Home » Aplikasi » Fitur Baru Facebook 2017 ‘Explore Tab’ Android, Apa Fungsinya?

Fitur Baru Facebook 2017 ‘Explore Tab’ Android, Apa Fungsinya?

Minggu, Februari 19th 2017. | Aplikasi, Startup

Peningkatan kualitas serta penambahan fitur diperlukan oleh media sosial untuk semakin meningkatkan daya saingnya.

Semakin menjamurnya berbagai macam jenis media sosial membuat para pebisnis dalam bidang ini harus terus berusaha untuk meningkatkan kualitas media sosial yang dimilikinya.

Hal tersebut tidak terkecuali juga dirasakan oleh Facebook.

Jejaring sosial ternama buatan Mark Zuckenberg ini dari hari ke hari terus mencoba untuk meningkatkan fitur-fitur yang dimilikinya.

Facebook terus melakukan penambahan terhadap fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti tampilan, performa, ragam fitur, dan sebagainya.

Fitur terbaru yang dikembangkan Facebook pada awal tahun 2017 ini adalah penambahan fitur “explore tab”.

Fitur tersebut masih dalam tahap uji coba. Penyempurnaan akan terus dilakukan hingga explore tab ini telah sempurna dikembangkan.

 

Sosial Media Facebook

Sosial Media Facebook

Bagi Anda para Facebookers yang penasaran dengan hal ini, berikut ini kami ulas secara lengap fitur terbaru Facebook tersebut.

Fitur Explore tab versi beta

Fitur terbaru milik Facebook ini tersaji pada Facebook beta untuk android dengan versi 111.0.0.13.69.

Aplikasi khusus untuk android ini dimaksudkan supaya para pengguna Facebook dapat dengan lebih mudah untuk mengakses media sosial berlogo huruf  F ini.

Hal ini bukannya tanpa alasan. Keberadaan smartphone dan penggunaannya yang rata-rata secara global 4-8 jam perhari tiap orangnya menjadi faktor kuat.

Dengan membuat Facebook versi aplikasi android, akan semakin menarik minat banyak orang untuk menggunakan Facebook.

(Baca: Ulasan Huawei P9: Teknologi Dual Kamera Leica Dari Jerman)

Khusus untuk fitur explore tab sendiri, telah mulai ditambahkan sejak bulan Januari 2017 lalu.

Sejauh ini responnya cukup positif dan belum ada kritikan yang tajam soal hal tersebut.

Explore tab memungkinkan para penggunanya untuk mengakses konten-konten diluar lingkaran pertemanannya.

Fitur explore tab ini diharapkan dapat semakin menghubungkan penggunanya dengan konten yang disukainya, khususnya konten yang berasal dari luar lingkaran pertemanan atau grup yang diikuti pengguna tersebut.

Keberadaan explore tab ini diharapkan supaya dapat membantu para pengguna untuk semakin meningkatkan lingkaran pertemanannya, yang didasarkan dari hobi atau minat dari para pengguna.

Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan awal dari Facebook itu sendiri, yaitu untuk semakin mempererat hubungan pertemanan, serta untuk menambah lingkar pertemanan.

Baik yang bersifat pribadi, bisnis, ataupun yang berbasis komunitas hobi ataupun pekerjaan.

Fitur sederhana ini akan membantu penggunanya untuk menemukan banyak hal baru yang ada disekitarnya, dan tidak terbatas hanya di lingkaran pertemanan yang dimilikinya.

Menyajikan konten yang disukai pengguna

Adapun konten yang tersaji yang muncul pada explore tab disesuaikan dengan konten yang kira-kira disukai oleh pengguna.

Konten tersebut mungkin memiliki tema yang sama seperti konten yang pernah disukai (like) oleh pengguna.

Tentu hal tersebut jadi hal yang penting. Karena akan menjadi kurang berarti jika konten yang ditampilkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan muncul oleh penggunanya.

Bidang kegemaran masing-masing pengguna menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, sehingga konten yang muncul pada bagian explore nantinya benar-benar dirasa menarik oleh para pengguna.

Penggemar sepak bola misalnya. Bagi mereka yang sering mengakses halaman-halaman olahraga ini, atau menyukai foto yang berkaitan dengannya, atau berkomentar dengan tema yang mirip, maka pada bagian explore kemudian akan dimunculkan beberapa konten atau postingan yang terkait dengan hal tersebut.

Begitu juga dengan bidang lain. Bagi mereka yang sering menyukai konten-konten bertemakan kuliner, maka pada explore akan disajikan konten-konten bertema kuliner, atau jika sering untuk melihat video-video lucu, maka akan ditampilkan hal serupa pada bagian explore ini.

Atau bisa juga konten yang tersaji adalah konten atau postingan yang disukai oleh teman atau keluarga, di mana hal tersebut masih memiliki keterkaitan atau minat yang sama dengan pengguna tersebut.

Dalam tampilannya sendiri, Facebook meletakkan tab ini di bagian bawah layar.

Posisi ini dirasa cukup ideal, sehingga mudah untuk dilihat pengguna. Serta dari sisi estetika juga tidak terlalu mengganggu penampilan halaman Facebook secara keseluruhan.

Terdapat dua tabs di bawah screen, yaitu home dan explore.

Seperti biasa kita kenal, tab home menunjukkan konten dari teman-teman, grup, atau orang yang  diikuti.

Fitur Baru Facebook Explore Tab

Fitur Baru Facebook Explore Tab

Tab ini sudah sangat familiar dijumpai saat kita mengakses halaman Facebook. Bisa dibilang bahwa tab ini adalah tab utama yang akan diakses oleh para penggunanya.

Tab yang baru, yaitu explore, berada didekatnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagian ini akan menunjukkan semua konten yang bukan berasal dari teman atau oang yang diikuti di Facebook, akan tetapi menampilkan konten di luar itu yang kira-kira memiliki hubungan atau yang menarik buat pengguna.

Fitur Explore Facebook Mirip dengan explore Instagram

Explore tab hampir sama seperti explore pada instagram, yang berkaitan dengan konten yang sering anda ikuti (pernah disukai).

Ya, Antara Facebook dan Instagram memang memiliki hubungan yang erat, karena saat ini berada pada satu “asuhan” yang sama.

Sehingga tidaklah mengherankan jika beberap fitur yang ada di antara keduanya memiliki sedikit kemiripan.

Meskipun keduanya tetap memiliki ciri khasnya masing-masing.

Meskipun Facebook menghadirkan fitur ini belakangan, tapi dari sisi tampilan masih ditemukan beberapa perbedaan, yang disesuaikan dengan ciri khas Facebook.

Apalagi dari sisi daya tarik, fitur ini memang sepertinya cukup mampu untuk menarik perhatian pengguna, karena akan menampilan kontes-konten yang memiliki hubungan dengan penggunanya.

Jadi, penambahan explore tab ini cukup beralasan.

Konten yang ditampilkan berdasarkan hasil dari analisis halaman video atau gambar yang Anda suka.

Riwayat penjelajahan dan aktivitas pengguna selama menggunakan Facebook memang tercatat secara lengkap oleh Facebook, sehingga data tersebutlah yang kemudian dijadikan acuan.

Selain dari analisis konten yang sering Anda “like”, analisis dapat pula dilakukan berdasarkan dari halaman yang sering Anda kunjungi.

Atau bisa juga dari kata kunci tema atau objek yang pernah Anda cari.

Baca Juga:

Komentar – komentar terhadap halaman atau status yang sering Anda komentari tidak luput sebagai salah satu bahan pertimbangan.

Singkat kata, konten yang terdapat pada explore tab merupakan hasil dari penelusuran terhadap minat dan tema favorit yang sering Anda akses di Facebook.

Menampilkan berbagai jenis konten

Konten yang ditampilkan pada tab explore terdiri dari berbagai macam bentuk.

Konten-konten yang ditampilkan yaitu seperti, gambar, video, dan link.

Konten ditampilkan dengan tampilan yang hampir sama seperti yang dilihat di bagian home (beranda), sehingga penggunanya tidak akan merasa aneh ataupun bingung akibat tampilan yang tidak biasa.

Facebook memang memiliki banyak hal yang bisa ditampilkan di halamannya. Dan hal ini menjadi salah satu kelebihan Facebook dibandingkan dengan media sosial jenis lainnya.

Halaman Facebook sejauh ini dapat mengakomodir berbagai macam kebutuhan dari penggunanya, mulai dari membuat status, berbagi video, foto, link informasi dan berita, hingga ruang untuk melakukan percakapan antar sesama pengguna.

Penggunaan video semakin populer beberapa tahun belakangan. Facebook pun tidak ingin ketinggalan dengan tren tersebut.

Saat ini semakin banyak pengguna media sosial dengan warna latar belakang biru ini yang melengkapi statusnya dengan berbagai macam video.

Konten video umumnya dianggap lebih menarik, sehingga mengundang banyak like dan juga komentar.

Beberapa pengiklan juga mencoba untuk mengikuti tren ini, yaitu dengan membuat iklan dalam bentu video (video ads). Video ads saat ini mulai diakomodir pula oleh Facebook.

Penggunaan Facebook untuk berbagi informasi juga semakin meningkat, meskipun masih bermasalah dengan hoax.

Hoax memang masih menjadi pekerjaan rumah bagi Facebook.

Hingga saat ini belum ada perubahan yang cukup signifikan mengenai keberadaan hoax yang masih sering ditemui di halaman Facebook.

Singkat kata, konten yang ditampilkan pada explore tab ini berusaha untuk mengakomodasi semua bentuk konten.

Sehingga, para pengguna dapat lebih banyak mengakses konten yang disukainya, dan tidak hanya terbatas hanya dari kalangan pertemanannya saja.

(Baca: Game Android Offline Terbaik dan Populer Saat Ini)

Diharapkan dengan penambahan explore tab ini, para pengguna akan semakin asyik dan menghabiskan waktu lebih di halaman Facebooknya.

Ya, semakin lama penggunanya menghabiskan waktu di aplikasi Facebook, tentu ini akan menjadi hal yang baik pula  untuk Facebook.

Tidak ada iklan

Sebagai media yang disajikan secara gratis, keberadaan iklan menjadi salah satu hal yang penting bagi Facebook untuk meraih keuntungan.

Namun demikian, di tab yang baru ini sepertinya belum disisipi dengan iklan.

Hal tersebut mungkin karena fitur baru ini masih dalam tahap uji coba (beta), sehingga masih belum sempurna dan perlu untuk pengembangan lebih lanjut.

Mungkin itulah alasannya mengapa pengembang belum memakai tab explore sebagai salah satu “ladang” untuk meraih keuntungan lewat adanya iklan.

Meskipun sepertinya hal tersebut hanya akan berlangsung sementara.

Setelah fitur baru ini dirasa telah siap 100%, mungkin iklan akan mulai dimunculkan.

Salah satu pertimbangan lain mungkin karena terkadang keberadaan iklan dianggap mengganggu oleh para pengguna.

Beberapa pengguna memang memiliki subyektivitas sendiri, dan pengembang cukup sadar akan hal itu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, keberadaan dan kemunculan iklan di Facebook dilakukan dengan sekreatif dan semenarik mungkin.

Harapannya agar iklan dapat memberikan pemasukan yang baik tanpa harus membuat kenyamanan para pengguna menjadi sedikit berkurang karenanya.

Sementara ini, iklan lebih dioptimalkan pada bagian home. Dengan demikian, konten yang ada di bagian explore ini adalah murni postingan yang Anda minati, baik berupa video ataupun gambar.

Penutup

Demikianlah tadi sedikit penjelasan mengenai fitur terbaru Facebook yang diperkenalkan ke publik pada awal tahun 2017 ini.

Keberadaan explore tab ini menjadi bagian penting dari salah satu cara Facebook untuk meningkatkan layanannya terhadap pengguna setianya di seluruh dunia.

Detail-detail kecil seperti ini memang perlu untuk dilakukan, untuk terus menjaga eksistensi Facebook dalam persaingan dengan para kompetitor lain di bidang media sosial.

Meskipun fitur ini bukanlah sesuatu yang baru, dan telah dijumpai di media sosial lain (seperti Instagram), tapi dari sisi fungsi, adanya explore tab ini memang memiliki daya tarik dan keseruan tersendiri untuk penggunanya.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba fitur terbaru Facebook ini, silakan langsung download aplikasi Facebook versi terbaru ini, dan temukan hal-hal baru di halaman Facebook Anda.

Semoga Bermanfaat.

tags: , ,

Komentar ditutup.