Home » Games » ASUS ROG GL553VW: Notebook Gaming Berlevel Tinggi

ASUS ROG GL553VW: Notebook Gaming Berlevel Tinggi

Sabtu, Februari 4th 2017. | Games, Komputer

Notebook Gaming (Asus ROG GL 553 VX): Siapa sih yang tidak suka bermain game? Dari mulai anak kecil, remaja, hingga mereka yang sudah bekerja ataupun berumah tangga sekalipun, pasti suka dengan aktivitas gaming.

Seiring dengan perkembangan jaman, dengan teknologi yang semakin canggih, bermain game menjadi semakin menarik dengan berbagai macam bentuknya.

Termasuk beberapa game diantaranya yang dapat dimainkan di komputer, laptop, notebook, ataupun android.

Laptop-Gaming-Asus

Laptop Gaming Asus GL553 VW

Introduksi: Notebook Gaming

Untuk memuaskan para gamers, beberapa perusahaan berusaha untuk mengembangkan sebuah perangkat yang dapat memanjakan hobi bermain game tersebut.

Hal tersebut dapat kita lihat sekarang, di mana notebook gaming sudah sedemikian banyaknya beredar, dengan berbagai macam harga serta spesifikasinya.

Karena fungsinya yang memang untuk bermain game, notebook gaming memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan notebook -notebook lain.

Hal tersebut biasanya dapat dibedakan misalnya dari spesifikasi prosesor, VGA, RAM dan resolusi layar, yang umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan notebook-notebook untuk penggunaan yang lainnya.

Asus Mengeluarkan Notebook Game berlevel tinggi

Salah satu perusahaan yang mencoba untuk membidik pasar notebook gaming ini adalah ASUS.

ASUS  (Asustek Computer Inc.) adalah perusahaan asal Taiwan yang cukup rajin dalam memproduksi beberapa perangkat notebook gaming di tiap tahunnya.

ASUS sendiri kemudian membuat semacam brand khusus sendiri untuk hal tersebut, yaitu sebuah brand bernama Republic of Gamers, yang merupakan brand khusus untuk notebook gaming berlevel tinggi.

Brand tersebut telah menghasilkan beberapa produk yang telah beredar secara luas, seperti ASUS ROG G51 series, ASUS ROG G60 series, ASUS ROG G74 series, dan ASUS ROG GL502.

Dan yang paling terbaru yang baru saja dirilis dari Republic of Gamers ini yaitu ASUS ROG GL553 VW. Seri ini merupakan seri lanjutan dan modifikasi dari seri sebelumnya, yaitu ASUS ROG GL502.

Seperti apakah spesifikasinya? dan apa saja fitur-fitur unggulan yang ada pada ASUS ROG GL553 VW ini? Berikut ini akan diulas beberapa diantaranya.

Desain ASUS ROG GL553 nan eksklusif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, produk ini merupakan perkembangan lanjutan dari seri sebelumnya, yaitu ASUS ROG GL502.

Hal tersebut menyebabkan terdapat beberapa kesamaan yang dapat terlihat diantara keduanya. Terutama dapat dilihat dari sisi tampilan serta desainnya, yang sedikit mengingatkan kita pada seri sebelumnya.

Namun, tentu sebagai produk dengan versi terbaru, ASUS ROG GL553 VW memiliki beberapa detail perbedaan dari seri sebelumnya. Perubahan tersebut dimaksudkan untuk semakin meningkatkan performa ASUS ROG GL553 VW dibandingkan dengan versi yang telah beredar sebelumnya.

Perbaikan – perbaikan tersebut juga dilakukan sebagai salah satu bentuk respon terhadap beberapa kritikan terhadap ASUS ROG GL502.

Sepintas desain ASUS ROG GL553 VW terlihat sangat elegan, dengan warna hitam yang mendominasi, serta beberapa warna merah yang menyala di beberapa bagian.

Bagi Anda yang sangat memperhatikan desain sebuah notebook, sepertinya tampilan ASUS ROG GL553 VW ini cukup dapat  memuaskan keinginan Anda.

Desainnya yang eksklusif ini cukup mampu bersaing dengan desain-desain notebook gaming lain, yang umumnya memang dibuat dengan tampilan yang di atas rata-rata notebook biasa.

Spesifikasi ASUS ROG GL553 VW

Ukuran Bodi 383 x 255 x 30 mm
Berat 2,5 kg
Ukuran Layar 1.920 x 1.080 piksel
Tipe Layar LED Matte
Prosesor Intel Core i7-6700HQ
Tipe Grafis Nvidia GTX 960 M
Operating system Windows 10
RAM 16 GB
Storage 1 TB HDD
Optical Drive tipe DVDRW
Kamera HD webcam
Baterai 4 cell

Ukuran layar 15,6 inchi (1.920 x 1.080 piksel) sepertinya sudah cukup untuk membuat mata para penggunanya nyaman berlama-lama di depan layar ASUS ROG GL553 VW ini.

Tipe layar LED Matte semakin memanjakan penglihatan Anda, karena dengan tipe tersebut, akan memudahkan Anda untuk melihat secara jelas dari berbagai sudut layar.

Dengan menggunakan prosesor Intel Core i7-6700HQ serta tipe grafis Tipe grafis Nvidia GTX 960 M yang menunjang untuk berbagai macam aktivitas game, Anda tidak perlu khawatir dengan performa notebook gaming yang satu ini.

Ditambah lagi dengan sistem operasinya yang berupa Windows 10, secara performa nampaknya notebook gaming ASUS ROG GL553 VW ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

(Baca: Tips Penting Sebelum Memilih dan Membeli Laptop)

Dan tentu saja sebagai penunjang utama dalam sebuah notebook gaming, ASUS ROG GL553 VW telah dilengkapi dengan RAM sebesar 16 GB dan storage 1 TB HDD.

Kapasitas yang lumayan besar tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai macam game kesayangan Anda pada perangkat ini.

ASUS ROG GL553 VW  Ringan dan Praktis

Salah satu keunggulan yang ada pada ASUS ROG GL553 VW adalah dari kemasannya yang dibuat praktis.

Kesulitan yang  biasanya dihadapi bagi para pemilik notebook gaming adalah ukuran dan beratnya yang membuat perangkat ini agak sedikit menyusahkan untuk dibawa pergi.

Berbeda dengan notebook gaming yang pada umumnya memiliki ukuran dan berat yang lebih dibandingkan dengan notebook biasa, notebook ini didesain dengan bentuk yang lebih praktis dengan berat yang lebih ringan.

Ukuran 383 x 255 x 30 mm yang tidak jauh berbeda dengan ukuran standar notebook pada umumnya, serta dengan berat 2,5 kg yang relatif ringan, membuat notebook ini menjadi lebih mudah untuk dibawa kemanapun kita pergi.

Keunggulan ini menjadi salah satu nilai plus yang dari produk ASUS ROG GL553 VW ini.

Harga ASUS ROG GL553 VW “terjangkau”

Notebook gaming dikenal sebagai notebook yang memiliki harga relatif lebih mahal ketimbang jenis-jenis notebook lain.

Tingginya spesifikasi yang memang menjadi tuntutan demi kenyamanan aktivitas game menyebabkan terjadinya kondisi tersebut.

ASUS ROG GL553  VW ini nampaknya dikembangkan dengan memperhatikan situasi tersebut. Meskipun didesain dengan eksklusif dan kelengkapan fitur-fitur penunjang di dalamnya, pengembang perangkat ini tidak mematok harga yang terlalu mahal untuk ASUS ROG GL553  VW.

Saat ini, notebook ASUS ROG GL553 VW dijual dengan kisaran harga sekitar 17,8 juta rupiah.

Harga tersebut relatif cukup terjangkau dan lebih murah ketimbang notebook gaming sejenis yang telah beredar.

Meskipun memang untuk beberapa kalangan kisaran harga tersebut masih dirasa mahal, namun dengan kualitas tinggi yang ditawarkan pada produk ini, harga tersebut nampaknya cukup sepadan.

Buat Anda yang menginginkan kualitas yang baik dan mencari notebook gaming yang cukup spesial, ASUS ROG GL553 VW ini sangat cocok untuk Anda.

Aplikasi andalan Direct X

Sebagai notebook yang dirancang khusus untuk bermain game, ASUS ROG GL553 VW memiliki beberapa aplikasi khusus yang diberikan didalamnya, yang berguna menunjang aktivitas bermain game.

Salah satunya adalah keberadaan “Direct X” yang membuat tampilan suatu game menjadi lebih terjaga kualitas serta kestabilan suatu game ketika dioperasikan.

Aplikasi ini sangat penting untuk membuat Anda merasa nyaman saat menjalankan suatu aplikasi game pada perangkat Anda, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan seperti gambar terputus-putus, suara yang kurang jelas, hingga yang terburuk terjadinya error di tengah-tengah permainan, dapat dihindari.

Aplikasi ASUS gaming center

Selain direct X, yang paling membuat ASUS unik dibandingkan dengan pengembang lainnya yaitu adanya aplikasi ASUS gaming center.

Aplikasi ini dirancang untuk mengendalikan/mengatur beberapa hal yang diperlukan untuk menjaga performa ASUS ROG GL553 VW dalam menjalankan sebuah game.

Kebutuhan pengguna yang berbeda akan notebook gaming dibandingkan dengan notebook-notebook biasa pada umumnya membuat aplikasi ASUS gaming center memiliki peran yang cukup penting.

Keberadaan ASUS gaming center ini diharapkan dapat menjaga kenyamanan pengguna perangkat ini pada saat melakukan aktivitas gaming.

(Baca: Review Lengkap Nokia 6: Spesifikasi, Fitur, Harga, Kelemahan)

Pada aplikasi ASUS gaming center tersebut, Anda dapat menjalankan beberapa opsi gaming, misalnya untuk mengendalikan kecepatan kipas sesuai dengan kebutuhan.

Pengaturan kipas ini sangat penting, mengingat game adalah salah satu hal yang membuat notebook menjadi lebih mudah panas, sehingga dapat memengaruhi performanya secara keseluruhan.

Hal tersebut, dengan aplikasi ini, kita dapat atur sesuai dengan kondisi yang diperlukan.

Untuk Anda yang suka bermain game online, terdapat aplikasi Gamefirst III yang dapat mengatur bandwith, sehingga Anda dapat terus bermain dengan nyaman.

Dapat dikatakan, beberapa aplikasi bawaan yang terdapat pada ASUS ROG GL553VW ini sudah sangat menunjang aktivitas gaming Anda.

Kelemahan ASUS ROG GL553 VW

Tak ada yang sempurna di dunia ini. Termasuk ASUS ROG GL553 VW yang sedang kita bahas ini pun, tidak terlepas dari beberapa kelemahan.

Dibalik berbagai kelebihan-kelebihan yang ditawarkan produk ASUS ini, masih terdapat beberapa hal yang dirasa kurang sempurna.

Kelemahan yang paling digarisbawahi oleh para pengamat dan paling sering dibahas yaitu terkait dengan kemampuan baterainya yang masih dirasa sangat kurang.

Daya tahan baterai dari notebook ASUS ROG GL553 VW ini dianggap tidak cukup mumpuni untuk notebook yang dirancang untuk bermain game.

Kapasitasnya dianggap masih terlalu rendah. Hal tersebut dikarenakan daya tahannya yang tidak terlalu istimewa, sehingga menyebabkan baterai notebook ini akan mudah habis ketika dipakai.

(Baca: 8 Aplikasi Android Ini Bisa Membantumu Dapat Pekerjaan Impian)

Dengan pemakaian yang intensif untuk aktivitas game, baterai ASUS ROG GL553 VW ini tercatat tidak dapat bertahan lama.

Pada beberapa uji coba, baterai hanya mampu bertahan tidak lebih dari 1 – 2 jam saja. Padahal, sebagai perangkat yang dipakai untuk bermain game, daya tahan baterai menjadi salah satu penunjang yang sangat penting.

Apalagi jika Anda bermain jauh dari sumber listrik, tentu hal ini akan membuat kenyamanan Anda menjadi sedikit terganggu.

Dibandingkan dengan kompatitor lain, performa baterai ASUS ROG GL553 VW ini dirasa masih di bawah standar. Para pengguna sangat mengharapkan daya tahan baterai ini dapat lebih diperhatikan oleh para pengembang pada notebook gaming pada versi selanjutnya.

Kelemahan lain yang cukup disorot adalah kemampuan audionya yang dianggap pas-pasan. Performa audionya dinilai masih kurang cukup memadai untuk menghadirkan keseruan yang optimal ketika bermain game.

Walaupun hal tersebut sebenarnya tidak terlalu menggangu performa notebook ini secara keseluruhan, kondisi demikian tentu akan membuat keseruan Anda saat bermain game menjadi sedikit berkurang.

Kesimpulan

ASUS ROG GL553 VW didesain dengan elegan, eksklusif, dan menawarkan fitur-fitur menarik di dalamnya.

Kepraktisannya yang ringan dan mudah dibawa kemanapun menjadi kelebihan produk ini dibandingkan dengan produk-produk yang lain.

Aplikasi-aplikasi khusus gaming yang ada pada notebook ini akan sangat menunjang aktivitas gaming yang Anda lakukan.

Meskipun masih terdapat beberapa kelemahan seperti performa baterai dan audio yang dirasa belum memuaskan, namun secara umum notebook ASUS ROG GL553 VW ini merupakan pilihan yang baik bagi Anda para pecinta game.

tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *