Home » Startup » Gerakan Nasional 1000 Startup Indonesia

Gerakan Nasional 1000 Startup Indonesia

Rabu, Januari 25th 2017. | Startup

Sebelum kita membahas mengenai gerakan 1000 startup digital yang dicanangkan pemerintah ataupun startup di Indonesia, mari kita sedikit mengulas mengenai startup digital. Pertama saya mencoba bertanya apa itu startup digital?

Gerakan 1000 Startup Indonesia

Gerakan 1000 Startup Indonesia

Startup digital adalah suatu perusahaan yang baru dibentuk dan baru saja beroperasi, yang khusus bergerak di bidang teknologi, website, ataupun pengembangan aplikasi. Di Indonesia, Startup digital mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Beberapa Startup digital buatan anak negeri yang sudah cukup populer diantaranya yaitu nulisbuku, kitabisa, kaskus, wujudkan, tokopedia, bukalapak, traveloka, dan sebagainya.

Jasa dan produk yang ditawarkannya pun semakin beragam. Mulai dari yang sekedar menyediakan tempat untuk ngobrol dan berbagi informasi, ruang untuk berjualan online, pembelian dan booking tiket atau penginapan, hingga jasa-jasa transportasi dan kebersihan. Dapat dikatakan, kita saat ini berada pada era dimana Startup digital sedang sangat berkembang di Indonesia.

Pengembangan Startup digital ini juga dapat membuka peluang baru secara bisnis dan dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas. Kondisi tersebut tentu berdampak positif untuk kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya Startup digital yang dapat menjadi solusi beberapa permasalahan, seperti masalah kemiskinan, pangan, transportasi, kesehatan, dan sebagainya.

Saat ini berbagai macam Startup digital dengan berbagai macam bidang semakin banya bermunculan dan jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pemerintah Indonesia pun turut merespon tren perkembangan Startup digital tersebut, dengan mencanangkan Gerakan Nasional 1000 Startup digital yang baru saja dirintis pertengahan tahun 2016 yang lalu.

 

Potensi Luar Biasa Startup digital Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet aktif terbesar di dunia. Statistik mencatat bahwa di tahun 2016, Indonesia memiliki setidaknya 88,1 juta pengguna internet aktif, dengan 79 juta diantaranya merupakan pengguna media sosial. Kondisi tersebut menjadikan Indonesia sebagai tempat potensial dalam pengembangan startup digital.

Walaupun demikian, potensi tersebut belum tergali sepenuhnya. Kondisi itu dapat terlihat dari jumlah Startup digital di Indonesia yang masih jauh dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya.

Gerakan Nasional 1000 Startup digital merupakan salah satu usaha pemerintah untuk memaksimalkan potensi tersebut. Gerakan yang merupakan bentuk kerjasama dari KIBAR dan Kemenkominfo ini diharapkan mampu mewujudkan visi nasional untuk menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia pada tahun 2020.

Gerakan ini memiliki tujuan untuk menciptakan berbagai Startup digital yang dapat menjadi solusi permasalahan di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini difokuskan terlebih dahulu di 10 kota besar yang ada di Indonesia, yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Makassar, Pontianak, dan Bali, yang nantinya diharapkan akan semakin bertambah ke daerah-daerah lain.

Dalam prosesnya, gerakan ini dilakukan dalam beberapa tahapan, dimana pada masing-masing tahapan tersebut para peserta akan diberikan beberapa materi yang berkaitan dengan pengembangan startup digital. Kabar baiknya, seluruh proses yang terdapat pada Gerakan Nasional 1000 Startup digital ini tidak memungut biaya sepeser pun dari para pesertanya, alias gratis.

Gerakan Nasional 1000 Startup digital ini pada prosesnya dilakukan dalam lima tahapan, yaitu ignition, workshop, hacksprint, bootcamp, dan incubation.

Pada masing-masing tahapan, para peserta akan dibekali oleh materi-materi pelatihan yang dilakukan oleh para pakar untuk memahami bagaimana cara mengembangkan suatu startup dengan baik dan berkelanjutan.

Pesertanya sendiri dibagi menjadi tiga kategori, yaitu hacker (orang yang memiliki kemampuan programming), hipster (desain atau estetika), dan hustler (marketing). Ketiga kategori dengan kemampuannya masing-masing tersebut akan menjadi sebuah tim yang kemudian bekerjasama untuk membuat startup digital

 

Terobosan positif untuk perkembangan startup Indonesia Saat Ini

Gerakan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia ini perlu untuk diapresiasi. Masih minimnya pengetahuan tentang Startup digital di negeri ini menyebabkan kurang berkembangnya bisinis tersebut.

Khususnya bagi para pemuda, yang memiliki passion di bidang teknologi dan informasi, Gerakan Nasional 1000 Startup digital ini akan semakin meningkatkan semangat mereka untuk terus menciptakan inovasi dan kreasi di bidang startup digital.

Gerakan ini setidaknya akan menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan para calon pengembang Startup digital dengan berbagai macam diskusi serta pelatihan yang dilakukan pada kegiatan tersebut. Transfer ilmu menjadi lebih udah dilakukan, dan diharapkan akan tersebar secara lebih luas tidak hanya di kota-kota besar saja, tetapi juga di daerah-daerah.

Keberadaan gerakan semacam ini diharapkan mampu menjadi salah satu solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat saat ini.

Startup digital dapat mengambil peran penting, serta menjadi sebuah bukti nyata bahwa kemajuan teknologi akan memberikan manfaat-manfaat yang besar bagi masyarakat.

Baca Juga: Perusahaan Teknologi Besar dan Sukses di Indonesia (Startup, Web, E-Commerce)

Ayo, Ambil peluang Gerakan  1000 Startup Digital!

Dengan berbagai macam sisi positif yang ada pada Gerakan Nasioanal 1000 Startup digital tersebut, maka inilah peluang untuk Anda yang memiliki mimpi atau ide untuk mengembangkan startup buatan Anda sendiri.

Berbagai fasilitas dan materi yang ditawarkan pada kegiatan ini sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Memang, karena sifatnya yang berupa rintisan, output yang disasar ditargetkan “hanya” 1000 startup saja. Tentu jumlah tersebut dapat dikatakan terlalu sedikit, mengingat begitu banyaknya jumlah para calon pengembang Startup digital yang tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Anda dapat langsung mendaftar dengan mengunjungi situs 1000startupdigital.id

tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *