Home » Aplikasi » 8 Aplikasi Android Ini Bisa Membantumu Dapat Pekerjaan Impian

8 Aplikasi Android Ini Bisa Membantumu Dapat Pekerjaan Impian

Kamis, Januari 26th 2017. | Aplikasi

Perkembangan teknologi (Khususnya Aplikasi Android) telah memberikan manfaat untuk banyak orang. Banyak kemudahan-kemudahan yang dapat dirasakan berkat kemajuan teknologi.

Gadget dengan aplikasi androidnya menjadi salah salah satu produk yang mengalami perkembangan cukup signifikan.

Munculnya berbagai macam smartphone dengan fitur-fiturnya membuat beberapa hal dapat dilakukan dengan lebih mudah. Beberapa aplikasi khususnya aplikasi android yang terdapat pada telepon pintar tersebut juga semakin beragam, dengan berbagai macam fungsinya untuk  berbagai macam aktivitas.

Hal tersebut diatas tidak terkecuali dirasakan oleh mereka yang sedang mencari kerja. Untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan, tentu diperlukan berbagai macam persiapan serta informasi yang memadai.

Saat ini telah banyak beredar berbagai macam aplikasi yang ditujukan untuk para pencari kerja. Berikut ini akan diulas beberapa aplikasi android yang dapat  diunduh secara gratis dan membantu Anda untuk meraih pekerjaan impian Anda.

 

  1. Aplikasi Android JobStreet Untuk Mencari Lowongan Kerja

JobStreet adalah salah satu situs lowongan kerja yang cukup populer dan telah memiliki versi mobile nya untuk memudahkan akses bagi para para pencari kerja. Dalam aplikasi ini, Anda dapat menemukan berbagai macam lowongan kerja dari berbagai macam bidang, misalnya bidang hukum, manajemen, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya. Lowongan pekerjaan yang tersedia di sini cukup lengkap dan update, sehingga Anda akan menemukan lowongan pekerjaan terbaru dari berbagai macam bidang setiap harinya.

Keunggulan dari JobStreet dibandingkan kompetitor lainya yaitu keamanannya yang cukup baik, sehingga para pencari kerja tidak perlu terlalu was-was terhadap adanya penipuan

Anda cukup mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mengakses lowongan perkerjaan yang ada di dalamnya. Anda juga dapat langsung melamar pekerjaan tersebut, apabila memang menemukan pekerjaan yang sekiranya cocok dengan yang diinginkan. Anda juga dapat menunggah CV (curriculum vitae) dan memasukkan ke dalam profil Anda yang bisa Anda buat semenarik mungkin untuk dilihat oleh perusahaan tujuan Anda.  Sejauh ini aplikasi jobstreet telah didownload oleh sekitar satu juta pengguna.

aplikasi lowongan kerja

      aplikasi lowongan kerja jobstreet

  1. Aplikasi HR Interview Preparation Guide Untuk Belajar Interview

Apakah Anda masih kurang percaya diri untuk menghadapi interview kerja?

Aplikasi ini mungkin berguna untuk Anda. HR Interview Preparation Guide adalah “aplikasi pembelajaran” untuk melatih kemampuan Anda untuk menghadapi interview kerja.

Aplikasi yang dikembangkan oleh MadGuy Education Labs ini berisi beberapa hal yang berkaitan dengan interview kerja. Beberapa pertanyaan yang seringkali muncul saat wawancara dimunculkan beserta dengan beberapa opsi jawabannya.

Tampilan aplikasi ini dapat dikatakan cukup sederhana dan memiliki ukuran file yang relatif kecil, sehingga tidak butuh waktu yang lama untuk mendownloadnya.

Topik-topik interview yang dibahas pada aplikasi ini cukup lengkap dengan jumlah kurang lebih 100 topik. Meliputi berbagai pertanyaan umum ataupun bidang-bidang khusus seperti ekonomi, manajemen, dan bisnis.

Terdapat pula beberapa pertanyaan jebakan yang biasanya dimunculkan untuk mengetes kemampuan para calon pekerja. Aplikasi ini cukup diminati dan telah mencapai jumlah pen-download sebanyak 500 ribu dowmload.

 

  1. My Resume Builder Aplikasi Untuk Membuat Resume/CV yang Bagus

Untuk menarik perhatian perusahaan yang Anda lamar, tentu Anda harus mempersiapkan segala berkas-berkas lamaran yang dibutuhkan dengan lengkap dan semenarik mungkin.

Fakta menunjukkan bahwa sebuah resume/curriculum vitae yang disajikan dengan baik dan jauh dari kata asal-asalan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk menarik perhatian perusahaan yang dilamar untuk merekrut Anda.

My Resume Builder adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda menyajikan resume dengan tampilan yang menarik

Aplikasi yang dapat Anda download secara gratis ini menawarkan sepuluh format berbeda dalam membuat sebuah resume, yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Untuk proses pengerjaannya, Anda tinggal mengikuti panduan yang telah dirancang oleh aplikasi ini dan mengisikan data yang diperlukan untuk melengkapi resume yang  dibuat. Hasilnya nanti juga dapat disimpan dalam bentuk pd.f sehingga cukup praktis bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan resume Anda. Aplikasi telah cukup populer dan telah di-download sebanyak satu juta kali.

 Baca Juga: Tips Penting Sebelum Memilih dan Membeli Laptop

 

  1. Tes Koran (Kreaplin/Pauli), Aplikasi yang sangat bagus untuk mengetes kemampuan tes

Terdapat beberapa macam jenis tes yang bisa saja muncul ketika Anda menghadapi sebuah tes tulis. Salah satunya adalah tes koran.

Tes koran, atau juga bisa disebut dengan tes kreaplin/pauli, merupakan salah satu jenis tes yang biasanya cukup memusingkan bagi sebagian peserta.

Tes ini berupa deretan angka yang tertulis pada kertas berukuran besar yang cara pengerjaannya yaitu dengan menjumlahkan angka yang tertulis dengan angka yang ada di bawahnya. Sebenarnya secara sepintas tes ini tidaklah sulit. Namun untuk beberapa orang, terutama yang tidak terlalu terbiasa berhadapan dengan angka-angka yang begitu banyak, tes jenis ini menjadi salah satu yang terkadang menyulitkan.

Aplikasi Android Tes Koran yang dikembangkan oleh Intelligence Studio ini bisa menjadi salah satu sarana untuk Anda mempersiapkan diri guna menghadapi tes kreaplin.

Dalam aplikasi ini, akan disajikan pola soal yang sama dengan saat tes kreaplin yang sebenarnya

Nantinya di akhir tes akan disajikan pula hasilnya secara detail, sehingga Anda dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan Anda dalam empat aspek, yang meliputi kecepatan kerja (panker), ketelitian kerja (tinker), keajegan kerja (janker),  dan ketahanan kerja (hanker). Aplikasi Tes Koran ini telah mencapai 10 ribu download dan masih akan terus bertambah.

aplikasi android

     aplikasi android tes koran

 

  1. Latihan Psikotes dengan Aplikasi android psikotes New Game Studio (NGS)

Berbicara mengenai tes kerja biasanya tidak jauh-jauh dari yang namanya psikotest. Ya, tes yang terdiri dari beberapa jenis ini umumnya diberikan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh apa kemampuan atau potensi dari para calon pelamar kerja.

Terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat Anda pilih sebagai sarana mempersiapkan diri menghadapi psikotes. Salah satu yang cukup sering direkomendasikan adalah aplikasi Latihan Psikotes.

Aplikasi Psikotes ini dikembangkan oleh New Game Studio (NGS), dimana didalamnya terdapat beberapa jenis psikotes yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam menyeleksi calon karyawannya seperti tes sinonim, antonim, deret angka, dsb

Ukuran unduhan yang hanya sebesar 6,59 MB tidak akan terlalu banyak menghabiskan ruang dalam gadget Anda. Hingga saat ini aplikasi Latihan Psikotes telah diunduh sebanyak 50 ribu kali. Keberadaan aplikasi ini akan sangat memudahkan Anda untuk melatih secara rutin kemampuan Anda dalam menghadapi soal psikotes. Bagi Anda yang saat ini tengah mencari pekerjaan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba aplikasi ini.

 

  1. Asah Bahasa Inggrismu dengan Aplikasi Android Hello English

Kemampuan bahasa inggris yang baik sangat diperlukan terutama jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan multi-nasional. Untuk itu, ada baiknya jika Anda melatih kemampuan bahasa inggris Anda mulai saat ini. Apalagi statistik menyebutkan, bahwa mereka yang dapat berbahasa inggris dengan baik, ternyata memiliki peluang kerja yang lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak. Minimalnya, ketika Anda diwawancarai dengan menggunakan bahasa inggris, Anda tidak akan merasa kesulitan.

Salah satu aplikasi belajar bahasa inggris yang paling direkomendasikan adalah Hello English

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang pada tahun 2016 lalu dinobatkan sebagai yang terbaik berdasarkan penilaian Google

Aplikasi ini dikembangkan oleh CultureAlley, dan telah digunakan jutaan orang untuk mempelajari bahasa inggris. Aplikasi ini dirancang khusus untuk orang Indonesia, sehingga akan sangat cocok dan mudah untuk diikuti tahapan-tahapan pembelajarannya. Fitur pembelajaran yang terdapat pada Hello English telah cukup lengkap, mulai dari speaking, writing, reading, listening, grammar, dll. Fitur-fitur pembelajaran tersebut dapat diperoleh baik secara online atau pun offline.

Hello English juga memiliki beberapa latihan khusus untuk menghadapi interview kerja yang dilakukan dalam bahasa inggris. Latihan ini akan sangat berguna khususnya bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi interview kerja dalam bahasa inggris.

Ringkas kata, Hello English adalah pilihan yang cukup tepat untuk Anda yang ingin menguasai bahasa inggris, terutama untuk meningkatkan daya saing Anda dalam mendapatkan karir yang Anda inginkan.

Baca Juga: Gerakan Nasional 1000 Startup Indonesia

 

  1. Latihan dengan Aplikasi Tes Kepribadian MBTI

Aplikasi ini sangat cocok buat Anda yang masih belum terlalu yakin di bidang apa sebenarnya minat yang Anda miliki.

Aplikasi Tes Kepribadian MBTI ini didasarkan pada metode penelusuran minat dan bakat yang disebut Myer Briggs Personality Test (MBTI), di mana nanti akan diketahui empat aspek dominan yang mencerminkan personalitas seseorang. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 ribu kali, yang dikembangkan oleh Pesantren Programmer.

Aplikasi sederhana ini akan memberi informasi kepada Anda soal kepribadian Anda. Hal tersebut dilakukan dengan terlebih dahulu menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan.

Hasil akhirnya nanti berupa empat karakter dasar yang ada pada diri, di mana nanti akan dilanjutkan juga dengan saran soal pekerjaan apa yang paling cocok dengan karakter diri Anda tersebut. Hasil dari tes yang Anda lakukan di aplikasi ini akan menjadi salah satu rujukan yang baik untuk Anda dalam mengenal karakter diri Anda secara lebih mendalam

Sebelum Anda menentukan karir pilihan Anda, aplikasi Tes Kepribadian MBTI ini patut untuk Anda coba.

 

  1. Aplikasi Bank Soal CPNS yang berisi ribuan soal untuk pembelajaran 

Aplikasi ini khusus buat Anda yang tertarik untuk bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ya, secara umum memang masyarakat kita masih memandang bahwa bekerja sebagai PNS adalah salah satu bentuk pekerjaan yang dapat menjanjikan masa depan yang baik. Tidak heran jika tingkat persaingan untuk lolos seleksi kerja pada posisi ini sangatlah tinggi.

Untuk itu, terdapat beberapa pengembang  yang coba untuk membuat latihan-latihan tes CPNS dalam bentuk aplikasi. Salah satunya adalah Biru Studios, yang membuat aplikasi Bank Soal CPNS. Aplikasi ini cukup banyak mendapatkan respon positif dari penggunanya, dan telah diunduh lebih dari 10 ribu kali.

Dibandingkan dengan pesaingnya yang lain, Bank Soal CPNS dapat dikatakan sebagai salah satu yang memiliki kualitas yang cukup baik. Bank Soal CPNS terdiri dari contoh-contoh soal CPNS, seperti kewarganegaraan, tes potensi, dan sebagainya.

Jumlah soal yang cukup banyak membuat aplikasi ini dapat menjadi sarana Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian tertulis dalam proses seleksi CPNS. Semakin banyak Anda melatih diri dengan aplikasi ini, tentu akan membuat Anda makin siap dan yakin dengan kemampuan Anda.

Itulah tadi 8 aplikasi android yang dapat membantu Anda meraih pekerjaan yang Anda impikan. Tentu selain berusaha untuk mencari serta mempersiapkan diri untuk mencari kerja dengan beberapa aplikasi di atas, jangan lupa untuk senantiasa berdoa. Semoga Bermanfaat.

tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *