Home » Komputer » Tips Penting Sebelum Memilih dan Membeli Laptop

Tips Penting Sebelum Memilih dan Membeli Laptop

Selasa, Januari 24th 2017. | Komputer, Tips & Trik

Saat ini, laptop (atau jenis lain seperti notebook/netbook) sudah menjadi salah satu jenis gadget yang secara luas telah digunakan oleh berbagai kalangan.

Mulai dari para pelajar, mahasiswa, karyawan, pebisnis, hingga ibu-ibu rumah tangga. Penggunaan komputer jinjing ini semakin meningkat dari hari ke hari.

Tips memilih laptop

 Ilustrasi Penggunaan Laptop Untuk Bekerja

Desain dan penggunaannya yang lebih ringan dan mudah dibawa kemana-mana membuat laptop saat ini menjadi pilihan utama dibandingkan dengan komputer jenis lama (PC) yang memiliki ukuran lebih besar dan tidak sepraktis laptop.

Tentu secara performa, antara laptop dan PC memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Walaupun demikian, kondisi saat ini menunjukkan  bahwa masyarakat cederung lebih berminat untuk membeli laptop ketimbang PC.

Tren tersebut diatas tentu saja dibaca dengan sangat baik oleh para produsen perangkat elektronik. Perusahaan-perusahaan elektronik berlomba-lomba menciptakan laptop yang menarik untuk dibeli pelanggan.

Berbagai macam strategi coba dilakukan, misalnya saja dengan membuat desain laptop yang eksklusif, penambahan fitur-fitur, ataupun penetapan harga yang dibuat semurah mungkin.

Dari sisi pengguna, kondisi ini memberikan keuntungan maupun kerugian. Semakin beragamnya jenis-jenis laptop yang beredar di pasaran, baik dari sisi desain ataupun performanya, akan membuat pengguna gadget ini memiliki banyak pilihan.

Tapi, di sisi lain, kondisi lain justru akan membuat bingung para calon pembeli untuk memilih laptop mana yang sesuai untuk kebutuhannya. Hal tersebut terutama dirasakan oleh mereka yang awam soal laptop.

Hal yang paling utama yang harus diperhatikan “sebelum memilih dan membeli laptop”  bagi Anda yang  berencana adalah terkait dengan kebutuhannya. Laptop seperti apa yang dibutuhkan? Laptop tersebut akan dipakai untuk jenis pekerjaan apa saja? dan seoptimal apakah laptop yang akan dibeli dengan pekerjaan-pekerjaan Anda?

Baca juga: Harga Mouse Termahal dan Tercanggih di Dunia

Pertanyaan-pertanyaan diatas sebaiknya telah dapat Anda jawab  sebelum benar-benar memutuskan laptop apa yang akan Anda beli.

Hal ini penting untuk dipahami, supaya laptop yang Anda beli nantinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Atau, bisa jadi performa laptop yang Anda beli ternyata memiliki spesifikasi yang terlalu tinggi, yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dalam pekerjaan Anda. Tentu hal tersebut akan menjadi mubadzir. Jangan sampai nanti Anda merasa kecewa karena laptop yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya banyak faktor yang dapat dilihat untuk menilai apakah suatu perangkat laptop sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Hal-hal seperti kondisi hardware, software, desain, kapasitas memori, ataupun fitur-fitur bawaan lain yang ada pada suatu perangkat laptop dapat dijadikan sebagai penilaian dasar dalam menilai performa sebuah laptop, apakah kira-kira sesuai kebutuhan atau tidak.

Sebaiknya kriteria-kriteria itu disesuaikan dengan aktivitas utama yang ingin Anda lakukan dengan laptop tersebut. Berikut ini akan diuraikan beberapa tips dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memilih dan Membeli Laptop untuk Pekerjaan Kantor/Studi

Kebutuhan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kantor (untuk karyawan kantor) ataupun tugas-tugas studi (untuk pelajar dan mahasiswa) merupakan fungsi yang paling sering dibutuhkan.

Pekerjaan yang terkait langsung dengan kebutuhan ini tidak jauh dari aktivitas pengetikan laporan, input berbagai macam data, pengecekan proposal atau dokumen, hingga pembuatan slide presentasi.

Untuk jenis kebutuhan diatas, sebenarnya tidak sulit untuk mencari laptop yang sesuai, karena secara umum laptop yang beredar di pasaran telah dirancang untuk menunjang aktivitas-aktivitas tersebut. Kecuali jika pekerjaan/studi Anda berkaitan dengan desain grafis atau semacamnya, yang memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi serta membutuhkan tidak sekedar untuk menunjang aktivitas yang telah disebutkan tadi.

Hal yang terpenting yang harus Anda perhatikan adalah performa laptop untuk menunjang penggunaan aplikasi Microsoft Office. Microsoft Office adalah aplikasi yang paling umum digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas kantoran ataupun perkuliahan, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dan sebagainya.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, pastikan laptop yang Anda pilih setidaknya memiliki spesifikasi yang sesuai untuk menjalankan aplikasi tersebut. Adapun spesfikasi minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini diantaranya adalah kemampuan prosesor sebesar 1 GHz, Kapasitas harddisk 3 GB, dan memori sebesar 1 GB RAM (32-bit)/2GB RAM (64-bit).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebagian besar laptop yang beredar di pasaran telah memenuhi spesifikasi tersebut, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan kantoran atau studi.

Untuk memberikan keleluasaan dalam menyimpan file atau dokumen-dokumen yang berat, ada baiknya untuk memiliki laptop dengan memori 4 GB RAM. Ruang yang lebih banyak akan lebih memudahkan Anda untuk menyimpan dokumen-dokumen penting dalam laptop Anda.

Selain itu, faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kenyamanan. Berbicara soal kenyamanan, tentu setiap orang punya pandangan yang berbeda-beda. Kenyamanan mata misalnya, beberapa orang tidak terlalu nyaman dengan layar yang terlalu kecil.

Baca Juga: Cara Membuat Startup: Tips Langkah Penting Sebelum Memulai

Ukuran layar standar 14 inch secara umum cukup untuk memberikan kenyamanan pada mata Anda. Ukuran tersebut sudah cukup  baik dan jelas untuk menampilkan berbagai macam dokumen ataupun gambar pada laptop Anda.

Faktor mobilitas juga perlu diperhatikan. Apabila pekerjaan Anda menuntut untuk sering bepergian dengan selalu membawa laptop, maka ada baiknya Anda memilih laptop dengan desain yang lebih praktis. Agar tidak terlalu memakan tempat, sebaiknya pilih ukuran yang lebih kecil (netbook). Anda juga bisa memilih desain yang lebih tipis supaya lebih terasa ringan saat dibawa.

Memilih dan Membeli Laptop Untuk Sarana Multimedia

Laptop dengan kebutuhan ini memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan laptop untuk kebutuhan pekerjaan kantoran/studi. Aktivitas seperti editing foto atau video, desain logo, membuat desain rumah, menonton film, dan aktivitas-aktivitas multimedia lainnya yang membutuhkan beberapa spesifikasi khusus untuk menunjang beberapa aplikasi terkait.

Anda perlu memperhatikan betul spesifikasi laptop yang ingin Anda beli, apakah dapat menunjang aktivitas Anda ataukah tidak. Misalnya Anda membutuhkan laptop untuk menunjang editing foto. Umumnya aplikasi yang digunakan yaitu Photoshop.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, sebaiknya laptop yang dipilih memiliki spesifikasi yaitu yang memilki (untuk windows) sistem operasi Microsoft Windows 7 ataupun Windows 8, memori sebesar 2-8 GB RAM, dan minimal tampilan layar 1024×768 dengan 16-bit color serta 512 MB VRAM.

Tipe processor juga perlu diperhatikan. Untuk aktivitas editing yang sifatnya masih sederhana, (seperti editing foto dengan Photoshop, Corel Draw, dsb.), tipe processor intel seperti Core i3 dan Core i5 sudah cukup mampu menunjang aktivitas tersebut. Akan tetapi jika Anda membutuhkan untuk kegiatan editing yang jauh lebih kompleks dan rumit (misalnya 3D desainer), sebaiknya Anda memilih tipe processor Core i7 yang memiliki teknologi lebih tinggi.

Bagi Anda pencinta film, dan ingin menonton berbagai macam film atau serial kesayangan Anda di laptop, sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki teknologi blue-ray optical drive.

Ketahanan baterai perlu juga untuk diperhatikan. Khususnya untuk menonton film yang berdurasi panjang, tentu Anda tidak ingin tiba-tiba laptop Anda mati karena kehabisan baterai, bukan?

Secara umum baterai laptop normalnya dapat bertahan 5 hingga 6 jam pemakaian. Hal tersebut tergantung juga dari pemakaiannya. Biasanya aktivitas menonton film atau mendengarkan lagu, membutuhkan daya yang lebih besar ketimbang aktivitas lain seperti pengetikan atau sekedar untuk membaca sebuah dokumen.

Sebaiknya sebelum Anda memulai menonton film favorit Anda, pastikan terlebih dahulu kondisi baterai, apakah dalam keadaan penuh atau belum. Akan lebih aman apabila Anda melakukan charging terlebih dahulu, jika memang kondisinya memungkinkan.

Memilih dan Membeli Laptop untuk Bermain Game

Selain dipakai untuk aktivitas bekerja, laptop juga seringkali dipakai untuk aktivitas bermain (game). Ya, disela-sela kesibukan Anda, atau saat Anda jenuh dengan pekerjaan dan ingin sedikit santai, bermain game merupakan salah satu alternatif hiburan yang cukup efektif mengusir kebosanan Anda.

Mulai dari game sederhana seperti bermain kartu, catur, hingga game-game yang lebih canggih, misalnya saja game sepak bola (Pro Evolution Soccer dan Football Manager) atau pun game-game lain berbasis online.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini sudah banyak dikembangkan laptop/notebook yang memang didesain secara khusus untuk bermain game.

Jadi bagi Anda pecinta dunia game, sangat direkomendasikan untuk memilih laptop dengan fungsi khusus tersebut, karena spesifikasinya sudah dirancang sedemikian rupa agar cocok dengan kebutuhan Anda bermain game. Mencarinya pun sudah sangat mudah, karena sudah beredar luas di pasaran dengan berbagai macam mereknya.

Hanya saja, biasanya yang menjadi kendala adalah harganya yang memang jika dibandingkan dengan jenis laptop yang biasa, harganya relatif lebih mahal. Para gamers yang umumnya adalah pelajar atau mahasiswa menjadi agak terkendala dengan hal ini.

Sehingga, biasanya untuk para pelajar/mahasiswa umumnya lebih memilih untuk membeli laptop mainstream dengan spesifikasi standar untuk keperluannya belajar, sekaligus juga difungsikan sebagai alat untuk bermain game.

Baca Juga: 8 Aplikasi Android Ini Bisa Membantumu Dapat Pekerjaan Impian

Sebenarnya hal tersebut tidak salah dan memang bisa dilakukan. Hanya saja yang perlu diingat bahwa perbedaan spesifikasi antara laptop “biasa” dengan laptop khusus game menyebabkan terjadinya perbedaan kualitas serta kenyamanan saat bermain game (jalannya game menjadi tersendat-sendat, lag, atau error ditengah-tengah permainan).

Untuk Anda yang mengalami permasalahan diatas, sebaiknya terlebih dahulu Anda mencari informasi soal spesifikasi game beserta perangkat apa yang mendukungnya. Misalnya, Anda menyukai permainan Pro Evoluiton Soccer. Carilah terlebih dahulu informasi tentang spesifikasi pendukungnya.

Untuk memainkan permainan ini secara nyaman di laptop Anda, setidaknya laptop Anda minimal harus memiliki spesifikasi seperti memori 2 GB RAM, processor Intel Core 2 QUAD Q6600 2.4 GHz, VGA Card Nvidia 8800 GT, Harddisk 8 GB, dan aspek-aspek lainnya. Jangan paksakan laptop Anda untuk memainkan game ini apabila spesifikasi laptop Anda tidak memenuhi hal tersebut.

Bijak dalam Memilih dan Membeli Laptop

Demikianlah tips memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bijak-bijak lah dalam memilih, Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Pertimbangkan kembali matang-matang sebelum Anda membeli laptop yang Anda inginkan.

Ingat, jangan terlalu percaya pada iklan-iklan yang Anda lihat atau baca di berbagai macam media, karena terkadang informasi yang disampaikan terkesan melebih-lebihkan.

Setidaknya carilah terlebih dahulu informasi umum tentang barang yang ingin Anda beli, sehingga laptop yang Anda beli nantinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *