Home » Aplikasi » Luar Biasa, Kesuksesan Fitur Youtube Raih 1M Video Caption

Luar Biasa, Kesuksesan Fitur Youtube Raih 1M Video Caption

Rabu, Februari 22nd 2017. | Aplikasi, Internet

Siapa jaman sekarang yang tidak kenal dengan Youtube?

Media untuk melihat dan berbagi berbagai macam jenis video ini sudah sangat populer di dunia.

Penggunanya sudah jutaan, bahkan milyaran, menjadikannya sebagai situs berbagi video paling terkenal saat ini.

Nah, suksesnya Youtube tahun ini dibarengai dengan raihan dari “Fitur Video Captionnya” yang menembus angka fantastis hingga 1.000.000.000 (1 Miliar) caption.

Youtube

Youtube

Ingin mengetahui tentang suksesnya fitur youtube ini?

Mari simak ulasan lengkap suksesnya fitur video caoption youtube berikut ini. Let’s Go.

Introduksi: Tentang Youtube

Sejak awal peluncurannya pada tahun 2005 yang lalu, Youtube terus mendulang kesuksesan.

Youtube didirikan oleh tiga orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.

Sejak tahun 2006, Youtube dibeli oleh Google Inc. dalam bentuk saham.

Dan hingga kini, situs ini masih terus beroperasi dan semakin berkembang menjadi lebih besar, dan semakin populer.

Youtube terus mengembangkan fitur-fitur yang ada pada situsnya. Media berbagi informasi melalui video ini terus melakukan perbaikan dan juga penambahan fitur.

Popularitasnya yang semakin meningkat menjadikan Youtube harus senantiasa melakukan hal tersebut demi kenyamanan para penggunanya.

Berbagai fitur baru terus diperbaiki kualitasnya, seperti kemudahan pengunggahan video, keragaman kualitas video, kemudahan akses, penggunaan bahasa dari bernagai negara, hingga versi khusus untuk kemudahan akses melalui smartphone.

Baca Juga:

Fitur tersebut adalah fitur caption. Berkat kemajuan teknologi, fitur ini mengalami peningkatan kualitas yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Seperti apa kemajuan tersebut? Lanjut dibawah ini…

Fitur Youtube Caption

Fitur ini telah dirintis sejak tahun 2006, dan dibuat versi otomatisnya pada tahun 2009.

Caption adalah serangkaian kalimat yang ditampilan di bagian bawah pada suatu video, yang menggambarkan perkataan atau percakapan apa yang sedang terjadi pada video tersebut.

Atau mungkin untuk orang Indonesia, lebih dikenal dengan istilah “subtitle”.

Caption sangat penting khususnya bagi mereka yang tuna rungu. Keberadaan caption ini akan memudahkan mereka untuk memahami apa maksud pembicaraan yang sedang ditampilkan pada video tersebut.

Namun fitur caption ini tidak hanya berguna bagi kaum tuna rungu saja, akan tetapi berguna juga bagi mereka yang lebih memilih membaca ketimbang mendengarkan.

Hal tersebut biasanya menjadi pilihan di saat audio berada dalam kondisi yang kurang baik.

Dengan manfaatnya yang besar, keberadaan caption menjadi sangat penting. Karena hal tersebutlah kemudian pengembang Youtube coba menghadirkan caption otomatis.

Caption ini akan muncul secara otomatis, yang disesuaikan dengan percakapan yang tengah terjadi di video tersebut.

Hal ini akan memudahkan pengguna, khususnya jika audio pada video tersebut kursang jelas terdengar atau pengucapan yang memang terlalu cepat/kurang jelas.

Fitur Media Caption Youtube

Fitur Media Caption Youtube – Source: mediarockstar

Dengan teknologi yang dimilikinya, Youtube coba menganalisis percakapan yang ada pada video, dan kemudian menampilkan percakapan tersebut secara otomatis dalam bentuk caption.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk para pengguna, misalnya untuk menampilkan sebuah lirik lagu, ataupun bagi pengguna yang sedang mempelajari bahasa tertentu.

Keberadaan caption otomatis ini akan sangat membantu mereka memahami percakapan dengan lebih jelas.

1 milyar video ber-caption otomatis

Pada awal tahun 2017 ini, Youtube merilis kabar yang cukup membanggakan buat mereka.

Mereka mengumumkan, setidaknya hingga saat ini, Youtube telah secara otomatis membuat caption lebih dari satu milyar video.

Ya, satu milyar. Jumlah yang begitu besar bukan? tentu ini menjadi prestasi tersendiri bagi Youtube.

Semenjak diperkenalkan pada 2009 yang lalu, caption otomatis ini telah dapat diakses di banyak video hasil upload para penggunanya.

Tentu angka sebesar itu tidak dapat diraih dengan mudah. Pada perkembangannya, kualitas caption otomatis ini terus menerus diperbarui dan ditingkatkan akurasinya.

Caption otomatis tersebut saat ini telah menjadi salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Youtube. Fitur ini juga yang menjadi kelebihan Youtube dibandingkan dengan situ-situs lain yang sejenis.

1 milyar caption otomatis tersebut sebagian besar tersaji dalam bahasa inggris. Hal tersebut cukup wajar mengingat bahasa inggris adalah bahasa dengan jumlah pemakai terbanyak di dunia.

Walaupun demikian, caption otomatis juga dapat tersaji dalam berbagai bahasa. Diantaranya adalah beberapa bahasa yang cukup populer seperti bahasa Jerman, Spanyol, dan Perancis.

Ketersediaan bahasa tersebut disesuaikan dengan bahasa yang paling sering digunakan oleh pengguna Youtube.

Pengguna bahasa Inggris merupakan pengguna yang paling banyak, diikuti dengan beberapa bahasa lain yang telah disebutkan sebelumnya.

Fitur Saption Youtube Dilihat 15 juta kali perhari

Dalam keterangannya, disebutkan juga bahwa video dengan caption otomatis tersebut dilihat lebih dari 15 juta kali perharinya.

Angka ini tidak mengeherankan, mengingat jumlah pengguna Youtube yang memang telah menembus angka jutaan per harinya.

Caption otomatis ini dapat diakses secara bebas oleh para penggunanya. Kemunculannya dapat diatur sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan masing-masing pengguna.

Apabila dirasa tidak diperlukan, caption otomatis ini dapat tidak diperlihatkan ketika memutar video.

Untuk beberapa video, penggunaan caption otomatis ini memang tidak terlalu dibutuhkan, sehingga dapat untuk sementara di nonaktifkan sementara.

Kecepatan caption dapat disesuaikan apabila dirasa terlalu cepat atau terlalu lambat. Terkadang hal ini memang terjadi.

Terdapat opsi untuk memperlambat atau mempercepat caption, yang tersedia dalam beberapa penambahan dan pengurangan kecepatan.

Pengaturan bahasa juga dapat disesuaikan dengan keinginan. Apabila Anda ingin mengganti bahasa yang dipakai pada caption, hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda tinggal memilih bahasa yang Anda inginkan.

Umumnya tersaji beberapa bahasa yang dipilih. Selain bahasa Inggris, bahasa lain yang biasanya tersedia yaitu bahasa Spanyol, Jerman, dan Perancis.

Dengan jumlah aksesnya yang telah mencapai angka 15 juta kali perhari, maka dapat disimpulkan bahwa fitur ini memang dianggap sangat berguna bagi para penggunanya, sehingga menghasilkan jumlah akses ke caption otomatis ini yang begitu besar.

Fitur Youtube Didukung Google Speech Recognition

Caption otomatis ini tidak akan pernah ada jika tidak didukung oleh teknologi yang mumpuni.

Fitur ini didukung oleh teknologi google speech recognition.

Dengan teknologi google speech recognition ini, maka segala percakapan atau beberapa patah kata yang tersaji pada video dapat diidentifikasi dan kemudian disajikan dalam bentuk tulisan caption.

Di awal kemunculannya, teknologi ini masih belum berjalan dengan baik, sehingga akurasi serta ketepatan penerjemahan masih sedikit mengecewakan.

Beberapa kesalahan ataupun error masih seringkali terjadi.

Namun seiring berjalannya waktu, dengan berbagai pengembangan yang dilakukan, kemampuan identifikasi meningkat dengan sangat pesat. Kualitas menajdi lebih baik.

Saat ini error yang terjadi pada fitur ini telah menurun dengan cukup drastis.

Caption sudah dapat berjalan dengan lancar, dan sesuai dengan alur peristiwa yang sedang terjadi pada video tersebut.

Akurasinya penerjemahan juga semakin meningkat hingga 50%. Hal ini membuat fitur caption otomatis menjadi semakin bermanfaat dan makin sering untuk dipakai oleh para penggunanya.

Fitur dengan Multi Lingual

Keunggulan lain yang dimiliki fitur ini yaitu kemampuan multi lingual atau multi bahasa. Konten dapat tersedia dengan berbagai macam bahasa.

Bahasa utama yang paling sering dipakai adalah bahasa Inggris. Bahkan, khusus untuk kemampuan pengenalan bahasa Inggris, disebut-sebut sudah sangat baik.

Dengan terus memperbaiki kemampuannya, speech recognition yang dilakukan disebut-sebut sudah hampir menyamai kemampuan manusia (khususnya bahasa Inggris).

Kemampuan yang luar biasa tersebut membuat kualitas dan ketepatan caption menjadi sangat terjaga.

Saat ini setidaknya terdapat 10 bahasa yang sudah cukup tersedia dengan kualitas yang cukup baik, yaitu bahasa Belanda, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Portugis, Rusia, dan Spanyol. Anda dapat memilih bahasa yang paling Anda kuasai.

Baca Juga:

Akurasi dari kesepuluh bahasa tersebut terus diperbaiki dari waktu ke waktu. Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa caption yang berkkualitas buruk akan membuat pengguna menjadi merasa terganggu.

Dengan semakin meningkatnya akurasi, maka kenyamanan pengguna dalam membaca caption otomatis tersebut tentu akan semakin meningkat.

Semakin banyak bahasa yang tersedia, maka akan semakin banyak pula menarik pengguna dari berbagai negara.

Terjemahan otomatis

Teknologi google ini juga dapat menerjemahkan secara otomatis caption kedalam 51 bahasa yang berbeda.

Hal ini akan sangat-sangat membantu penggunanya, khususnya bagi mereka yang sedang mempelajari bahasa asing.

Seringkali beberapa percakapan pada video Youtube tidak dapat dipahami dengan baik karena dilakukan dengan bahasa yang berbeda.

Bahasa memang menjadi salah satu alat vital untuk kelancaran informasi dan transfer pengetahuan.

Tanpa adanya pemahaman bahasa yang baik, maka hal ini akan membuat penontonnya merasa kesulitan untuk memahami apa yang mereka liat pada video tersebut.

Kemampuan terjemahan yang sudah cukup bagus ini tentu akan sangat berarti. Meskipun memang secara kualitas terjemahan tidak selalu dilakukan secara sempurna, namun keberadaan fitur ini setidaknya dapat membantu para penggunanya.

Misalnya saja penerjemahannya dalam bahasa Indonesia, yang nampaknya memang belum terlalu sempurna.

Untuk kedepannya, diharapkan kualitas terjemahannya akan semakin bagus dan akurat.

Masa depan fitur caption Youtube selanjutnya

Dengan pengembangannya yang belum sampai sepuluh tahun, kemajuan fitur caption otomatis ini sudah menunjukkan perkembangan yang cukup menjanjikan.

Perbaikan akurasi dan pengurangan terjadinya error berlangsung dengan cukup cepat.

Peningkatan kemampuan terus dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan terus meningkatkan kemampuan dan pengenalan algoritma. Kapasitas dan kualitas data juga terus untuk ditingkatkan.

Pengembangan sepertinya akan dilakukan dengan semakin meningkatkan jumlah bahasa yang tersedia.

Semakin beragam bahasa yang tersedia, akan semakin membantu bagi para pengguna Youtube yang memang tersebar di berbagai negara dengan penggunaan bahasa yang berbeda-beda.

Kualitas penerjemahan juga jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Kondisi penerjemahan memang sangat terkait dengan kualitas dan ketersediaan informasi yang dimiliki teknologi google speech recognition.

Untuk saat ini mungkin fokus masih diarahakn untuk bahasa Inggris, karena bahasa yang paling sering dipakai. Untuk kedepannya, secara bertahap bahasa-bahasa yang lainnya akan turut pula dittingkatkan kualitas penerjemahannya.

Youtube sendiri telah memiliki angan-angan  suatu hari nanti, akan coba lebih mengembangkan fitur ini.

Diharapkan setiap video nantinya akan memiliki caption otomatis yang dibuat dan direview oleh kreator.

Dengan melibatkan kreator dalam pembuatan caption, maka diharapkan akurasi caption menjadi lebih sempurna dan tidak menyimpang dari apa yang sebenarnya dimaksud oleh kreator video tersebut.

tags: ,

Komentar ditutup.