Home » Gadget » Teknologi Smartphone Masa Depan, Segera Hadir?

Teknologi Smartphone Masa Depan, Segera Hadir?

Senin, Maret 20th 2017. | Gadget, Masa Depan

Selalu menarik untuk membahas tentang masa depan. Ya, kita tak akan pernah tahu apa yang benar-benar terjadi di masa yang akan datang. Rasa penasaran soal masa depan akan menjadi sebuah teka-teki tiada henti.

Hal tersebut tidak terkecuali terjadi pada smartphone. Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada gadget pintar ini mungkin membuat banyak orang bertanya-tanya: akan seperti apa ya teknologi smartphone akan berkembang 5-10 tahun ke depan?

Tentu tidak ada yang benar-benar tahu jawabannya. Namun, hal tersebut sepertinya dapat tergambar dari beberapa inovasi yang beberapa perusahaan gadget coba kembangkan.

Baca Juga:

Kabar atau gosip yang beredar soal bocoran inovasi yang dikembangkan suatu perusahaan gadget untuk masa depan sudah banyak sekali beredar. Inovasi tersebut umumnya menyangkut soal desain, kemampuan aplikasi dalam gadget, ataupun fitur-fitur pelengkapnya.

Tidak semua kabar tersebut bisa dipercaya begitu saja. Tapi mengingat masa depan yang penuh teka-teki, ya siapa tau?

Berikut ini beberapa teknologi yang kabarnya akan segera dikembangkan pada smartphone di masa yang akan datang. Kira-kira teknologi yang mana ya, yang akan dinikmati dalam waktu dekat?

 Augmented Reality (AR)

Penggunaan gadget pintar semakin dekat dengan keseharian kita. Hampir setiap menit, kita bersentuhan dengan teknologi canggih ini. Entah untuk melakukan chatting, bermain game, membuat catatan, atu mungkin hanya untuk sekedar melihat jam.

Kemajuan teknologi telah membantu kita untuk melakukan banyak hal. Smartphone menjadi contohnya. Ponsel pintar ini sekarang tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, akan tetapi telah berkembang untuk menunjang berbagai aktivitas pemiliknya.

Teknologi Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality

Smartphone untuk kedepannya akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Para perusahaan gadget terus mengembangkan agar smartphone yang diproduksinya semakin augmented reality.

Kondisi tersebut akan membuat smartphone menjadi lebih diperlukan dan sesuai dengan realitas yang ada.  Smartphone akan lebih berfungsi dalam kegiatan keseharian penggunanya.

Hal ini sebenarnya telah mulai kita rasakan saat ini. Berbagai keperluan seperti pencarian alamat, penentuan jalan tercepat, mengetahui kondisi cuaca, GPS, kabar-kabar terbaru, sudah dapat diakses dengan mudah melalui perangkat pintar ini.

Kemudahan-kemudahan tersebut di masa yang akan datang akan semakin ditingkatkan kualitasnya. Pencarian lokasi misalnya, akan dibuat semakin mudah, dengan akses peta yang lebih cepat dan lebih mudah untuk dimengerti.

Begitu juga dengan pencarian lokasi. Data-data “real” soal lokasi restoran, tempat wisata, atau tempat ibadah, akan terus dilengkapi. Hal ini diharapkan akan membuat keberadaan smartphone semakin augmented reality.

Flexible Screen

Screen atau layar adalah salah  satu bagian penting pada sebuah smartphone. Dari bagian inilah berbagai macam perintah dan informasi dapat terlihat oleh penggunanya.

Ukuran dan kualitas layar smartphone cukup bervariasi, tergantung spesifikasi dan juga kegunaan dari alat canggih tersebut. Semakin tinggi kualitas aktivitasnya, maka semakin tinggi pula kualitas layar yang diperlukan (misalnya untuk gaming dan menonton film).

Namun, permasalahan bisa saja timbul dari layar. Ya, layar adalah salah satu bagian yang cukup sensitif pada smartphone. Hal tersebut menyebabkan potensi kerusakan pada bagian ini menjadi cukup besar.

Teknologi Flexible Screen

Teknologi Flexible Screen

Untuk mengatasi hal tersebut, sepertinya akan segera diperkenalkan sebuah teknologi baru. Teknologi tersebut berupa flexible screen.

Dengan teknologi ini, sebuah layar pada smartphone akan memiliki bentuk yang feksibel. Saat ini, kebanyaka screen pada gadget pintar ini memiliki bentuk yang sama, yaitu berbentuk persegi panjang dengan desain yang kaku.

Saat ini tengah dikembangkan teknologi untuk membuat layar memiliki sifat yang lebih fleksibel. Hal ini nantinya akan memungkinkan layar untuk dilipat atau digulung.

Kemampuan tersebut akan membuat layar menjadi lebih terhindar dari resiko kerusakan, sekaligus menjadi lebih praktis untuk disimpan atau di bawa.

Beberapa gadget saat ini mulai diuji coba dengam menggunakan flexible screen tersebut.  Sepertinya tidak akan lama lagi versi penyempurnaan dari flexible screen ini akan segera kita lihat beredar di pasaran.

In-Built Projector

Proyektor menjadi benda yang penting ketika Anda akan melakukan sebuah presentasi, atau ingin menampilkan sesuatu dengan ukuran yang lebih besar dari layar gadget yang Anda miliki. Namun, terkadang proyektor memiliki ukuran yang kurang praktis untuk di bawa.

Smartphone saat ini tengah dirancang untuk memiliki fungsi tersebut. Di masa yang akan datang nanti, teknologi in-built projector akan menjadi hal yang wajib dimiliki oleh sebuah smartphone.

Ya, dibayangkan saja sudah cukup keren. Teknologi ini akan membuat Anda teringat beberapa film masa kecil Anda (misalnya Power Ranger), yang pada gadget mininya memiliki fungsi berkomunikasi serta dapat digunakan sebagai proyektor.

 

Teknologi In-Built Projector

Teknologi In-Built Projector

Saat ini telah ada beberapa gadget yang dirintis dengan fitur in-built projector tersebut. Salah satu diantaranya adalah Samsung Galaxy Beam. Gadget yang diproduksi pada tahun 2010 tersebut memiliki fitur built-in DLP (Digital Light Projection) yang mampu memproyeksikan hingga 50 Inchi.

Tidak menutup kemungkinan fitur semacam ini akan semakin dikembangkan dengan kualitas lebih baik lagi dan semakin populer di masa yang akan datang.

Seamless Voice Control

Kontrol menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh para produsen gadget. Sistem kontrol yang baik akan membuat penggunanya nyaman dan tidak kesulitan dalam memasukkan setiap perintah yang diinginkannya pada gadget tersebut.

Umumnya sistem kontrol yang ada pada sebuah gadget disediakan dalam bentuk tombol-tombol. Dalam perkembangannya, sistem kontrol pada suatu smartphone saat ini dilakukan melalui sentuhan pada layar atau biasa dikenal dengan touchscreen.Para pengembang gadget nampaknya masih belum puas dengan hal tersebut. Alternatif kontrol terus dicari. Dan salah satu sistem yang sedang dikembangkan baru-baru ini adalah seamless voice control.

Teknologi Seamless Voice Control

Teknologi Seamless Voice Control

Sistem kontrol ini akan membuat para penggunanya dapat memasukkan perintah ke dalam gadgetnya hanya dengan menyebutkan perintah tertentu dengan suaranya. Kondisi ini akan membuat para pengguna gadget tidak perlu bersusah payah untuk mengetikkan atau memasukkan perintah dengan cara-cara konvensional.

Teknologi ini terus dikembangkan dan disempurnakan. Jadi, jangan heran jika fitur ini akan segera Anda temukan dalam waktu dekat ini.

3D Screens and Hologram

Hal hebat lainnya sedang dikembangkan. Tidak hanya televisi ataupun barang elektronik lainnya, ternyata teknologi tiga dimensi ini juga mulai merambah ke dalam smartphone.

Kualitas tiga dimensi (3D) yang tersaji pada layar smartphone akan membuat pandangan pengguna menjadi jauh lebih sempurna, dan meningkatkan kedetailan gambar yang ditampilkan.

Fitur ini juga sekaligus akan dilengkapi dengan kemunculan hologram, yang membuat gambar yang ditampilkan terlihat lebih nyata.

Tentu teknologi seperti ini sudah sangat sering kita lihat di film-film bukan? Dan sepertinya teknologi ini akan benar-benar terwujud dalam kenyataan.

Terdapat beberapa vendor ternama yang mengembangkan fitur 3D screens ini. Beberapa diantaranya yaitu LG Optimus 3D dan Samsung AMOLED 3D.

3D Screens And Hologram

3D Screens And Hologram

Kedua produk tersebut hanyalah sebuah rintisan, dan sangat besar kemungkinan produk-produk sejenis dengan kualitas yang lebih baik akan terus bermunculan. Hhmm.. Seperti sebuah mimpi yang menjadi kenyataan bukan?

Electrovibration Technology

Saat Anda menyentuh sebuah touchscreen atau layar sentuh, Anda tidak akan mendapati perbedaan tekstur antara gambar satu dengan gambar lainnya. Ya, gambar hanyalah sebuah gambar. Bukan barang nyata yang memiliki struktur dan tekstur yang berbeda.

Tapi tunggu, di masa yang akan datang, smartphone akan dilengkapi dengan teknologi yang memberikan penggunanya pengalaman yang berbeda. Teknologi tersebut adalah electrovibration technology.

Teknologi yang tengah dikembangkan ini akan memungkinkan penggunanya untuk merasakan tekstur yang berbeda ketika menyentuh suatu gambar yang berbeda pada layar gadgetnya.

Setiap gambar atau foto yang disajikan, akan memiliki tipe-tipe getaran tertentu yang dirancang sesuai dengan tekstur asli dari barang tersebut.

Electrovibration Technology

Electrovibration Technology

Teknologi ini akan sangat bermanfaat, khususnya bagi Anda yang senang berbelanja secara online. Dengan electrovibration technology, Anda dapat merasakan secara langsung tekstur dari bahan pakaian yang ingin Anda beli, atau memeriksa kelembutan sebuah gaun.

Teknologi ini akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika melakukan sentuhan pada layar smartphone Anda.

Electrovibration techology ini nampaknya belum akan terwujud dalam waktu dekat, karena masih membutuhkan beberapa analisis dan cara untuk mengembangkannya. Namun, tidak ada salahnya untuk bermimpi bukan?

speech to speech translation

Anda suka menonton serial Doraemon? Jika ya, maka Anda akan sangat familiar dengan salah satu alat yang dimiliki Doraemon ini: konyaku penerjemah. Alat ini memiliki fungsi untuk menerjemahkan bahasa yang digunakan oleh pengguna alat ini, sehingga dapat dipahami oleh orang lain yang memiliki bahasa yang berbeda.

Dengan alat tersebut, perbedaan bahasa sudah tidak menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Nah, tahukan Anda, bahwa hal semacam ini sedang dikembangkan sebagai salah satu fitur dalam sebiah smartphone?

Ya, ini benar-benar nyata. Teknologi speech to translation sedang coba untuk dikembangkan. Seperti konyaku penerjemah-nya Doraemon, speech to speech translation ini akan menerjemahkan secara otomatis bahasa yang diucapkan kedalam bahasa lain yang diinginkan secara real time.

Dengan teknologi speech to speech translation, Anda tidak memerlukan lagi jasa seorang translator atau penerjemah dalam menyampaikan sesuatu kepada orang yang berbeda bahasa dengan Anda. Teknologi ini akan membuat percakapan orang yang berlainan bahasa dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis.

Sepertinya teknologi ini bukan hanya sebuah mimpi semata. Melihat kemajuan yang begitu pesat dari google translation saat ini, teknologi ini tinggal menunggu waktu saja untuk kemudian direalisasikan.

Speech To Speech Translation

Speech To Speech Translation

Itulah tadi beberapa teknologi smartphone yang akan muncul di masa depan. Beberapa diantaranya mulai dirintis dan diperkenalkan pada beberapa tahun belakangan ini.

Kemungkinan produk-produk berteknologi canggih tersebut akan semakin populer dan mungkin akan menjadi hal yang biasa untuk disajikan pada sebuah smartphone di masa depan.

Teknologi yang semakin berkembang dengan maju, dan juga dengan persaingan yang semakin ketat, menyebabkan inovasi-inovasi seperti yang dicontohkan di atas semakin diperlukan. Di sisi lain, hal tersebut akan membuat pengguna menjadi semakin dimanjakan, dan nilai manfaat dari sebuah smartphone di masa depan akan semakin bertambah.

Ya, menerka masa depan memang mengasyikkan. Setiap orang boleh memiliki ide dan mimpinya masing-masing. Tentu akan menjadi kegembiraan yang besar jika ide-ide tersebut kemudian dapat terealisasikan dan membantu memudahkan kegiatan banyak orang. Setuju?

tags: ,

Komentar ditutup.