Home » Aplikasi » CCleaner: Softwere untuk Menghapus History dari Laptop & Komputer

CCleaner: Softwere untuk Menghapus History dari Laptop & Komputer

Kamis, Februari 2nd 2017. | Aplikasi

Masih banyak pengguna laptop dan komputer yang belum mengetahui seta menggunakan CClener. Ya, software gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan laptop atau komputer dan membersihkan registry-nya ini mampu menghapus semua kegiatan yang kita lakukan di internet.

CCleaner

Softwere CCleaner

Sistem operasi perangkat lunak ini juga memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak memperlambat kinerja laptop.

Memang software ini sudah lama melalang buana di dunia internet. Namun, hanya beberapa pengguna laptop dan PC saja yang benar – benar menggunakannya. Selain itu mereka lebih suka langsung menutup perangkat keras itu tanpa harus menghapus history yang ada.

Padahal, dengan meluangkan waktu sedikit membersihkan history kegiatan kita di Google akan membuat laptop dan PC kita sedikit lebih ringan ketika beroperasi.

Sedikit Cerita History Mengenai Ccleaner

Perangkat lunak yang didirikan oleh perusahaan Piriform Ltd ini yang sebelumnya bernama Crap Cleaner memiliki ukuran sangat kecil. Jadi tidak membebani resource saat laptop dan PC beroperasi.

Sistem operasi yang dapat menjalankan software ini antara lain, yaitu Windows XP (Home, Professional, Media Center, Tablet Edition, 64-bit), Windows Vista (semua edisi, termasuk edisi 64-bit), Windows 7 & Windows 8 (semua edisi, termasuk edisi 64-bit), Windows 2003 dan 2008 server (semua edisi) dan yang terakhir adalah Mac 10.6 sampai 10.9 edisi 64-bit. Bahkan Ccleaner juga mampu untuk sistem operasi yang lebih lama lagi seperti Windows NT4, Windows ME, Windows 98, Windows 2000.

Tertarik? Ingin mencobanya di smartphone anda? Tentu saja bisa, karena Ccleaner tersedia untuk Android dan Kindle Fire. Tapi sayangnya tidak tersedia untuk sistem operasi Linux.

Untuk smartphone ‘android’ silahkan download di google playstore: CCleaner for Android

Fitur Ccleaner (Notifikasi)

Tidak ada perbedaan antara versi gratis dan berbayar, karena sama – sama membuahkan hasil yang optimal untuk laptop dan PC sendiri. Kinerjanya semakin cepat, bersih dan aman.

Ada beberapa fitur utama dari Ccleaner versi gratis, yaitu mengoptimalkan kinerja komputer dan perlindungan privasi.

Terlalu sibuk mengejar deadline sehingga lupa membersihkan laptop dan PC menggunakan Ccleaner? Eits, ternyata software gratis ini memiliki notifikasi jika file – file sampah di dalam perangkat anda sudah lama dan menumpuk. Seolah – olah bekerja seperti alarm, Ccleaner muncul di sudut kanan dekstop dengan kotak merahnya.

Lakukan Pengenalan Terlebih Dahulu

Seperti ingin menjalin suatu hubungan dengan seseorang. Kita harus  mengenali seseorang itu terlebih dahulu. Kesukaannya akan sesuatu, hobinya, kebiasaannya dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan software yang satu ini.

Seperti penjelasan sebelumnya Ccleaner aman untuk perangkat keras anda. Laptop dan PC memang sudah dirancang khusus dapat menciptakan jejak – jejak history yang dapat diketahui oleh pihak jahat. Setiap kali anda membuka internet, program tertentu dan lainnya data dan file sementara akan diambil dan disimpan sementara di sistem laptop dan PC.

Jadi, ketika anda atau teman mengetik satu huruf saja di halaman web, maka semua daftar web yang ada disitu akan muncul. Tidak ingin kan apabila semua kegiatan kita diketahui oleh seseorang. Apalagi situs itu sangat lah rahasia misalnya. Pernah mengalami ini sebelumnya?

Jika ingin menghapus jejak history anda di internet, cobalah lakukan cara manual. Klik Ctrl + Shift + Delete secara bersamaan. Maka akan muncul tampilan clear all history. Pilih lah everything dan contengi sesuai kebutuhan anda. Dengan melakukan cara manual ini semua history anda akan hilang seketika. Mudah, bukan?

Namun, ingat bahwa cara ini hanya untuk menghapus history pada internet anda saja bukan lainnya. Setiap anda mengoperasikan laptop dan PC selama itu juga selalu menimbulkan sampah, history dan cache.

Dapat Menghapus History Kegiatan Kerja Anda

Jika anda ingin menghapus kegiatan browsing setelahnya alangkah baiknya menggunakan software ini. Selain menghapus history, Ccleaner juga mampu membuang file – file yang tidak dibutuhkan yang tersimpan pada register karena proses uninstal yang tidak utuh sebelumnya.

Dengan mengaplikasikan ini pada perangkat keras anda akan membuat laptop dan Komputer bekerja lebih cepat dan aman. Ada sebanyak tiga 351 review yang diberikan oleh pengguna Ccleaner ini.

Salah satunya review yang diberikan oleh Paul yang mengatakan bahwa; It’s one of first software’s I get when installing new windows.

Apakah anda yakin tidak ingin menginstalnya?

Menghapus Secara Permanen

Ya, jangan khawatir akan history yang akan dilihat keluarga, pasangan atau bahkan teman anda. Ccleaner dapat menghapus semua kegiatan yang telah anda lakukan di internet dan lainnya.

Contohnya saja seperti ruang harddisk yang tidak terpakai dan serunya lagi dapat menjaga laptop dan PC anda jauh dari mata – mata jahat yang selalu berusaha mengawasi kebiasaan bekerja anda atau bahkan dapat menyerang sistem, dan dapat membersihkan Windows Registry serta dapat mengontrol program apa saja yang bekerja ketika perangkat keras ini bekerja.

Tapi ingat, asalkan anda rajin menggunakannya sebelum menutup kegiatan operasi di laptop dan PC pasti semua kegiatan akan terhapus.

Terdiri Dari Beberapa Menu Utama

Ccleaner sendiri terdiri dari 4 macam menu utama, diantaranya ada Ccleaner yang juga memiliki dua macam pilihan; Windows dan Application. Seperti namanya dia berfungsi menghapus semua sampah dan history dari kegiatan – kegiatan yang telah kita jalankan.

Kemudian Registry yang berfungsi menghapus semua registry yang eror dan sisa – sisa registry program aplikasi yang telah dihapus. Lalu yang ketiga ada Tools yang juga memiliki sub fitur. Diantaranya uninstal, startup dan system restore.

Bagaimana Kalau Tidak Melakukannya?

Anda harus siap – siap menerima kenyataan bahwa laptop dan PC anda akan bekerja dengan lambat dan berat.

Lagipula jika dilakukan pembersihan semua aplikasi yang telah dibuka, browser yang juga digunakan untuk internetan dan lain – lainnya maka tidak akan membuat ruang harddisk drive C menjadi penuh. Semua kinerjanya akan bekerja secara baik, cepat, ringan dan aman.

Tidak Perlu Online Untuk Mengaplikasikannya

Ya, semua bisa dilakukan tanpa harus terkoneksi dengan wifi dan lainnya lebih dulu, karena perangkat lunak ini mampu bekerja secara offline. Jadi tidak perlu khawatir harus kasak kusuk mengaktifkan wifi di rumah, di kantor atau bahkan mencari wifi gratis di kampus.

Yang lebih kerennya lagi ternyata Ccleaner tersedia 45 bahasa nasional termasuk Indonesia.

Klik Tiga Kali

Setelah selesai mencontrengi semua pilihan yang ada di software Ccleaner bingung melakukan langkah selanjutnya? Dari semua pilihan yang terpenting adalah mengklik Run Cleaner sebanyak tiga kali. Kenapa harus tiga kali?

Disaat itu lah semua history, kegiatan – kegiatan yang telah kita kerjakan terhapus dengan bersih hingga menunjukkan angka nol.

Ingat, pastikan ketika melakukan Ccleaner ini firefox dan yang lainnya sudah tertutup rapat. Jadi ketika Ccleaner bekerja tidak ada pemberitahuan tentang harusnya menutup firefox yang sedang beroperasi.

tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *