Home » Startup » Ingin Memulai Bisnis Startup? Ini Solusinya

Ingin Memulai Bisnis Startup? Ini Solusinya

Jumat, Februari 17th 2017. | Startup, Tips & Trik

Medsos (media sosial) saat ini sudah menjadi bagian besar dari sejarah manusia.

Bagimana tidak, medsos sangat mempengaruhi hampir disetiap lini kehidupan. Mulai dari sosial, agama, keamanan, perpolitikan, hingga geliat dunia bisnis.

Nah khusus dunia bisnis, media sosial kini menjadi salah satu media utama yang dijadikan wadah untuk memasarkan produk atau jasa (istilah keren: marketing).

Pengguna medsos berlomba – berlomba mencoba mendapatkan keuntungan dari berjualan di instagram, facebook, BBM dan masih banyak lagi lainnya.

Perlu kita cermati, yang mendulang keuntungan luar biasa sebenarnya adalah media sosial itu sendiri. Kita ambil salah contoh saja, yaitu perusahaan raksasa Silicon Valley, Facebook, yang tahun lalu berhasil mendulang angka laba bersih hingga 19 triliun rupiah.

Bagaimana fantastis bukan keuntungannya?

Nah, tahukah kamu bagaimana cara pelaku bisnis bisa sukses? Tentu ada formula yang bisa diadaptasi, siapa tahu di masa yang akan datang anda akan menjadi pengusaha startup yang sukses.

Kali ini kita akan membahas bagaimana sih para pelaku startup bisa mendulang sukses dari awal.

Yang kita bahas kali ini bukan perkara teknis, namun hal pokok dan sikap yang harus kita miliki saat akan membangun sebuh bisnis, terutama bisnis startup. Let’s Go!

memulai bisnis startup

memulai bisnis startup

Banyak dari kita kagum akan kesuksesan orang, namun terpaku pada “kesuksesan” itu sendiri tanpa menyadari hal penting.

Karena boleh jadi kita selalu disuguhi oleh cover kesuksesan, namun sebenarnya kita tidak pernah tahu cerita dan prosesnya dibalik layar. Padahal proses inilah yang paling penting untuk kita ketahui.

Bisa dikatakan bahwa sebagian besar pengusaha sukses mati – matian memulai semuanya dari nol. Bahkan kadang modal pun tidak punya.

Tahukah kamu bagaimana awal mula Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, dll. dimulai ? Bukan dari NOL tetapi sebagian dari MINUS

Semua kisahnya sangat inspiratif dan bisa kamu simak di: Perusahaan Teknologi Besar dan Sukses di Indonesia (Startup, Web, E-Commerce)

Bisnis startup ataupun bidang lain pada prinsipnya adalah sama. Hanya berbeda relung bisnisnya saja.

Jadi siapkan mental dan diri anda terlebih dahulu, itu yang terpenting!

Sebagai tambahan perlu diketahui bahwa istilah Startup sendiri popular setelah internet mengglobalisasi dan banyaknya pengusaha online yang berhasil meraup keuntungan di bisnisnya.

Namun, sebenarnya Startup sendiri memiliki arti sebuah proses memulai suatu bisnis. atau bisnis/usaha yang baru diluncurkan, baik itu bisnis non online dan online.

Niat dan Usaha

Memulai bisnis startup tanpa niat sama saja sia – sia. Ini sama saja mubazir dan membuang tenaga.  Sama halnya dengan usaha. Niat dan usaha bagai pasangan yang tidak bisa dipisahkan.

Setelah niat ada maka action lah yang utama. Ingat semboyan iklan sebuah rokok di layar televisi? Talk less do more. Ini bagaikan mengingatkan bahwa semuanya selalu diawali dengan usaha / action.

Seperti cerita sukses Juny “Acong” Maimun, seorang founder Indowebster yang mendunia.

Dengan niat yang besar dia akhirnya memutuskan putus kuliah pada tahun 2002 setelah berkuliah di Stamford College, Malaysia, sebagai hacker muda. Sebuah keputusan besar dan sangat beresiko.

Namun, beliau akhirnya mampu mencapai kesuksesan itu yang pada sebelumnya pernah membuka warnet (warung internet) hybrid pertama yang berani beroperasi selama 24 jam lamanya di Jakarta. Warnet hybrid ini pun dia beri nama AMPM.

Sekilas nampak asing ditelinga orang awam. Tapi nama itu persis menggambarkan proses kerja warnet itu sendiri.

Tidak lama kemudian, Acong (sebutannya) mendirikan Indowebster, website file hosting multimedia yang mendunia.

Beliau menegaskan juga bahwa untuk memulai bisnis startup adalah bertahan hidup. Karena tahun – tahun pertama memulai usaha bisnis memang lah sangat berat. Banyak persaingan disana sini.

(Baca: 7 Smartphone dengan Baterai Super Awet)

Setelah mampu bertahan beberapa tahun maka seorang pembisnis dapat beradaptasi dengan pasar dan menemukan model yang baik.

Oleh sebab itu untuk memulai semuanya perlu niat dan usaha yang seratus persen mantap dan yakin.

Tidak semua perjalanan berbisnis berjalan mulus. Di setiap catatan bisnis startup kegagalan akan selalu membayangi di belakang kita.

Tapi berusaha lah untuk mencari celah kecil untuk bangkit dan terus berusaha tanpa menyerah.

Destinasi

Alangkah baiknya jika sebelum memulai bisnis startup anda memiliki destinasi atau tujuan yang jelas.

Putuskan terlebih dahulu tujuannya kemana dan untuk apa.

Begitu juga dengan memulai suatu bisnis startup. Memiliki tujuan yang jelas pasti juga akan menghasilkan sesuatu yang positif.

Jangan terlalu berharap dulu mendapatkan keuntungan awal memulainya, karena semua butuh proses.

Asalkan selalu ingat pada tujuan awal membangun bisnis startup untuk apa dan ditargetkan untuk siapa.

Sebuah Ide

Jangan terlalu tinggi mencari ide berbisnis. Cukup yang simpel dan mengena di hati masyarakat maka semua akan bertekuk lutut.

Misalnya saja buat bisnis berdasarkan hobi masing – masing.

Seperti kata menteri kelautan, Susi Pudjiastuti, yang mengatakan bahwa cari pekerjaan yang anda suka, berkarir, berfikir, bereksplorasi dengan kegembiraan.

Kalau anda gembira, tenaga anda besar, kalau tenaga anda besar anda akan mencapai hal yang lebih besar, karena kegembiraan adalah energi.

(Baca: Kamera Dashboard Vava Dash: CCTV Mobil Terbaru & Terbaik)

Jika bisnis startup anda dimulai dengan hobi kesukaan anda sehari – hari otomatis akan berdampak pada positif dan menghasilkan positif pula di kemudian hari.

Harus Berbeda

Di jaman sekarang memang agak susah mencari pendapatan yang tetap.

Mengingat banyaknya universitas – universitas yang mengeluarkan setiap mahasiswanya dengan titel masing – masing.

Dengan kurangnya pengalaman kerja mungkin sangat kecil kemungkinan mendapatkan sebuah pekerjaan. Oleh sebab itu banyak orang yang menerjunkan diri pada bisnis startup.

Memiliki ide saja memang tidak cukup. Apalagi bila ide kita hampir mirip dengan pembisnis – pembisnis handal lainnya.

Kunci dari itu semua adalah be different. Walaupun memiliki ide bisnis yang hampir sama, tapi buatlah keunikan tersendiri dari lainnya.

Unik sudah tentu berbeda. Dengan perbedaan itu tentu akan menarik para konsumen.

Misalnya saja membuka usaha rumah makan bakso. Tapi yang membuat orang – orang tertarik adalah bentuk dari bakso yang berbeda – beda. Ada yang ukuran normal, besar dan sangat besar.

Dengan adanya keunikan itu tersendiri, secara tidak langsung akan membuat orang – orang penasaran.

Yakin

Sebelum memulai bisnis startup alangkah baiknya jika menyakinkan diri anda untuk membangun sebuah usaha.

Jangan sampai berpindah – pindah tujuan dan akhirnya putus di tengah jalan.

Satu langkah saja sudah menentukan masa depan anda lho.

Jadi usahakan berpikir matang sebelum memutuskannya. Masih ingat dengan pepatah yang mengatakan waktu adalah uang, bukan?

Planning

Setelah memiliki tujuan dan ide yang pasti, saatnya untuk membuat rencana yang terbaik.

Jangan sampai rencana ini terlewatkan dari yang ada. Waktu terus bergulir, jika anda mengulurnya sedikit saja maka peluang anda untuk menjadi pembisnis startup akan lenyap.

Planning adalah salah satu kunci utama untuk bisnis startup.

It’s OK bila anda bukanlah seorang great planner, tapi setidaknya anda memiliki sebuah rencana agar bisnis startup anda berjalan sesusai yang anda targetkan.

Making A Partner / Team

Membuat bisnis startup memang tidak asyik kalau tidak memiliki seorang partner atau lebih.

Anda butuh masukan ide – ide yang mampu membuat bisnis yang akan anda bangun ini semakin keren dan menarik.

Oleh karena itu anda perlu menampung ide – ide kreatif dari beberapa teman.

Tanpa partner bisnis startup akan terasa lebih berat. Bila ada masalah dan kesulitan ditampung seorang diri.

Ingat, kita hidup butuh bantuan orang lain. Jadi buatlah sebuah tim atau cari seorang partner yang bisa membantu anda dalam membangun sebuah bisnis startup.

(Baca: Ini Dia, 5 Alat Canggih nan Pintar Masa Kini)

Dari sebuah tim lah usaha bisnis dapat berkembang. Perbedaan pendapat sudah hal yang lumrah dari berbagai macam – macam karakter yang ada.

Namun, jangan dijadikan sebagai penghabat untuk berusaha. Usahakan jika terdapat masalah lakukan dengan kepala yang dingin atau setelah itu bisa dimusyawarahkan bersama.

Serius

Dalam membangun usaha besar maupun kecil sama – sama tidak lah mudah. Semuanya butuh proses.

Di dalam proses itu pun banyak sekali hambatan – hambatan kecil. Namun, setiap hambatan pasti ada jalan atau solusi.

Jadi tetap lah berusaha untuk membangun bisnis startup. Jadikan kisah – kisah pembisnis yang telah meraih sukses sebagai motivasi diri untuk selalu mengembangkan bisnis.

Jika Tidak Ada Modal?

Don’t worry. Setiap rintangan selalu ada solusi. Sudah ada ide, sudah ada semangat, sudah ada tim tapi modal belum ada?

Coba lah untuk mencari solusi dengan menjadi reseller, contohnya.

Atau kalau ingin modal lebih banyak lagi coba lah untuk meminjam di bank yang menawarkan pinjaman dengan suku bunga yang kecil.

tags: ,

Komentar ditutup.