Home » Elektronik » Sejarah Televisi dan Perkembangannya Dari Dulu Sampai Sekarang

Sejarah Televisi dan Perkembangannya Dari Dulu Sampai Sekarang

Sabtu, Maret 18th 2017. | Elektronik

Televisi sudah menjadi salah satu barang elektronik yang sangat familiar dengan keseharian kita. Ya, barang yang umumnya berbentuk kotak ini keberadaannya sudah dapat ditemukan di hampir semua rumah.

Hampir semua orang telah memiliki televisi di rumahnya masing-masing. Dapat dikatakan, saat ini televisi telah menjadi salah satu barang elektronik yang penting untuk dimiliki.

Televisi adalah sebuah alat di mana melalui benda ini kita mendapatkan informasi secara audio visual. Berbagai macam informasi, seperti berita, pertandingan olah raga, acara musik, film, sinetron, politik, bisnis, dan sebagainya dapat kita akses dengan begitu mudah dengan bantuan televisi.

Baca Juga:

Sudah menjadi sesuatu yang wajar jika seseorang lebih tertarik untuk melihat sekaligus mendengarkan sebuah informasi melalui televisi, ketimbang hanya mendengarkan lewat radio ataupun membaca koran.

Hal tersebut membuat televisi menjadi media elektronik primadona, yang menjadi sumber informasi utama dari setiap peristiwa yang ada. Dengan manfaat pentingnya tersebut, televisi terus mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Lalu, bagaimanakah sebenarnya awal mula kemunculan televisi? Bagaimana sejarah dan perkembangan dari barang elektronik ini? Dan kira-kira seperti apakah perkembangan yang mungkin terjadi pada televisi di masa mendatang? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1900: istilah “televisi” pertama kali muncul

Dari sejarah kemunculannya, ternyata istilah televisi sendiri telah muncul lebih dari seabad yang lalu. Istilah televisi ini merupakan gabungan dari dua kata dari dua bahasa yang berbeda, yaitu “tele” (jauh) yang berasal dari bahasa Yunani, serta “visio” (penglihatan) yang berasal dari bahasa Latin.

Penemuan televisi sangat erat kaitannya dengan penemuan hukum gelombang elektromagnetik beberapa tahun sebelumnya. Joseph Henry dan Michael Faraday menjadi penemu hukum gelombang elektro magnetik di tahun 1831.

Joseph Henry

Joseph Henry @wikipedia

Hukum ini menjadi dasar dari sistem yang bekerja dari sebuah televisi. Setelah peristiwa tersebut, teknologi televisi mulai sedikit demi sedikit dikembangkan.

Istilah televisi sendiri diperkenalkan pertama kali di Kota Paris pada tahun 1900, yang kala itu tengah mengadakan sebuah pameran teknologi tingkat dunia. Walau mulai diperkenalkan, televisi saat itu belumlah benar-benar ada, dan masih sebatas sebuah proyek pengembangan saja.

1923: televisi tabung pertama di dunia

Proyek penciptaan televisi terus dilakukan. Upaya pengembangan tersebut terus dilakukan, meskipun pada masa itu prosesnya tidak terlalu menarik perhatian publik.

Televisi Pertama Buatan Kosma Zworykin 2

Televisi Pertama Buatan Kosma Zworykin 

Barulah pada tahun 1923, Vladimir Kosma Zworykin mendaftarkan paten penemuan kinescope buatannya, yang merupakan televisi tabung pertama di dunia. Televisi tabung ini merupakan yang pertama di dunia.

Televisi Pertama Buatan Kosma Zworykin

Televisi Pertama Buatan Kosma Zworykin

Mungkin bentuknya masih cukup besar dan berbeda dengan penampakan televisi modern masa kini. Namun, benda inilah yang menjadi awal dari kemunculan televisi yang kita kenal saat ini.

Televisi Buatan Kosma Zworykin 3

Televisi Buatan Kosma Zworykin 

Televisi buatan Kosma Zworykin ini belum dijual secara bebas ke publik, tetapi diproduksi secara terbatas. Barulah beberapa tahun setelahnya, televisi dikembangkan dan dijual secara luas ke publik.

Tahun 1925: televisi diperkenalkan kepada publik

Selang beberapa tahun setelahnya, televisi kemudian menjadi salah satu produk elektronik yang dipasarkan dengan jumlah yang lebih banyak. Hal tersebut didukung dengan pengenalan televisi yang dirancang oleh John Logie Bard di tahun 1925.

 Televisi ohn Logie Bard

Televisi ohn Logie Bard

Televisi yang diperkenalkan tersebut adalah pengembangan dari televisi yang sebelumnya dirancang oleh Kosma Zworykin. Namun, terjadi beberapa kesalahpahaman sehingga membuat beberapa orang menyangka bahwa John Logie Bard lah yang menemukan televisi.

Padahal, dari segi hak paten, televisi tabung ini haknya dimiliki oleh Kosma Zworykin. Terlepas dari miskonsepsi tersebut, yang jelas pada tahun inilah televisi kemudian mulai dipopulerkan ke publik.

Saat itu teknologi televisi ini terbilang cukup canggih. Berbeda dengan media elektronik lainnya yang ada saat itu, televisi menawarkan hal yang baru.

Tidak seperti radio misalnya, yang waktu itu lebih dikenal luas. Televisi tidak hanya menyajikan suara seperti halnya radio, tetapi juga memunculkan gambar visual. Meskipun memang saat itu visual yang dimunculkan kualitasnya tidak sejernih dan sebaik seperti televisi yang ada sekarang ini.

Tahun 1939: pemancar televisi pertama dioperasikan

Perkembangan televisi menjadi semakin menyita perhatian di tahun-tahun berikutnya. Kondisi ini tergambar di negara Jerman.

Pada tahun 1939,  pengoperasian pertama kalinya sebuah pemancar televisi di Kota Berlin dilakukan. Pemancar televisi pertama di dunia ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang penting dan berpengaruh terhadap perkembangan dunia pertelevisian.

Televisi Pada Tahun 1939

Televisi Pada Tahun 1939

Jerman (yang saat itu masih terpisah menjadi dua negara, Jerman Barat dan Jerman Timur) ketika itu merupakan salah satu negara dengan kemajuan teknologi paling canggih saat itu. Pengembangan teknologi yang dilakukan umumnya dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah sebagai alat untuk mengumumkan kebijakan pemerintah, atau pula sebagai alat propaganda saat perang dunia berkecamuk.

Televisi ketika itu berperan sangat penting terkait dengan hal tersebut. Tentu ketika itu, informasi yang tersaji masih sangat terbatas. Kebanyakan informasi yang tersaji berkaitan dengan agenda politik dari pemerintahan. Hal ini berbeda dengan zama sekarang yang menyajikan berbagai macam bentuk acara hiburan.

Ketika itu televisi belum dimaksimalkan sebagai salah satu media hiburan. Ya, birapun begitu, televisi tetap menjadi salah satu barang yang bernilai tinggi saat itu. Apalagi dengan adanya pemancar televisi pertama di dunia, yang membuat keberadaan televisi semakin populer di mata publik.

Tahun 1940-1950an: televisi hitam putih makin populer

Di tahun 1940-an, televisi semakin populer. Jumlah penggunaannya semakin meningkat dan tersebar ke berbagai negara. Hal tersebut khusunya terjadi di beberapa negara maju, seperti Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris.

Setelah perang dunia kedua yang berkecamuk beberapa tahun sebelumnya, televisi semakin dikenal luas. Ketika itu teknologi yang berkembang adalah televisi hitam putih.

Televisi tersebut menampilkan warna yang terbatas. Namun di era tersebut, teknologi ini merupakan salah satu yang terdepan dan menjadi dasar dari penemuan televisi berwarna di era selanjutnya.

Televisi Pada Tahun 1948

Televisi Pada Tahun 1948

Penggunaan televisi pun semakin berkembang. Acara yang ditawarkan juga semakin beragam. Tidak hanya sebatas alat untuk propaganda politik, televisi telah menjadi sarana hiburan bagi pemirsanya, dengan berbagai macam acara hiburan seperti konser musik, kartun, dan acara kuis.

Sistem periklanan di televisi juga mulai tumbuh pada era ini. Beberapa pengusaha mencoba mempromosikan barang dagangannya di televisi, yang dianggap lebih efektif untuk menarik minat calon pembeli.

Tahun 1960-an: penemuan televisi berwarna

Memasuki tahun 1960-an, teknologi televisi  mulai berevolusi. Hal tersebut khususnya terlihat dari sisi kualitas gambar yang disajikan.

Berbeda dengan era-era awal diperkenalkannya televisi, di tahun 1960-an ini, televisi berwarna telah mulai bermunculan.

Baca Juga:

Dengan kualitas ini, televisi kemudian memiliki gambar yang lebih jelas. Warna yang dimunculkan menjadi lebih banyak. Kemajuan ini semakin meningkatkan ketertarikan publik terhadap televisi.

Stasiun-stasiun pemancar di beberapa negara besar semakin banyak bermunculan. Baik yang sifatnya swasta ataupun miliki pemerintah. Pilihan acara pun semakin variatif.

Televisi Pada Tahun 1960'an

Televisi Pada Tahun 1960’an

Produsen-produsen televisi juga semakin banyak muncul. Tidak heran jika semakin banyak juga jumlah dan variasi produk-produk televisi yang dijual di pasaran.

1970-1980an: teknologi televisi semakin maju

Tahun 1970-1980, persaingan antar perusahan yang memproduksi televisi semakin ketat. Kondisi tersebut menyebabkan perusahaan-perusahaan tersebut berlomba-lomba untuk memproduksi televisi dengan teknologi yang semakin canggih, sehingga dapat menarik jumlah pembeli yang lebih banyak lagi.

Televisi Pada Tahun 1977

Televisi Pada Tahun 1977

Hal tersebut dapat dilihat dari sisi desain, yang lebih simpel dan praktis. Kemudian dari sisi kualitas gambar yang ditingkatkan, kemunculan teknologi TV kabel, dan sebagainya.

Salah satu bentuk kemajuan yang bisa digarisbawahi di era ini adalah ditemukannya teknologi VCR (Video Cassette Recorder). Teknologi ini bermanfaat bagi para penggunanya untuk merekam siaran televisi.

Tahun 1990-an: kualitas gambar dan teknologi televisi semakin canggih

Kemajuan industri televisi semakin memuncak di era 1990-an. Di era ini, berbagai inovasi pada industri ini semakin banyak dilakukan.

Di periode tersebut, beragam jenis televisi dengan teknologi CRT (Cathode Ray Tubes) mulai diperkenalkan.

Televisi Pada Tahun 1990'an

Televisi Pada Tahun 1990’an

Di tahun 1997, televisi plasma muncul ke khalayak. Televisi jenis ini memiliki bentuk yang lebih ramping. Muncul juga TV Rear Projection LcoS serta  TV LCD , yang memiliki kualitas lebih bagus dan lebih hemat energi.

Pada tahun 1999, muncul DVR (Digital Video Recorder) yang dapat merekam siaran televisi ke dalam hard drive. Teknologi-teknologi tambahan tersebut membuat televisi menjadi semakin memanjakan para pemirsanya.

Tahun 2000-sekarang: televisi kualitas HD dengan beragam model

Di era sekarang, televisi sudah berkembang menjadi lebih modern. Hal yang laing ditekankan adalah kulaitas gambarnya yang memiliki kedetailan yang tinggi. Hal tersebut membuat gambar yang muncul di layar televisi menjadi lebih tajam dan jernih.

Televisi berkualitas HD terus dikembangkan. Ukuran dari televisi juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan. Para produsen semakin berlomba untuk menyajikan sebuah produk televisi yang berkualitas gambar HD serta ukuran layar yang semakin lebar.

Selain itu, bentuk televisi juga semakin beragam dengan berbagai macam fungsi. di tahun 2007 misalnya, Apple memproduksi Apple TV, yang dapat dihubungkan dengan Itunes, program televisi, Film, Video Youtube, dan sebagainya.

Televisi Apple HD

Televisi Apple HD

DI beberapa tahun terakhir ini teknologi 3D pada televisi semakin berkembang. Teknologi 3D ini membuat  gambar menjadi lebih jernih, serta memunculkan gambar 3 dimensi. Bahkan, saat ini mulai dikembangkan televisi berteknologi 4D.

Televisi masa depan

Lalu sekarang pertanyaannya, akan seperti apakah perkembangan teknologi televisi di masa depan? Tentu akan sangat menarik membahas hal ini.

Kemungkinan-kemungkinannya akan sangat banyak. Televisi akan semakin bervariasi di tahun-tahun yang akan datang. Rumor-rumor telah banyak beredar terkait dengan teknologi seperti apa yang akan dikembangkan pada tahun-tahun mendatang.

Beberapa diantaranya yaitu terkait dengan desain. Beberapa produsen mengklaim akan segera memproduksi televisi yang memiliki ketebalan hanya setipis beberapa tumpuk kartu kredit.

Beberapa diantaranya berencana untuk membuat televisi berukuran layar yang sangat lebar, yang beresolusi 8K. Ada pula yang sedang merancang sebuah televisi yang layarnya dapat digulung, sehingga praktis untuk dibawa.

Teknologi HDR Pada Semua Televisi Masa Depan

Teknologi HDR Pada Semua Televisi Masa Depan

Dari segi kualitas gambar, disebut-sebut pada masa mendatang akan dikembangkan televisi dengan definisi ultra-high dan 4K, yang kemudian dilanjutkan dengan pengembangan teknologi HDR (High Dynamic Range) sehingga kualitas gambar akan sangat maksimal.

Dan masih banyak kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa saja terjadi. Sepertinya akan ada banyak hal yang menarik soal kemajuan teknologi televisi di masa mendatang. Hhmm.. kita tunggu saja ya.

tags: , , , , , ,

Komentar ditutup.