Home » Startup » Cara Membuat Startup: Tips & Langkah Penting Sebelum Memulai

Cara Membuat Startup: Tips & Langkah Penting Sebelum Memulai

Sabtu, Januari 28th 2017. | Startup, Tips & Trik

Startup digital adalah sebuah ide pengembangan suatu usaha atau perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan website. Banyak orang yang ingin merintis serta membuat startup digital karena prospeknya yang cukup cerah.

Cara Memulai Membuat Startup Sukses

Cara Memulai Membuat Startup Hingga Sukses

Kita ketahui bahwa negara kita memiliki pasar yang sangat besar, oleh sebab itu Indonesia sering dijadikan acuan perkembangan startup di Asia. Tahun lalu saja, nilai Investasi yang masuk ke dunia startup Indonesia mencapai lebih dari 2 triliun rupiah.

Seringkali, khususnya bagi pemula yang sangat awam dengan bisnis startup digital, kurang memahami bagaimana tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk membuat sebuah startup digital. Sebenarnya tahap awal dari pembuatan sebuah startup digital tidaklah jauh berbeda dengan pembuatan startup atau bisnis lainnya. Perbedaan mendasarnya yaitu dari segi “tempat”, dimana startup digital tentu saja berada dalam dunia maya.

Karena sifatnya masih cukup baru dibandingkan dengan jenis-jenis usaha yang lain, dalam hal ini belum dapat berkembang sebaik bisnis-bisnis lain yang terlihat lebih real (misalnya berdagang di mall, membuka toko, dsb.).

Walaupun demikian, apabila dapat dijalankan secara maksimal, startup digital dapat memberikan pengaruh serta keuntungan yang tidak kalah (atau bahkan lebih besar) ketimbang bisnis jenis lainnya.

Nah, sebagian besar orang akan langsung mulai mencari cara untuk membuat startup digital, namun sebelum itu lebih baik anda ketahui Langkah-Langkah Penting Sebelum Memulainya. Hal ini menjadi sangat penting, bahkan bisa dikatakan hal terpenting karena inilah “pondasi awal anda”. Hal tersebut akan menentukan startup digital anda nanti seperti apa, dan akan diarahkan kemana.

Hal-hal apa saja yang perlu untuk disiapkan sebelum memulai dalam pengerjaan startup digital tersebut? Untuk membantu Anda, berikut kami sajikan beberapa hal yang wajib Anda tahu sebelum memulai membuat startup digital.

Tips pertama: Silahkan jawab, Bidang apa yang Anda sukai?

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu: tentukanlah di bidang apa Anda akan bergerak. Startup digital yang akan Anda kembangkan ingin difokuskan kedalam bidang apa? Misalnya saja bidang bisnis, pendidikan, olahraga, seni, media, dsb.

Hal tersebut harus terlebih dahulu Anda tentukan “secara jelas“, sehingga arah pengerjaan menjadi lebih fokus. Seringkali, khususnya para pemula yang berkeinginan untuk membuat startup digital pertamanya, merasa kebingungan pada tahapan ini. Padahal, inilah sebenarnya tahapan dasar yang sangat penting, dan akan mempengaruhi keberlangsungan startup digital yang Anda kembangkan secara jangka panjang.

Simak Artikel Terkait : Gerakan Nasional 1000 Startup Indonesia

Anda bisa menentukan di bidang apapun sesuai dengan keinginan Anda. Sebaiknya, bidang yang Anda pilih adalah bidang yang benar-benar Anda sukai. Karena dengan membuat sesuatu yang Anda sukai, maka pengerjaannya pada selanjutnya akan lebih menarik bagi Anda.

Tips Kedua : Motivasi dan Passion

Ini masih berhubungan dengan pertanyaan pada tips pertama. Nah, Permasalahan klasik yang umumnya dirasakan oleh para pengembang startup digital pemula yaitu kurangnya motivasi.

Motivasi tersebut akan mudah untuk Anda miliki dan pertahankan dalam jangka waktu yang lama apabila Anda memiliki passion yang besar dalam hal yang Anda lakukan.

Selain itu, dengan mengerjakan bidang yang Anda sukai, pengetahuan Anda tentang hal tersebut tentu sudah cukup baik. Artinya, Anda setidaknya telah memiliki bekal yang cukup tentang sesuatu yang akan Anda kerjakan.

Anda bisa memilih bidang yang ingin dikerjakan dengan melihat hobi atau latar belakang pendidikan Anda. Misalnya Anda memiliki hobi berolahraga, maka cobalah untuk membuat startup digital di bidang olahraga. Atau apabila Anda memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang guru bahasa, cobalah untuk membuat startup digital  di bidang bahasa.

Dengan mengangkat tema yang berasal dari hobi ataupun latar belakang pendidikan Anda, setidaknya bahan-bahan yang diperlukan sudah Anda miliki dan pahami secara lengkap dan nantinya akan memudahkan dalam proses pengembangan startup digital tersebut.

Tentu bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali memilih bidang lain yang mungkin baru Anda pelajari. Hal tersebut bisa saja dilakukan misalnya karena Anda menganggap bidang tersebut cukup potensial untuk dikembangkan menjadi startup digital.

Hal yang terpenting adalah lakukanlah yang Anda inginkan, dan berusahalah untuk memiliki motivasi yang kuat dalam mengembangkannya. Jangan sampai Anda melakukannya dengan setengah-setengah, atau yang lebih buruk lagi, berhenti di tengah jalan hanya karena Anda tidak terlalu menyukai apa yang Anda kerjakan.

Tips Ketiga: Ide, Apa yang membuat startup Anda unik?

Ketika Anda sudah menentukan bidang apa yang akan Anda kembangkan, selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah “ide”.

Karakteristik seperti apa yang ingin Anda berikan pada startup digital Anda. Hal ini sangat penting mengingat persaingan yang ketat antar startup digital lainnya, yang mungkin bergerak di bidang yang sama dengan Anda.

Supaya startup yang Anda kembangkan dapat bersaing dan mudah dikenal oleh calon pengguna, berilah sebuah ciri khas khusus, yang membuat apa yang Anda kerjakan atau tersebut memiliki karakter yang berbeda dengan yang lain.

Keunikan tersebut dapat diberikan pada berbagai hal, misalnya layout website, gaya bahasa, jenis produk yang ditawarkan, jenis pelayanan, dan lain sebagainya.

Keunikan atau karakter yang berbeda tersebut, apabila dapat Anda pertahankan dengan baik, akan berdampak baik terhadap kesuksesan startup digital yang Anda kembangkan. Hal yang terpenting terkait hal ini yaitu kualitas produk/jasa yang Anda berikan. Oleh karena itu, sebisa mungkin tetap pertahankan karakteristik yang telah dibangun tersebut, serta terus berusaha agar kualitas layanan menjadi semakin baik dan lebih baik lagi di masa selanjutnya.

Baca Juga: Harga Mouse Termahal dan Tercanggih di Dunia

Karena yang anda kerjakan adalah startup digital, yang berkaitan dengan teknologi internet, maka sebisa mungkin startup digital yang Anda kembangkan tersebut dirancang sedemikian rupa agar mudah untuk diakses. Kemudahan suatu website, aplikasi, atau bentuk-bentuk lain startup digital akan menjadi nilai plus di mata pengguna.

Jangan terlalu mudah puas misalkan stratup digital yang Anda kembangkan mendapat respon yang baik di pasar. Anda perlu untuk terus mengeksplorasi ide-ide kreatif yang Anda atau tim Anda miliki. Mengingat persaingan yang ketat di bisnis ini, pembaruan-pembaruan perlu untuk sering dilakukan.

Beberapa startup digital melakukannya secara periodik. Hal tersebut bisa berkaitan dengan tampilan atau versi yang baru dengan fitur-fitur yang belum pernah ada sebelumnya. Hal tersebut diharapkan dapat menjaga agar startup tersebut dapat tetap eksis dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dari waktu ke waktu akan terus berkembang.

Tips Keempat: Langkah Tepat, Bagaimana cara membuat startup tersebut?

Kemampuan IT tentu sangat dibutuhkan untuk membuat startup digital dengan kualitas baik. Namun demikian, Anda tidak harus memiliki latar belakang IT untuk mengembangkan sebuah startup digital. Kemampuan tersebut memang penting, tetapi dapat dikatakan bahwa ide lah yang sebenarnya lebih penting.

Gagasan yang Anda miliki tersebut lah yang nantinya akan menentukan bagaimana format dari sebuah startup digital akan dibuat. Apabila Anda memang benar-benar tidak memiliki latar belakang IT, dan sangat awam dengan hal tersebut, sebaiknya Anda bekerjasama dengan orang yang memiliki kemampuan tersebut.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan membentuk sebuah tim teknis untuk mengerjakan hal-hal teknis berkaitan dengan startup, atau bila Anda tidak ingin repot, Anda dapat mempercayakannya pada jasa pembuatan startup digital yang pada saat ini sudah banyak ditawarkan.

Untuk tampilannya, tergantung dari apa yang ingin Anda buat. Sebaiknya sebuah startup digital dibuat dengan tampilan yang sederhana, dalam artian mudah untuk dipahami para pengguna dan dapat memberikan kenyamanan saat mengunjung halamannya.

Buatlah sesuai dengan selera Anda, dan perhatikan detail-detail kecil pada startup yang Anda kembangkan tersebut. Hal ini bermanfaat untuk menjaga supaya kualitasnya nanti terjaga dengan baik. Jangan anti terhadap saran dan kritik yang diberikan oleh pengguna. Perbaikan-perbaikan memang perlu untuk terus dilakukan agar layanan terhadap pengguna dapat dilakukan secara maksimal.

Tips Kelima: Kalkulasi, Berapa biaya yang Anda butuhkan dalam membuat startup?

Dalam berbisnis atau merintis suatu usaha/perusahaan di bidang apapun, kekuatan modal adalah salah satu hal penting yang mempengaruhi. Tidak terkecuali dengan digital startup. Biaya-biaya ini harus Anda perhitungkan terlebih dahulu dengan rinci. Semakin rinci perencanaan biaya yang Anda buat, akan semakin baik.

Biaya-biaya tersebut misalnya meliputi biaya pembuatan, pemeliharaan, promosi, serta gaji karyawan (untuk perusahaan). Sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu seberapa banyak modal yang Anda miliki sebelum membuat startup digital. Apakah mencukupi ataukah tidak.

Biaya untuk membuat suatu startup digital tentu bervariasi, tergantung bentuk dan tingkat  kualitas yang diinginkan. Secara umum dapat dikatakan, semakin canggih yang ingin Anda buat, maka semakin besar dana yang Anda perlukan.

Terlebih lagi jika Anda tidak membuatnya sendiri, melainkan dengan jasa konsultasi pembuatan startup, yang tentu saja hal tersebut memerlukan biaya lebih untuk membayarnya.

Anda harus sebijak mungkin dalam menentukan seberapa besar dana yang akan Anda keluarkan. Usahakan untuk mengeluarkan biaya seefektif mungkin. Namun bukan berarti itu harus selalu seiirit mungkin. Yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa menjaga kualitas startup Anda.

Jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih jika memang itu baik untuk investasi startup yang sedang Anda kembangkan. Setidaknya, produk yang dikeluarkannya nanti memiliki kualitas yang cukup bagus. Dan jika masih dirasa belum puas,  Anda dapat melakukan perbaikan-perbaikan secara perlahan sembari menjalankan usaha Anda tersebut.

Baca Juga: Media Sosial Facebook: Akankah Menjadi Raja di Tahun 2017?

Tips Keenam: Tentukan Pasar, Siapa target penjualan Anda?

Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kemasan serta teknik promosi startup digital Anda. Anda harus jeli dalam mempromosikan karya Anda tersebut, karena akan jadi percuma apabila startup digital yang Anda kembangkan tersebut sepi peminat.

Pelajari bagaimana trik-trik promosi atau marketing, yang bisa dengan mudah Anda dapatkan baik di internet atau dari buku-buku yang membahas tentang marketing. Anda juga harus jeli dalam melihat kebutuhan pengguna, yang mungkin saja nantinya dapat menjadi peluang baru dalam mengembangkan startup digital Anda.

Dan sekali lagi, jangan anti terhadap kritik. Beberapa kritik yang membangun akan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas situs atau aplikasi yang Anda kelola.

Anda bisa menganalisa dari berbagai aspek, seperti rentang umur, jenis pekerjaan, latar belakang pendidikan, dan aspek-aspek yang lainnya. Hal tersebut perlu untuk dilakukan supaya Anda dapat memahami kondisi dan kebutuhan dari target penjualan Anda.

Tips Terakhir: Just do it!

Kunci terakhir bagi Anda yang ingin membuat startup digital adalah: just do it! Segeralah untuk mewujudkannya. Ide-ide yang brilian yang ada di benak Anda tidak akan berarti apa-apa jika tidak diwujudkan dalam bentuk nyata. Jangan takut untuk mencoba, sekalipun Anda awam dan tidak memiliki latar belakang IT, Anda tetap bisa mencobanya.

Bisnis startup digital saat ini tengah sangat berkembang, terutama di Indonesia, sehingga sayang jika Anda memiliki ide namun tidak mencoba untuk mengembangkannya. Apabila perlu, Anda bisa meminta saran dari mereka yang telah berpengalaman dalam usaha ini, sehingga hal tersebut akan semakin meningkatkan wawasan Anda.

Bekerja secara tim biasanya akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Yang terpenting adalah tetap percaya pada diri Anda dan fokus dengan yang Anda kerjakan. Semoga bermanfaat dan sukses!

tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *