Home » Aplikasi » Avast Mobile Security, Antivirus Android Gratis dan Terbaik 2017!

Avast Mobile Security, Antivirus Android Gratis dan Terbaik 2017!

Sabtu, Februari 18th 2017. | Aplikasi

Virus dan malware menjadi ancaman bagi perangkat gadget Anda, tidak terkecuali perangkat android.

Sebagai salah satu perangkat yang sering digunakan, smartphone android menjadi sangat rentan terhadap virus dan malware.

Smartphone membutuhkan antivirus sebagai alat untuk memproteksi diri.

Tidak hanya diperlukan untuk perangkat komputer ataupun notebook, antivirus juga diperlukan keberadaannya pada suatu smartphone yang berbasis android.

Meskipun secara umum smartphone memiliki bentuk dan spesifikasi yang mungkin jauh lebih rendah ketimbang komputer atau notebook, bukan berarti ponsel pintar ini tidak membutuhkan software pengaman di dalamnya.

antivirus android avast

antivirus android avast

Seringkali para pengguna tidak terlalu menganggap penting akan keberadaan antivirus di smartphone yang dimilikinya.

Pengguna lebih suka untuk melengkapi gadgetnya dengan berbagai aplikasi games, editor foto, dan aplikasi-aplikasi lain, tetapi lupa untuk melengkapinya dengan aplikasi antivirus.

Nah, jika anda sudah tahu bagaiamana pentingnya sebuah antivirus untuk android, maka sekarang muncul pertanyaan: antivius apa yang harus kita instal?

Disinilah kita akan mengulas secara lengkap aplikasi antivirus android terbaik didunia tahun 2017 ini “Avast”.

Virus yang kian mengancam Android Kita

Ancaman akan serangan virus di perangkat android tidak kalah ganasnya dari PC.

Saat ini telah banyak bermunculan berbagai macam jenis virus baru yang mengancam perangkat pintar ini.

Penyebarannya juga semakin luas dan cepat, sehingga pengguna smartphone harus lebih waspada dengan hal ini.

Kemampuan smartphone yang dilengkapi fitur untuk terhubung dengan internet menjadikannya rawan serangan-serangan berbahaya.

Perkembangan di internet tentu tidak dapat kita kontrol, sehingga perlu pengamanan khusus terhadap gadget yang kita miliki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penggunaannya yang sangat intensif juga semakin meningkatkan risiko.

Terlebih jika informasi-informasi penting Anda simpan pada smartphone Anda.

Privasi dan hal-hal penting lain tentu harus dijaga dengan baik.

Apalagi jika suatu informasi tersebut bukan hanya milik Anda, tetapi milik komunitas atau rekan kerja, keamanan informasi tersebut harus lebih diperhatikan dengan lebih serius.

Antivirus sendiri ada yang bersifat gratis ataupun berbayar. Antivirus gratis nampaknya masih menjadi pilihan yang paling umum.

Avast mobile security adalah salah satu yang memiliki performa terbaik saat ini. Selain itu avast adalah antivirus android ringan dan gratis.

(Baca: Jaga Reputasi, Kini Wikipedia Larang Surat Kabar Dijadikan Referensi)

Dibandingkan dengan antivirus gratisan yang lainnya, Avast mobile security merupakan antivirus yang memiliki banyak keistimewaan.

Aplikasi antivirus Android Terbaik dan Gratis adalah ‘Avast’

Gratisan memang masih jadi pilihan. Apalagi jika ditunjang dengan kualitas yang bagus, pembeli sepertinya menjadikan produk-produk gratisan sebagai favorit utama.

Hal tersebut tak terkecuali terjadi juga pada antivirus.

Walaupun jika dibandingkan dengan antivirus berbayar, berbagai analisis menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan.

Performa antivirus android gratis tentu masih kalah dengan yang berbayar.

Namun demikian, secara umum Avast mobile security masih cukup bagus dan memiliki performa yang baik.

Terlebih jika dibandingkan dengan antivirus gratis yang lain, Avast mobile security adalah salah satu antivirus terbaik yang ada saat ini.

tampilan scan avast mobile scurity

tampilan scan avast mobile scurity

Beberapa situs teknologi terkemuka menobatkan Avast mobile security sebagai antivirus terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, tomsguide.com, menjadikan antivirus gratis ini sebagai antivirus gratis terbaik untuk aplikasi mobile selama tiga tahun berturut-turut.

Tentu ada alasan mengapa Avast mobile security ini menyandang status sebagai apps antivirus gratis terbaik saat ini.

Penilaian berbagai macam aspek memang menunjukkan keunggulan dari antivirus yang dibuat pengembang dari Republik Ceska ini.

Avast mobile security sudah cukup populer dikalanhan pengguna. Hal tersebut tergambar dari jumlah unduhannya yang sudah menembus angka 100 juta di Google Play.

Jumlah yang sangat banyak dan memperlihatkan bahwa memang antivirus ini telah menjadi antivirus terfavorit para pengguna di berbagai belahan dunia.

Rating 4,5 dari 5 pada Google Play juga menunjukkan bahwa para pengguna cukup puas dengan performa Avast mobile security.

(Baca: Aplikasi Telegram Versi Terbaru, Apa Kelebihan dan Fiturnya?)

Penawaran yang gratis (dengan dibantu iklan yang ada didalamnya) menjadi salah satu hal yang menarik minat pengguna untuk menggunakan Avast mobile security.

Meskipun Gratis, Tetap Menjadi Aplikasi antivirus gratis paling ampuh

Aplikasi boleh gratisan, tapi performa tentu tidaklah sembarangan.

Mungkin kalimat itu yang bisa menggambarkan Avast mobile sevurity sejauh ini.

Antivirus Android Avast apk diklaim dapat mendukung berbagai macam jenis android. Oleh sebab itu, Avast bisa dibilang sebagai antivirus terbaik android kitkat, antivirus terbaik untuk android jellybean, maupun android marsmellow.

Kondisi ini memudahkan kita untuk memasang antivirus avast di berbagai jenis perangkat android.

Kelebihan utama dari antivirus ini tentu saja kemampuannya dalam membersihkan virus.

Selain itu, interface aplikasi ini juga mudah dipahami sehingga tidak membuat penggunanya kebingungan untuk mengoperasikannya.

Interface dibuat dengan cukup menarik, dengan desain yang terbilang sangat estetis. Dapat pula disesuaikan sesuai dengan selera.

Yang terpenting, secara umum performanya untuk menjalankan fungsi keamanan sudah cukup baik dan membuat penggunanya merasa aman.

Antivirus ini dapat diatur untuk melakukan scan secara berkala ataupun scan manual, Scan berkala biasanya lebih dianjurkan, supaya kesehatan dari gadget Anda dapat terkontrol dengan lebih baik.

Scan secara manual juga baik dilakukan pada situasi-situasi tertentu.

Avast mobile security dapat mendeteksi dan memblok beberapa site yang berbahaya ataupun mencurigakan.

Penjelajahan pengguna di dunia maya memang sangat rentan dengan hal ini, sehingga keberadaan antivirus untuk memproteksi menjadi hal yang penting.

Avast mobile security juga akan memberikan peringatan apabila ada apps atau aplikasi yang berbahaya ataupun mengalami kerusakan pada smartphone Anda.

Kerusakan yang terjadi tentu dapat mempengaruhi performa smartphone Anda, sehingga harus segera diatasi.

Antivirus ini dapat pula mendeteksi program yang tidak diinginkan seperti adware, yaitu dengan memindai virus dan malware secara otomatis.

Avast monile security akan memindai secara otomatis aplikasi yang terinfeksi dan trojan, serta memberikan informasi mengenai informasi tentang aplikasi yang diinstal dan hak akses aplikasi.

(Baca: Ini Dia, 5 Alat Canggih nan Pintar Masa Kini)

Untuk pengamanan yang lebih maksimal, pengembang Avast mobile security memiliki fitur premium (berbayar) dengan kisaran harga 20-100an ribu rupiah per bulannya jika memang diinginkan.

Fitur terlengkap

Avast membagi beberapa fitur dalam beberapa apps, yaitu Anti-Theft, Battery Saver, Clean Up & Boost System Optimizer, Wi-Fi hotspot finders, yang disediakan juga dengan gratis.

Semuanya terintegrasi dan saling melengkapi satu sama lain.

Untuk Avast Password Manager, disediakan juga secara gratis. Akan tetapi dapat diupgrade ke versi berbayar untuk optimalisasi performanya.

Meskipun demikian, secara umum versi gratis sudah cukup memiliki kemampuan yang mumpuni untuk penggunaan yang umum.

Berbagai fitur tersebut dapat diinstal secara terpisah dari Avast Mobile Security. Namun semuanya dapat saling diintegrasikan dengan Avast Mobile Security sebagai apps utama.

Seakin lengkap keberadaannya, semakin baik pula pengaruhnya untuk gadget Anda. Tentu hal tersebut relatif  dan tergantung dari kebuthhan si pemakai.

Fitur yang banyak dan lengkap ini menjadi keunggulan Avast mobile security dibandingkan dengan kompetitornya yang lain.

Fitur Built-in Security

WI-Fi Check

Fitur ini berguna untuk mendeteksi keberadaan wi-fi di sekitar pengguna sekaligus mengecek tingkat keamanannya. Wi-fi dengan risiko keamanan yang tinggi tidak akan dianjurkan.

App Locking

Aplikasi ini berfungsi untuk menjaga keamanan privasi Anda. Beberapa aplikasi seperti aplikasi chatting, foto, dan sebagainya dapat diberikan password sehingga tidak sembarang orang dapat mengaksesnya.

Call Blocker

Fitur ini bermanfaat untuk mem-blok panggilan-panggilan yang mencurigakan. Mungkin saja panggilan-panggila seperti itu Anda dapatatkan. Call blocker akan memproteksi Anda dari kondisi tersebut.

Fitur Add-on

Cleanup

Beberapa dokumen ataupun file-file sampah akan membebani sturage gadget Anda. Cleanup akan membatu Anda untuk membersihkan perangkat Anda secara berkala.

Battery Saver

Fitur ini akan membantu dalam mengoptimalisasi penggunaan baterai pada perangkat Anda. Battery saver akan memberikan saran dan melakukan tindakan untuk mencegah baterai menjadi lebih cepat habis.

Antivirus Android Gratis vs berbayar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, antivirus berbayar masih memiliki performa terbaik dibandingkan dengan antivirus gratisan.

Hal ini cukup wajar mengingat antivirus seperti Bitdefender ataupun Karspersky memang menawarkan jasa dengan kualitas premium (berbayar).

Meskipun secara umum Avast mobile security secara umum telah berjalan dan melakukan fungsinya dengan baik, tetap ada beberapa kekurangan pada kemampuannya.

(Baca: Kulkas Pintar Samsung Family HUB 2.0, Terbaik Saat Ini?)

Hal yang utama dirasakan yaitu proteksi malware yang fluktuatif.

Deteksi malware atau virus terkadang inkosisten, tapi masih yang terbaik dibandingkan anti virus gratis lain.

Untuk diketahui, Avast mobile security tercatat dapat mendeteksi hingga 99% jenis malware yang ada saat ini.

Sebuah raihan angka yang cukup bagus, meskipun masih kalah dengan Bitdefender dan Norton yang mencapai hingga 100%.

Beberapa situs memberi penilaian terhadap Avast mobile security sbesar 7 dari maksimal 10.

Nilai ini masih kalah bila dibandingkan dengan antivirus berbayar seperti Bitdefender dan Norton yang medapatkan nilai 8.

Namum demikian, untuk kondisi normal dan penggunaan yang umum, antivirus gratis seperti Avast mobile security sudah cukup memenuhi kebutuhan akan keamanan standar bagi para penggunanya.

Iklan? Tidak masalah

Pada beberapa review pengguna, terdapat beberapa keluhan soal iklan.

Pada beberapa kesempatan, iklan mungkin dianggap mengganggu. Namun sebenarnya iklan adalah hal yang lumrah dan tidak dapat dihindarkan dari sebiah aplikasi yang bersifat gratis.

Seperti aplikasi lainnya, tentu pengembang juga memerlukan pemasukan untuk meraih pendapatan.

Dan satu-satunya pendapatan yang dapat diraih oleh aplikasi gratis adalah dari iklan (ads).

Mungkin yang perlu diatur adalah konten dan cara penyajian iklan tersebut.

Dan sejauh ini, iklan yang terdapat pada Avast mobile security secara umum cukup normal dan tidak dalam taraf yang mengganggu.

(Baca: Perusahaan Teknologi Besar dan Sukses di Indonesia (Startup, Web, E-Commerce))

Apabila Anda merasa terganggu dengan iklan, maka sebaiknya Anda beralih ke fitur premium (berbayar), yang memang dirancang bebas dari iklan.

Selalu ada plus dan minus dari setiap versi, baik yang gratis aatupun berbayar.

Pilihan yang tepat untuk antivirus gratis (*Segera Download Antivirus Terbaik Apk ini)

Dan berdasarkan uraian panjang lebar tadi, dapat disimpulkan bahwa Avast mobile security ini adalah pilihan terbaik yang ada saat ini untuk aplikasi antivirus gratis terbaik yang bisa Anda unduh untuk perangkat android Anda.

Tidak ada salahnya jika memang Anda menginginkan antivirus berbayar demi keamanan gadget Anda.

Tetapi jika Anda masih merasa cukup dengan aplikasi antivirus gratis, maka Avast mobile security sangat direkomendasikan.

Meskipun secara umum smartphone memiliki bentuk dan spesifikasi yang mungkin jauh lebih rendah ketimbang komputer, laptop, netbook, atau notebook, bukan berarti ponsel pintar ini tidak membutuhkan software pengaman di dalamnya. Keamanan tetap harus terjaga secara maksimal.

Yang jelas, keberadaan antivirus pada perangkat pintar Anda sangat diperlukan.

Bahkan bisa dikatakan adalah aplikasi yang wajib ada di setiap gadget. Apapun jenis yang Anda pilih. Jadi segeralah untuk mendownload aplikasi antivirus terbaik apk avast ini.

Semoga bermanfaat.

tags: , , , , ,

Komentar ditutup.