Home » Gadget » Asus Zenfone 3 Deluxe: Kamera 23MP, WOW!

Asus Zenfone 3 Deluxe: Kamera 23MP, WOW!

Kamis, Februari 2nd 2017. | Gadget

Review atau Ulasan Mengenai Asus Zenphone 3 Deluxe:  Bagi sebagian orang, smartphone tidak hanya dianggap sekedar alat untuk memenuhi kebutuhan saja, akan tetapi telah dianggap sebagai sebuah karya seni yang bernilai tinggi.

Dengan berbagai desain yang mempesona, beberapa produk smartphone dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki nilai estetis yang tinggi.

Asus ZenFone 3 Deluxe adalah salah satu contoh produk yang menawarkan hal tersebut.

spesifikasi zenfone-3-deluxe

Asus Zenfone 3 Deluxe

Asus ZenFone 3 Deluxe ini seakan melanjutkan tradisi vendor Asus untuk terus membuat smartphone dengan desain yang menawan, sekaligus memiliki spesifikasi yang mengesankan.

Sebagai gadget yang sudah sangat ramai dibicarakan bahkan jauh sebelum perilisan resminya, Asus ZenFone 3 Deluxe ini nampaknya sudah cukup memenuhi ekspektasi.

Kesuksesan Asus ZenFone 2 menjadi salah satu alasan mengapa ekspektasi publik terhadap versi selanjutnya tersebut menjadi sedemikian besar.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada Asus Komputex yang diselenggarakan di Taiwan tahun 2016 yang lalu, produk ini masih terus dan terus menarik perhatian. Sepertinya kesuksesan tipe sebelumnya, yaitu Asus ZenFone 2, akan juga diraih oleh Asus ZenFone 3. Dan sejauh ini, pertanda ke arah tersebut terlihat semakin besar.

Asus ZenFone 3 Deluxe merupakan produk yang memiliki spesifikasi paling tinggi dibandingkan dua varian lain yang diperkenalkan secara bersamaan, yaitu Asus ZenFone 3 dan Asus Zenfone 3 Ultra.

Tidak hanya bermodalkan desainnya yang premium, Asus ZenFone 3 Deluxe juga menawarkan performa yang cukup menawan.

Yang paling menarik perhatian tentu saja kemampuan kamera utamanya yang sangat tinggi dan bisa dibilang yang terbaik saat ini dengan kualitas 23 MP.

Kualitas kamera yang begitu tinggi ini menjadi fitur yang paling menyedot perhatian dan melambungkan nama ZenFone 3 Deluxe ini sebagai salah satu smartphone “papan atas” yang ada saat ini.

Spesifikasi ZenFone 3 Deluxe

Tipe (Form Factor) Touch screen
Dimensi 156.4 x 77.4 x 7.5 mm
Berat 170 gram
Kapasitas Baterai 3000 mAh
Ukuran Layar 5,7 inchi
Resolusi 1080 x 1920 piksel
CPU Quad Core 2 x 2.4 GHz Kryo & 2 x 2.0 GHz Kryo)
Operating System Android 6.0 Marshmallow
Chipset Snapdragon 821 2.4 Ghz
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera Belakang 23 MP
Kamera Depan 8 MP
Tipe SIM Dual SIM
4G LTE Ya,4G LTE Cat 12/13
Fingerprint Ya

 

Desain Premium Asus Zenfone 3 Deluxe

Salah satu hal yang paling menonjol dari Asus ZenFone 3 Deluxe ini adalah desainnya yang premium.

Perancangannya dibuat dengan kelas yang tinggi, sehingga membuat penampilan luar dari gadget ini menjadi begitu “cool”.

Bodi dibuat dengan full metal, di mana hal tersebut membuat produk ini menjadi yang pertama kali dengan menggunakan desain full metal.

Bodi yang terlihat gagah dan kuat semakin memberikan kesan yang sangat mantap.

Pemakaian bahan metal ini membuat Asus ZenFone 3 Deluxe menjadi istimewa dan terlihat mewah, dengan tiga variasi warna yaitu abu-abu, perak, dan emas.

Teknologi full metal ini mungkin akan banyak digunakan pula oleh smartphone-smartphone lain di masa yang akan datang.

Layar Asus Zenfone 3 Deluxe

ZenFone 3 Deluxe memiliki ukuran layar yang cukup besar, yaitu 5,7 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Ukuran tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan pesaingnya yang lain seperti Iphone 7 Plus.

Dari segi kualitas, layar ZenFone 3 Deluxe ini memiliki kualitas full HD, dengan layar yang terlihat lebih cerah dibandingkan dengan versi sebelumnya pada Asus ZenFone 2. Keberadaan layar pun didesain secara maksimal, dengan rasionya dengan bodi yaitu sebesar 79 %.

Rasio tersebut termasuk salah satu yang terbesar dan paling efektif dibandingkan dengan smartphone lain yang kini beredar.

Layar juga telah dilengkapi dengan pelindung Gorilla Glass 4, yang akan melindunginya dari goresan-goresan ataupun benturan yang terjadi secara tidak sengaja.

Zenfone 3 Deluxe

Teknologi Fingerprint Zenfone 3 Deluxe

Invisible antenna design

Desain ini merupakan bukti nyata inovasi yang dilakukan oleh Asus.

Berbeda dengan produk-produk lain, desain posisi antena pada Asus ZenFone 3 Deluxe dirancang sedemikian rupa sehingga letaknya terkesan “tersembunyi”.

Sebelumnya, keberadaan antena  banyak dianggap mengganggu desain sebuah smartphone dan belum ada vendor yang mampu mencari solusi atas masalah tersebut. Perancangan tersebut sangat berbeda, dan sepertinya belum pernah ada pengembang lain yang melakukannya.

Keberadaan antena yang memang sangat dibutuhkan untuk menunjang performa dari suatu smartphone, coba dikemas dengan baik pada Asus ZenFone 3 Deluxe ini sehingga performa perangkat ini dapat tetap berjalan baik sekaligus dari sisi desain keberadaan antena tidak akan mempengaruhi estetika dari produk tersebut.

(Baca: Review Lengkap Nokia 6: Spesifikasi, Fitur, Harga, Kelemahan )

Keberadaan teknologi invisible antenna design ini semakin memperkuat citra ZenFone 3 Deluxe sebagai produk smartphone dengan desain terbaik yang ada di tahun ini.

Pengemasannya pun tidak dilakukan dengan sembarangan. Dibuat dengan mesin berteknologi tinggi dan ketelitian tinggi, membuat tampilan luar dari ZenFone 3 Deluxe ini menjadi nyaris sempurna.

Kekuatan kamera yang luar biasa

Tentu tidak akan lengkap rasanya bila kita berbicara soal Zenfone 3 Deluxe tanpa juga mengulas tentang kemampuan kameranya.

Ya, Asus dengan berani mengembangkan teknologi kamera pada Asus ZenFone 3 Deluxe ini dengan kekuatan 23 MP pada kamera belakangnya.

Kemampuan kamera yang luar biasa ini menjadikannya sebagai kamera smartphone terbaik yang ada saat ini. Dengan kualitas wahid tersebut, foto yang dihasilkan akan nampak lebih nyata dan lebih tajam.

Bagi Anda yang menyukai fotografi, kemampuan spesial Asus ZenFone 3 ini akan menawarkan pengalaman yang menarik untuk Anda coba.

Kamera dengan spesifikasi tersebut akan sangat baik untuk mengambil gambar di outdoor atau di luar lapangan.

Dengan dilengkapi oleh 20 jenis mode kamera yang berbeda, hobi fotografi Anda akan cukup tersalurkan dengan baik oleh gadget yang satu ini.

Selain untuk mengambil foto, kemampuan kamera ZenFone 3 Deluxe juga sangat baik untuk perekaman video. Perekaman tersebut dapat diatur dengan kualitas tertentu sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan kamera pada ponsel pintar ini dapat menjadi salah satu alternatif para fotografer untuk mengambil gambar outdoor dengan peralatan yang lebih praktis dan mudah untuk dibawa.

Fitur penunjang lain

Zenfone 3 Deluxe ini menggunakan sistem operasi berupa Android 6.0 Marshmallow.

Selain itu, perangkat pintar ini memiliki kekuatan RAM mencapai 6 GB, yang lagi-lagi merupakan angka terbaik yang pernah ada pada suatu smartphone.

Ditambah lagi dengan kapasitas memori internal yang mencapai 64 GB, produk ini jelas memberikan keleluasaan pada Anda untuk melakukan berbagai macam aktivitas dengan cepat dan lancar. Fitur 4G LTE Cat 12/13 yang sudah tersedia pada perangkat ini akan membuat aktivitas berselancar Anda di dunia maya menjadi semakin nyaman.

Bagi anda yang suka untuk menonton film ataupun bermain game-game HD pada ponsel pintar Anda, ZenFone Deluxe 3 adalah salah satu smartphone terbaik yang bisa Anda pilih.

Dengan ukuran layar sebesar 5,7 inchi berkualitas HD dan ditunjang dengan chipset  Snapdragon 821 2.4 Ghz, performa produk ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sebagai informasi tambahan, ZenFone Deluxe 3 adalah perangkat android pertama yang menggunakan teknologi Sanpdragon 821.

Dengan teknologi tercanggih yang tertanam didalamnya, game-game kualitas HD akan dapat dijalankan secara lancar dengan kualitas yang maksimal.

Fingerprint dan Baterai

Kelebihan lain yang dimiliki ZenFone 3 Deluxe ini adalah fitur keamanannya yang telah dilengkapi dengan fitur fingerprint, sehingga akan membuat Anda cukup aman untuk menyimpan foto atau dokumen-dokumen penting Anda pada perangkat ini.

Kelebihan fitur fingerprint yang ada pada ZenFone 3 Deluxe ini yaitu kecepatan deteksinya, yang diklaim hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 0.2 detik saja.

Smartphone yang baik tentu harus ditunjang dengan kemampuan baterai yang baik pula.

ZenFone 3 Deluxe ini dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas 3000 mAh.

Untuk kecepatannya dalam pengisian ulangnya, produk ini telah memiliki kemampuan fast charging dengan teknologi Quick Charge 3.0. Dengan kemampuan tersebut, ZenFone 3 Deluxe ini memiliki kecepatan pengisian ulang baterai hingga 60 % hanya dalam waktu 30 menit saja.

Apa kelemahan zenfone 3 deluxe ?

Meskipun menuai banyak pujian dan nilai yang tinggi dari berbagai kalangan, masih terdapat beberapa catatan yang bisa disebut sebagai kelemahan yang ada pada ZenFone 3 Deluxe ini.

Keyboard bawaan yang ada pada produk ini menjadi salah satu diantaranya.

Meskipun secara umum tidak menjadi masalah yang mengganggu, namun sepertinya masih dirasa kurang maksimal untuk menunjang produk yang berlabel premium seperti ZenFone  Deluxe.

Aplikasi bawaan juga menjadi sorotan. Jumlah aplikasi yang ada dianggap terlalu banyak, yang sebagian besar diantaranya banyak yang menganggap tidak terlalu berguna.

(Baca: Ulasan Apple Watch 2: Harga, Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan)

Tentu tidak semuanya, tetapi aplikasi-aplikasi seperti Laser Ruler, Do it Later, atau MiniMovie, dianggap tidak terlalu penting, meskipun sebenarnya hal tersebut tergantung dari subyektivitas penggunanya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dapat di non aktifkan sementara jika memang dirasa tidak terlalu bermanfaat.

Baterai yang tidak dapat dilepas mungkin juga dapat menjadi masalah pada beberapa momen. Kapasitas baterai juga dinilai masih terlalu pas-pasan.

Walau sebenarnya kapasitas 3000 mAh sudah cukup diatas rata-rata dari baterai smartphone pada umumnya, namun kapasitas tersebut masih dirasa terlalu kecil untuk ZenFone 3 Deluxe yang memiliki kebutuhan daya yang besar karena teknologi tinggi yang dimilikinya.

Kemampuan baterai yang dianggap kurang tersebut cukup tertolong dengan adanya kemampuan fast charging, sehingga kelemahan ini bisa sedikit tertutupi dan tidak terlalu menjadi masalah.

Kesimpulan

Zenfone 3 Delux mungkin akan menjadi salah satu smartphone yang akan menarik perhatian cukup banyak sepanjang tahun ini.

Dengan desain dan kemampuannya yang luar biasa, produk ini memiliki daya tarik yang cukup besar untuk  para calon pembeli. Beberapa fitur dengan kualitas nomor satu membuat smartphone-smartphone lain harus berusaha lebih keras untuk mencoba menyaingi produk Asus ini.

Kabar yang beredar menunjukkan bahwa saat ini permintaan pasar akan ZenFone 3 Deluxe ini memiliki angka yang cukup tinggi, dan masih terus dapat meningkat dalam beberapa bulan ini.

Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa memang gadget premium ini cukup mampu untuk memuaskan keinginan para pengguna smartphone, khususnya untuk golongan menengah keatas.

 

tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *