Home » Aplikasi » Aplikasi Telegram Versi Terbaru, Apa Kelebihan dan Fiturnya?

Aplikasi Telegram Versi Terbaru, Apa Kelebihan dan Fiturnya?

Rabu, Februari 15th 2017. | Aplikasi

Telegram adalah salah satu jenis aplikasi chatting yang ada saat ini.

Dibandingkan dengan aplikasi chatting yang lain, seperti Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp (WA), atau Line, nampaknya Telegram masih belum begitu populer.

Namun aplikasi ini kedepannya cukup menjajikan untuk berkembang. Bahkan oleh sejumlah pengamat IT digadang-gadang bakal menyaingi aplikasi Watsapp.

Nah, sudahkah anda mencoba aplikasi telegram ini?

Atau jangan-jangan anda bahkan belum mengetahuinya sama sekali, so mari simak ulasan lengkap mengenai Telegram versi terbaru berikut ini.

Apliksi Telegram

Apliksi Telegram

Tentang Telegram

Telegram merupakan aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan secara aman, mudah, cepat, dan apabila diinginkan dapat bersifat rahasia.

Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lainnya, yang memang dikhususkan sebagai sarana untuk para penggunanya berkomunikasi satu sama lain, atau bertukar beberapa jenis file misalnya foto, dokumen pdf, video, dan sebagainya.

Saat ini Telegram disebut-sebut sebagai aplikasi chatting yang menjadi pesaing utama Whatsapp, yang sudah lebih dulu populer dan digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

Bahkan beberapa menyebutkan bahwa Telegram lebih banyak memiliki kelebihan dibandingkan Whatsapp dan tinggal menunggu waktu saja untuk “mengalahkan” Whatsapp.

Hal tersebut bukan hanya isapan jempol belaka. Pengguna Telegram yang semakin lama semakin bertambah, dengan grafik kenaikan yang semakin positif, memperlihatkan bahwa Telegram memang bukanlah aplikasi chatting yang dapat dianggap sebelah mata.

Telegram sendiri memiliki beberapa kelebihan, misalnya kecepatan pengiriman pesan, aplikasinya yang ringan, dan fitur privatnya yang dapat menjaga kerahasiaan suatu pembicaraan.

(Baca: Ini Dia, 5 Alat Canggih nan Pintar Masa Kini)

Di tahun ini, Telegram kembali memperbarui aplikasinya dengan versi 3.16.1. Versi baru, tentu menawarkan hal-hal baru pula didalamnya.

Hal tersebut biasanya berhubungan dengan misalnya tampilan atau desain antar muka, penambahan fitur, peningkatan performa, dan lain sebagainya.

Apa saja yang baru yang dapat dirasakan pada versi terbaru ini? berikut ini kami sajikan beberapa penjelasannya.

Menghapus pesan yang baru saja terkirim

Hal ini beberapa kali menjadi masalah bagi sebagian orang.

Mungkin beberapa saat setelah Anda mengetik dan kemudian mengirimkan pesan pada teman, Anda lalu merasa sepertinya pesan yang Anda kirim tersebut sebenarnya tidak terlalu penting atau tidak bermanfaat.

Atau bisa juga Anda melakukan salah kirim, yang harusnya dikirim ke teman A malah terkirim ke teman B misalnya. Tentu hal tersebut akan menjadi percuma dan sebaiknya segera Anda hapus.

Telegram versi terbaru memiliki solusi untuk masalah ini.

Fitur Hapus Pesan Telegram

Fitur Hapus Pesan Telegram

 

Fitur terbaru dari aplikasi berlogo pesawat kertas ini memungkinkan Anda untuk menghapus pesan yang baru saja Anda kirim.

Tidak hanya menghapusnya dari perangkat Anda, tapi juga menghapus pesan tersebut pada perangkat si penerima pesan tersebut.

Fitur ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, karena pada aplikasi chatting lainnya (seperti blackberry messenger) hal seperti ini sudah lama tersedia.

Namun dengan adanya fitur ini, tentu akan semakin menambah kenyamanan para pengguna aplikasi Telegram.

Tambahan pengaturan “data and storage” pada setting

Pada umumnya, kegiatan chatting tidaklah terlalu banyak menghabiskan biaya atau data.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda dapat begitu saja meremehkannya. Apalagi jika kuota data Anda sedang menipis, tentu penggunaan data Anda harus dikontrol sebaik mungkin.

Telegram versi 3.16.1 memberikan Anda keleluasaan untuk dapat mengetahui berapa jumlah data yang telah Anda habiskan untuk aktivitas chatting pada aplikasi ini.

Hal ini akan sangat berguna bagi khususnya bagi Anda yang memiliki aturan ketat soal penggunaan data pada gadget Anda.

Selain itu, Telegram juga memberikan informasi soal berapa jumlah berkas-berkas yang telah tersimpan.

Berkas-berkas ataupun riwayat chat Anda yang sudah banyak dan menumpuk akan menyebabkan ruang pada memori Anda menjadi semakin berkurang.

Data Storage Telegram

Data Storage Telegram

Keberadaan fitur “data and storage” ini akan memudahkan Anda untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk mulai membersihkan berkas-berkas lama yang tersimpan pada aplikasi ini.

Statistik akan disajikan dengan menarik dan dan sederhana, sehingga akan dengan sangat mudah untuk dibaca.

Anda dapat mengakses fitur ini di bagian “setting”, lalu pilih “data and storage”.

Kemampuan mengingat posisi scroll saat terjadi pergantian chat

Hal ini akan memudahkan Anda untuk mencari riwayat chatting atau percakapan yang Anda lakukan bersama teman Anda.

Biasanya, Anda melakukan percakapan tidak hanya dengan seorang teman saja, tetapi bisa dua, tiga, empat, atau bahkan lebih.

Hal ini membuat Anda jadi memiliki tab percakapan yang banyak. Atau bisa jadi malah terlalu banyak.

Belum lagi jika Anda memiliki grup-grip chatting dengan intensitas percakapan yang tinggi.

Obrolan yang banyak mungkin membuat Anda bingung. Ketika Anda harus keluar dari satu obrolan dan membuka obrolan yang lain, mungkin hal ini dapat menyulitkan.

(Baca: Konsep Cerdas Tablet Samsung Layarnya Bisa Digulung & Dilipat)

Fitur baru ini akan membuat posisi scroll pada suatu percakapan akan tetap berada pada posisi terakhir saat Anda meninggalkan obrolan tersebut.

Entah itu pesan terakhir yang Anda kirimkan, pesan terbaru dari teman Anda, ataupun pesan-pesan lama yang sedang Anda baca kembali karena suatu kepentingan.

Tampilan Scroll Banyak Chat

Tampilan Scroll Banyak Chat

Hal ini membuat Anda tidak perlu susah-susah untuk melakukan scrolling secara manual untuk menemukan posisi terakhir obrolan Anda pada suatu chat.

Scrolling secara manual, atau mencari sendiri pesan yang ingin dibaca sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Namun, tentu akan terasa lebih praktis apabila hal tersebut bisa di set dengan otomatis, sehingga tidak akan membuat Anda membuang-buang waktu untuk melakukannya.

Terlebih jika pesan yang sedang dibaca adalah pesan-pesan seminggu atau sebulan yang lalu, yang sudah “tertimbun” oleh pesan-pesan yang lebih baru.

Kemampuan mengingat ini khususnya akan dirasakan manfaatnya bagi Anda yang memiliki grup chatting dengan jumlah anggota yang banyak di Telegram ini.

Karena biasanya, obrolan yang terjadi pada grup dengan jumlah anggota yang besar, percakapan antar anggotanya terjadi dengan sangat aktif.

Tentu dengan posisi scroll yang tetap seperti terkahir Anda mengakses, akan lebih memudahkan Anda untuk mengikuti terjadinya percakapan dalam grup tersebut.

Dan kemudian membacanya satu persatu sesuai dengan urutan pesan terakhir yang Anda baca.

Menambahkan tanggal pada bagian atas dari screen

Pada beberapa kasus, informasi mengenai kapan suatu percakapan dilakukan menjadi hal yang penting untuk diketahui.

Karena mungkin saja pesan yang diterima tersebut memiliki informasi yang cukup penting.

Dan kejelasan tanggal terjadinya percakapan menjadi hal yang perlu untuk diketahui.

Pada versi sebelumnya, sebenarnya Telegram telah memberikan informasi tanggal percakapan di setiap pergantian hari.

Tampilan Update Tanggal

Tampilan Update Tanggal

Tanggal tersebut muncul sebelum pesan pertama yang Anda kirim ataupun pesan yang Anda terima di hari tersebut.

Untuk lebih memudahkan penggunanya, pada versi terbarunya ini Telegram menambahkan tanggal pada bagian atas dari screen. (Lihat gambar diatas, Tanggal ditunjuk oleh panah merah)

Sehingga, setiap Anda membuka percakapan/melakukan scrolling riwayat percakapan Anda, secara otomatis informasi tanggal dilakukannya percakapan tersebut akan muncul pada bagian atas.

Fitur ini memang mirip seperti yang dilakukan Whatsapp.

Tapi itu bukan menjadi masalah berarti. Karena yang terpenting, Telegram membuat dirinya menjadi lebih memudahkan bagi para pengguna setianya dengan fitur ini.

Menampilkan file terakhir yang di download

Seperti pada umumnya aplikasi chatting, Telegram juga dapat dipakai untuk saling berbagi informasi antar penggunanya, misalnya dokumen, video, dan foto.

Hal ini menjadi salah satu keunggulan Telegram dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya.

Berbeda dengan BBM ataupun Whatsapp yang membatasi penggunanya untuk megirim file dengan ukuran tertentu, Telegram lebih memberikan keleluasaan.

Contohnya silahkan lihat gambar dibawah ini, ( file gambar 2,2 MB dilampirkan)

Tampilan Berbagi File Telegram

Tampilan Berbagi File Telegram

Ukuran file yang dapat dikirm via Telegram lebih besar, dengan kecepatan pengiriman dan pengunduhan lebih cepat.

Untuk mendapatkan file yang dikirimkan tersebut, tentu Anda harus melakukan download atau mengunduh file tersebut dari perangkat Anda.

Hanya terkadang, pada beberapa kasus, file hasil unduhan tersebut tidak tersimpan dengan baik. Atau bisa jadi lupa di folder mana file tersebut disimpan.

Untuk mempermudah penggunanya mengetahui riwayat file yang diunduhnya, Telegram pada versi terbaru ini akan menampilkan file terakhir yang diunduh lewat aplikasi tersebut.

(Baca: Game Android Offline Terbaik dan Populer Saat Ini)

File tersebut akan ditampilkan riwayatnya, dan akan tersusun berdasarkan tanggal pengirimannya.

File yang terbaru akan ditampilkan paling awal. Hal tersebut akan memudahkan Anda yang mungkin sedang mencari file atau dokumen penting yang telah Anda download sebelumnya melalui Telegram.

Melaporkan spam dari chat rahasia (secret chats)

Chat rahasia atau secret chats adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh Telegram.

Kerahasiaan obrolan mmelalui fitur ini sudah sangat teruji.

Chat rahasia yang dilakukan melalui Telegram diklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi chatting yang lainnya.

Sehinga, Anda tidak perlu khawatir percakapan Anda dengan teman Anda akan diketahui oleh pihak ketiga.

Namun demikian, bukan berarti chat rahasia yang ada pada aplikasi ini tidak memiliki kekurangan.

Sifatnya yang rahasia juga menyebakan adanya kerentanan atau bahaya ketika melakukan suatu percakapan.

Tampilan Secret Chat Telegram

Tampilan Secret Chat Telegram

Walaupun sifatnya yang rahasia, chat yang dilakukan juga tetap tidak bisa bebas dari ancaman spam.

Ya, spam memang bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Sehingga kewsapadaan pun harus tetap dijaga. Tidak terkecuali pada obrolan rahasai yang Anda lakukan.

Untuk meningkatkan keamanan para penggunanya dalam melakukan chatting, khususnya yang dilakukan rahasia, saat ini Telegram telah menyediakan opsi untuk melaporkan spam yang diterima.

Pelaporan ini bertujuan untuk melindungi para pengguna Telegram dari ancaman spam dan sejenisnya.

Opsi ini akan membuat penggunanya semakin nyaman dan merasa aman dalam melakukan percakapan via Telegram.

Bukan hanya aman terkait kerahasiaan percakapan, tetapi juga aman dari adanya spam yang masuk ke perangkat Anda.

Setidaknya opsi pelaporan ini dapat menjadi salah satu tindakan yang bisa diambil, andai spam benar-benar ditemukan.

Mengirimkan secara langsung gambar/stiker dari Gboard

Percakapan akan menjadi lebih hidup apabila disertai dengan gambar-gambar lucu ataupun stiker.

Emosi dan ekspresi-ekspresi khas lain akan membuat percakapan makin seru dan bermakna.

Telegram memiliki beberapa stiker yang disediakan secara gratis untuk para penggunanya.

Stiker-stiker tersebut biasanya diupdate setiap bulannya, dengan pilihan stiker yang beragam dan dapat bebas diunduh oleh para penggunanya.

Pada Telegram versi terbaru, Anda dapat mengirimkan stiker dengan lebih mudah. Kepraktisan dalam mengirim stiker turut diperhatikan oleh Telegram pada versi terbarunya ini.

Contoh Stiker Telegram

Contoh Stiker Telegram

Tidak perlu repot-repot untuk mencari-cari mana stiker yang pas, sekarang Anda dapat mengirimkan secara langsung gambar/stiker langsung dari Gboard.

Stiker akan langsung tampil disesuaikan dengan emoticon yang dipilih, dan tinggal Anda pilih mana yang paling menarik untuk Anda gunakan.

Percakapan Anda akan menjadi lebih menyenangkan bukan? Bagaimaana tertarik untuk mengupdate atau mendownload versi terbaru telegram ini? Semoga bermanfaat.

tags: , ,

Komentar ditutup.