Home » Aplikasi » Aplikasi Presentasi Keren Selain Powerpoint

Aplikasi Presentasi Keren Selain Powerpoint

Sabtu, April 8th 2017. | Aplikasi

Melakukan presentasi menjadi hal yang sangat lumrah, terutama bagi para mahasiswa maupun pekerja kantoran.

Hampir di setiap minggu, tugas dan pekerjaan yang dilakukan harus diolah untuk menjadi sebuah bahan yang dipresentasikan baik kepada atasan, rekanan kerja, dosen, atau guru sekolah.

Untungnya, kemajuan teknologi telah mempermudah hal tersebut untuk dilakukan. Performa yang apik dalam berbicara di depan orang banyak tidak akan maksimal jika bahan yang disajikan dalam bentuk presentasi tidak ditampilkan dengan baik.

Baca Juga:

Pada umumnya, orang-orang memakai Microsoft PowerPoint sebagai software untuk membuat sebuah slide presentasi. Hal tersebut dikarenakan tools ini sudah dirasa familiar dan mudah untuk dipahami.

Masalahnya, hal ini bisa jadi membuat sebuah slide presentasi menjadi membosankan, karena tampilan yang itu-itu saja dengan PowerPoint. Padahal saat ini sebenarnya telah banyak dikembangkan software presentasi, baik yang bersifat online maupun offline.

Buat Anda yang muali berpikir untuk mencari cara lain untuk membuat slide presentasi Anda menarik dan berbeda dari yang lain, berikut ini kami tampilkan beberapa software presentasi yang mungkin layak untuk Anda coba.

Aplikasi Presentasi Ketiga: Visme

Mungkin situs yang satu ini belum banyak dikenal di Indonesia, tapi Visme merupakan salah satu presentation tools yang cukup populer di dunia.

Hal tersebut terbukti dengan jumlah pemakainya yang berjumlah ratusan ribu. Jumlah presentasi yang telah dibuat di Visme tercatat telah lebih dari 900 ribu presentasi.

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint VISME

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint VISME

Visme dilengkapi dengan berbagai fitur yang praktis dan sederhana untuk menerjemahkan ide kreator menjadi sebuah konten menarik dan bermanfaat. Tahapan-tahapannya juga mudah dipahami, sehinga jauh dari kesan ribet.

Dengan bantuan fitur-fiturnya, Anda dapat membuat penyajian data ditampilkan dengan infografis yang menarik, dan mudah untuk dipahami para audiens. Visme bisa jadi salah satu alternatif selain PowerPoint.

Seperti yang sudah disinggung di awal, Visme sudah dipakai oleh banyak orang dan setidaknya telah dipakai oleh pengguna di 50 negara yang berbeda, termasuk Indonesia.

Fitur desain yang disediakan cukup memukau, membuat slide presentasi Anda terkesan lebih profesional. Hasil file presentasi yang dibuat juga dapat dipresentasikan online maupun offline, sehingga fleksibel untuk digunakan di manapun dan kapan pun.

Terdapat pula fitur privacy control, sehingga konten yang di buat dapat bersifat privat, publik. Atau Anda juga dapat memilih untuk membagikannya kepada orang-orang tertentu saja dengan pengamanan menggunakan password yang telah disepakati bersama.

Visem mempunyai ratusan font,  jutaan gambar gratis, ribuan ikon berkualitas untuk penggunanya. Bagi Anda yang ingin menampilkan file dalam format lain, hal tersebut juga diakomodasi. Anda dapat dengan mudah menambahkan file video maupun audio pada slide presentasi.

Lebih jauh lagi, file presentasi dapat dibagikan atau dipublikasikan dalam bentuk URL, pada sosial media, pada situs, atau di download untuk penggunaan offline.

Aplikasi Presentasi Kedua: Canva

Tools pembuat presentasi selanjutnya yaitu Canva. Tools ini merupakan salah satu pilihan yang oke bagi Anda yang ingin membuat slide presentasi Anda nampak elegan.

Canva mempunyai ratusan layout desain yang menarik. Layout-layout tersebut dapat dipakai untuk membuat tampilan masing-masing slide nampak unik dan berkesan.

Untuk pilihan temanya sendiri terdiri dari berbagai macam topik. Mulai dari bisnis, pendidikan, olahraga, alam, musik, dan masih banyak tema-tema yang lain. Tema tersebut dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhannya masing-masing.

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint CANVA

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint CANVA

Selain itu, Canva juga menyediakan berbagai macam gambar, font, dan warna, yang semakin memperkaya pilihan untuk mempercantik slide presentasi buatan Anda.

Canva punya koleksi jutaan foto, grafik, dan ilustrasi. Piluihan font pun cukup banyak, yaitu sebanyak 130 font. Dan bagi Anda yang sedang kering ide, Canva punya koleksi beberapa contoh slide presentasi sebagai sumber inspirasi.

Pembuatan slide presentasi dilakukan secara secara online pada situsnya. Slide presentasi yang dihasilkan kemudian dapat Anda simpan dan bagikan ke teman-teman atau rekan kerja Anda dengan mudah.

Canva tersedia secara gratis. Anda cukup membuat akun terlebih dahulu pada halamannya untuk memulai membuat slide presentasi.

Aplikasi Presentasi Ketiga: Prezi

Mungkin Anda pernah mendengar tools presentasi ini sebelumnya. Ya, Prezi adalah salah satu alat presentasi yang semakin populer beberapa tahun belakangan. Tampilannya yang menarik serta kemudahannya untuk diakses menjadi beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Prezi.

Pembuatan slide presentasi dengan Prezi dapat dilakukan secara online maupun offline, tergantung dari versi mana yang Anda gunakan. Meskipun pembuatan presentasi Prezi secara online lebih populer, karena dianggap lebih mudah dan praktis.

Dengan aplikasi yang satu ini, Anda akan membuat sebuah presentasi dengan teknik zooming. Teknik ini membuat teks presentasi yang dibuat dapat di zoom in atau di zoom out sesuai dengan keinginan.

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint PREZI

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint PREZI

Teknik zooming ini merupakan ciri khas dari Prezi, dan membedakannya dengan software presentasi yang lain. Teknik ini membuat slide presentasi terkesan dinamis, dan pergeseran antar slide jadi terlihat mengesankan.

File presentasi yang telah Anda buat di Prezi dapat diunduh dan dipresentasikn secara offline. Dalam proses pembuatannya, Anda dapat melibatkan beberapa orang dengan membuat sebuah kelompok kerja, di mana masing-masing anggota kelompok dapat mengedit slide tersebut.

Anda juga dapat dengan mudah membagikan file presentasi Prezi ini kepada rekan Anda, yaitu tinggal mengkopi URL dari file presentasi yang telah Anda buat tersebut.

Prezi sendiri tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk mendapatkan lebih banyak template, gambar, dan fitur menarik lainnya, versi berbayar akan memberikan pilihan yang lebih baik jika dibandingkan dengan yang gratis. Walaupun sebenarnya untuk pemakaian normal versi gratis pun sebenarnya sudah lebih dari cukup.

Aplikasi Presentasi Keempat: PowToon

Buat Anda yang ingin membuat slide presentasi yang berbeda dari biasanya, PowToon layak untuk dicoba. PowToon merupakan sebuah tools yang membantu Anda membuat video animasi dan presentasi.

Layanan PowToon dapat dipakai secara gratis, jadi tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Kebanyakan, presentasi dilakukan dengan menampilkan slide demi slide yang mungkin dirasa membosankan.

Dengan PowToon, presentasi akan disajikan dengan bentuk video, dan diberikan animasi-animasi menarik di dalamnya. hal ini akan membuat file presentasi Anda nampak unik dan membuat audiens Anda menjadi lebih antusias.

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint POWTOON

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint POWTOON

Kesan unik ini dapat menarik perhatian merkea karena berbeda dengan slide presentasi yang biasa mereka lihat. Tentu ini akan menjadi nilai plus buat Anda sebagai seorang penampil. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan kegiatan bisnis yang sedang Anda atau perusahaan Anda lakukan.

Membuat sebuah presentasi dalam bentuk video memang belum banyak dilakukan. Hal tersebut terjadi karena membuat video dirasa sulit bagi sebagian orang, apalagi yang memang tidak memiliki kemampuan multimedia yang baik.

Namun, dengan kehadiran PowToon, semua itu dapat dilakukan dengan lebih mudah. Videodibuat dengan mudah dan sederhana, sehingga mudah dilakukan siapa saja.

Untul lebih memudahkan. PowToon memiliki koleksi template yang telah siap digunakan, dengan kualitas yang baik, sehingga siap untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Pembuatan file presentasi dilakukan dengan sistem drag and drop sehingga Anda tidak akan kesulitan. Bahkan mungkin menjadi hal yang mengasyikkan.

Proses pembuatannya semudah membuat slide menggunakan PowerPoint. PowToon juga menyediakan tutorial jika memang dibutuhkan.

Aplikasi Presentasi Kelima: Haiku Deck

Software presentasi yang satu ini berupa template based platform. Haiku Deck membuat Anda mudah membuat sebuah slide presentasi yang elegan dan jauh dari kesan asal-asalan.

Haiku Deck memiliki lebih dari 35 jenis template yang siap untuk digunakan, serta mempunyai 35 juta stok foto. Hal ini akan sangat menunjang Anda untuk berkreasi dengan slide presentasi Anda.

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint HAIKU DECK

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint HAIKU DECK

Tahapan-tahapan pembuatannya pun cukup mudah, karena tidak jauh berbeda dengan pembuatan pada software presentasi umum lainnya. Misalnya dengan tahapan-tahapan pembuatan pada PowerPoint, di mana perintah dan fitur yang dihadirkan cukip mirip dengan tools pembuat presentasi sejuta umat tersebut.

Kondisi tersebut membuat Anda tidak perlu berlama-lama beradaptasi dan mempelajari cara kerja Haiku Deck, sehingga proses pembuatannya dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Situs pembuat presentasi online ini cukup direkomendasikan utuuk Anda gunakan, walau sayangnya proses pembuatannya belum dapat dilakukan secara offline.

Aplikasi Presentasi Keenam: SlideDog

Software presentasi SlideDog dapat diunduh secara gratis dengan ukuran fike yang tidak begitu besar. SlideDog ini akan membantu Anda untuk melakukan presentasi dengan baik.

Dengan software ini, Anda dapat membuat dokumen, presentasi, gambar, atau video berada pada satu tempat dan ditampilkan sebagai sebuah rangkaian secara bersamaan seperti sebuah playlist.

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint SLIDE DOG

Aplikasi Presentasi Selain Powerpoint SLIDE DOG

Hal ini akan membuat Anda lebih simpel dalam menyiapkan bahan presentasi, karena tidak perlu repot-repot memasukkan file yang ingin ditampilkan tersebut ke dalam satu bentuk saja (misalnya dalam PowerPoint saja).

Anda hanya perlu untuk merangkai dan menyimpan file-file tersebut dalam satu folder yang sama, lalu mengatur urutan fileyang akan ditampilkan sat presentasi. Dengan SlideDog, file-file seperti Prezi, PowerPoint,video, dapat dirangkai menjadi satu rangkaian dan ditampilkan sebagai satu kesatuan.

Denga cara ini, maka transisi antar file yang ditampilkan menjadi lebih halus dan tidak jauh berbeda seperti slide presentasi pada umumnya. Yang tentu bisa Anda buat dengan cara yang lebih simpel dibandingkan cara biasa.

 

tags: ,

Komentar ditutup.