sendiri, digunakan opsi touch screen dengan bantuan teknologi Force Touch Technology. Teknologi ini akan menjamin Anda untuk memakai Apple Watch 2 secara nyaman dan mudah. Layar Apple Watch 2 memiliki ukuran 1,65 inchi dengan resolusi 390 x 312 piksel. Untuk kecepatan aksesnya, yang juga sempat dikeluhkan pada produk sebelumnya, telah dirancang dengan lebih baik pada Apple Watch 2 ini.

Dilengkapi dengan prosesor canggih serta sistem operasi watchOS 3 yang tidak ada pada versi sebelumnya, membuat performa Apple Watch menjadi semakin membaik.

Teknologi baru Apple Watch 2 Water Resistance

Pada versi yang pertama, Apple Watch  mendapatkan banyak kritikan soal ini. Karena dengan peruntukannya yang secara khusus dipakai untuk aktivitas olahraga, Apple Watch 1 tidak dilengkapi dengan kemampuan tahan air atau water resistance. Hal tersebut dianggap cukup mengganggu, terutama apabila aktivitas yang dilakukan berada di lingkungan yang basah. Berenang misalnya.

Menanggapi hal tersebut, pada versinya yang terbaru, Apple Watch 2 telah dirancang dengan kemampuan water resistance. Jam tangan ini dapat tahan ketika bersentuhan dengan air dan tidak akan rusak, baik air yang bersifat tawar ataupun air laut  yang mengandung banyak garam.

Disamping itu, Apple Watch 2 diklaim tahan dan aman untuk dipakai menyelam hingga kedalaman 50 meter. Tentu hal ini menjadi terobosan baru, dan sudah lebih menjajikan perkembangan dibandingkan dengan versi pendahulunya.

Tersedia pula memori yang cukup bagus untuk ukuran jam tangan pintar, yaitu sekitar 2 GB. Kapasitas tersebut sudah cukup untuk memasukkan lagu-lagu kesayangannya hingga ratusan lagu, yang mungkin Anda butuhkan untuk menemani aktivitas berolahraga Anda. Untuk menunjang hal tersebut, Apple  Watch dilengkapi dengan kualitas audio yang cukup bagus. Kualitas audio ini juga diperlukan ketika Anda melakukan percakapan telepon atau mengirimkan pesan suara yang dapat pula Anda lakukan dengan gadget futuristik ini.

Apple Watch 2 Menunjang Kegiatan Fitness dan kesehatan

Apple Watch memiliki fungsi utama untuk menunjang aktivitas olahraga dan aktivitas kesehatan lainnya. Hal tersebut dapat tercermin dari aplikasi yang ada di dalamnya, di mana terdapat beberapa aplikasi yang memiliki manfaat untuk hal tersebut. Seperti pada versi sebelumnya, versi yang teranyar ini dilengkapi dengan aplikasi GPS. Aplikasi ini diperlukan untuk mengetahui dan menentukan secara tepat tentang jalur mana yang bagus untuk Anda lewati.

Terdapat pula penghitung jarak, yang dapat menghitung berapa jarak yang telah Anda tempuh, termasuk juga jumlah langkah kaki yang sudah Anda lakukan saat berolahraga. Jumlah kalori pun tidak luput dari perhatian gadget cerdas ini. Energi yang Anda keluarkan akan dianalisis, lalu kemudian gadget ini akan memberikan masukan pada Anda, berapa asupan kalori yang dibutuhkan untuk mengganti energi yang telah dikeluarkan selama berolahraga.

Sebagai pengembangan versi sebelumnya, Apple Watch 2 dilengkapi dengan aplikasi yang dapat manganalisis aktivitas Anda. Aplikasi ini dapat mengidentikasi apa yang sedang Anda lakukan, seperti berjalan, berenang, dll., dan kemudian memberikan saran yang sesuai untuk menjaga kesehatan Anda.

Hebatnya, aplikasi ini juga dapat membantu mereka yang memakai kursi roda, di mana untuk pengguna kursi roda, dapat diperhitungkan dan berbagai saran perihal berbagai macam teknik mendorong.

Selain itu, aplikasi Heart Monitor yang ada di perangkat ini dapat membantu Anda untuk memonitor kondisi detak jantung Anda. Dengan kemampuan tersebut, Apple Watch 2 nampaknya dapat menjadi asisten kesehatan pribadi bagi penggunanya.

Baca: Harga Mouse Termahal dan Tercanggih di Dunia

Aplikasi lain yang mengasyikkan dari gadget ini adalah tersedianya aplikasi untuk mencatat kemajuan olahraga yang telah dilakukan. Hal tersebut akan tercatat secara lengkap di perangkat ini, dan dapat Anda bagikan dengan teman-teman Anda. Hal ini mungkin akan membuat Anda dan teman-teman Anda menjadi lebih termotivasi dan tercipta sedikit kompetisi diantara Anda dan teman-teman Anda.

Daya tahan baterai Apple Watch 2

Terkadang daya tahan baterai yang buruk, akan membuat gadget sehebat apapun menjadi terlihat buruk pula. Tapi hal tersebut tidak terjadi pada Apple Watch 2. Produk Apple ini memiliki baterai dengan daya tahan yang cukup baik. Baterai jam tangan unik ini dapat bertahan hingga sehari penuh.

Apabila Anda mengaktifkan fitur GPS, baterai dapat bertahan hingga 5 jam. Sebagai alat untuk menemani Anda berolahraga, nampaknya kemampuan tersebut sudah cukup baik, karena normalnya kegiatan olahraga hanya dilakukan selama beberapa jam saja dalam sehari. Guna menghemat daya baterai, jam ini dapat mengatur GPS agar otomatis mati apabila kegiatan yang dilakukan dianggap tidak aktif (misalnya duduk).

Hal ini akan membantu khususnya apabila Anda memiliki kebiasaan untuk lupa mematikan opsi GPS saat sudah tidak digunakan.

Kelemahan/kekurangan Apple Watch 2

Sebenarnya tidak kelemahan yang benar-benar menonjol yang ada pada Apple Watch 2 ini. Secara umum, Apple Watch 2 telah mengalami banyak peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Peerforma yang dianggap lambat pada versi sebelumnya juga telah diperbaiki dengan menambahkan prosesor dan OS terbaru.

Beberapa penilaian memperlihatkan bahwa Apple Watch 2 ini cukup memenuhi ekspektasi. Mungkin ada sedikit keluhan terutama dari segi harga, yang memang bisa dikatakan cukup mahal. Saat ini kisaran harga Apple Watch 2 berada di kisaran lebih dari 9 juta rupiah. Hal ini menyebabkan jam tangan pintar ini hanya akan dibeli oleh kalangan terbatas saja.

Kesimpulan

Apple Watch 2 hadir dengan memberikan kepuasan bagi para penggunanya. Desainnya yang tidak jauh berbeda dengan Apple Watch versi lawas tidak menjadi masalh berarti, karena masih menjadi favorit penggunanya.

Beberapa fitur tambahan seperti water resistance dan digunakannya sistem operasi watchOS 3 membuat performa perangkat ini menjadi lebih baik dibandingkan dengan versi seelumnya.

Dapat dikatakan, Apple Watch 2 adalah salah satu produk smartwatch terbaik yang ada saat ini, meskipun sedikit ada kekecewaan terkait dengan harganya yang dianggap terlalu mahal.

tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *