Home » Aplikasi » 5 Aplikasi Download Manager Gratis dan Terbaik Selain IDM

5 Aplikasi Download Manager Gratis dan Terbaik Selain IDM

Kamis, Maret 2nd 2017. | Aplikasi

Aplikasi download manager adalah salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas pengunduhan file. Keberadaan sebuah download manager akan membuat proses pengunduhan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis.

Kecepatan download yang meningkat menjadi alasan utama mengapa download manager sangat sering untuk digunakan. Proses pengunduhan yang dilakukan tanpa bantuan download manager ini biasanya akan berjalan lambat dan sangat rentan untuk gagal.

Tentu akan sangat menyebalkan ketika proses download hampir selesai, tiba-tiba terjadi error yang menyebabkan kegagalan proses download. Penggunaan sebuah download manager akan lebih mengurangi risiko terjadinya hal tersebut.

Di Indonesia sendiri, salah satu jenis download manager yang cukup populer adalah Internet Download Manager, atau biasa disingkat IDM. Hampir semua orang memakai jenis download manager yang satu ini. Bisa dibilang IDM adalah aplikasi download manager “sejuta umat” di negeri ini.

IDM

IDM (Internet Download Manager)

Padahal, saat ini download manager sudah sangat berkembang dan terdiri dari berbagai macam jenis. Beberapa di antaranya bahkan disebut memiliki performa yang lebih oke ketimbang IDM.

Ingin tahu apa saja aplikasi download manager gratis yang tidak kalah dengan IDM? Berikut ini kami sajikan beberapa di antaranya.

Sekilas tentang download manager gratis

Aplikasi download manager secara garis besar memiliki fungsi utama untuk mempermudah proses pengunduhan suatu file. Download manager akan membantu penggunanya untuk melakukan proses pengunduhan.

Sebuah download manager biasanya dilengkapi dengan download accelerator yang membuat proses pengunduhan menjadi lebih cepat. Selain itu, aplikasi ini akan mebantu untuk mengelola file hasil download dengan lebih rapi. Hal tersebut penting supaya file yang diunduh tersebut dapat tersimpan dengan baik dan mudah untuk ditemukan.

Baca Juga:

Fungsi penting lain yang ditawarkan dari sebuah download manager adalah kemampuan mengatur proses downloas dengan lebih praktis. Sebuah download manager biasanya dilengkapi dengan kemampuan untuk dapat menunda (paus) dan melanjutkan (resume).

Saat ini banyak sekali jenis download manager yang telah dikembangkan dan dipakai secara luas. Dari cara mendapatkannya, download manager terbagi menjadi dua, yaitu yang bersifat gratis dan yang berbayar (premium).

Di bawah ini akan disajikan lima aplikasi download manager terbaik yang ada saat ini. Download manager gratis yang terbaik diletakkan di urutan paling bawah. Okay, let’s check it out!

Satu: DownThemAll

List aplikasi download manager gratis ini kita buka dengan aplikasi milik Mozilla Firefox, yaitu DownThemAll. Aplikasi ini terpasang di halaman web berlogo serigala tersebut.

Firefox adalah salah satu browser terpopuler yang digunakan saat ini di dunia. Sifatnya yang merupakan browser open source menjadi salah satu kelebihan Firefox dibandingkan dengan browser-browser lain.

Untuk semakin meningkatkan kenyamanan para penggunanya, terutama untuk aktivitas download, maka Firefox menyediakan sebuah add-on bernama DownThemAll.

DownThemAll merupakan add-on gratis dari Firefox yang disediakan untuk mempermudah proses pengunduhan yang dilakukan di halaman Firefox. Dan tentu saja, add-on ini diberikan secara gratis untuk para penggunanya.

Dengan DownThemAll, Anda akan dipermudah untuk mengunduh semua link dan media dari halaman web. Untuk melakukan proses download, Anda cukup meng-klik ikon DownThemAll tersebut, dan pilih opsi yang Anda inginkan.

Aplikasi Downthemall

Aplikasi Downthemall

DownThemAll akan membantu Anda mengunduh file dari halaman web Firefox tersebut. File yang dapat diunduh terdiri dari dari berbagai macam jenis, misalnya link, gambar, foto, video, dan sebagainya. Seperti yang tersirat pada nama aplikasi ini, DownThemAll dapat membantu Anda untuk mengunduh semua jenis file.

Proses pengunduhan dengan DownThemAll dapat dilakukan dengan lebih cepat, karena terdapat akselerator terintegrasi yang mempercepat proses pengunduhan.

Selain itu, terdapat opsi pause (berhenti sementara) dan resume (melanjutkan). Opsi tersebut akan memudahkan Anda dalam mengatur aktivitas download yang sedang dilakukan.

Hal lain yang menjadi keunggulan DownThemAll dibandingkan dengan download manager yang lain yaitu berkaitan dengan iklan. Tidak seperti download manager gratis lain, di download manager ini Anda tidak akan mendapatkan iklan yang tiba-tiba muncul.

Semua fitur yang ada di dalam aplikasi ini diberikan secara gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir ataupun repot untuk menyiapkan uang untuk membayar layanan yang ada di DownThemAll ini.

Dua: Free Youtube Downloader

Video di situs Youtube adalah salah satu sumber video yang paling sering diunduh. Berbagai macam jenis video, mulai dari pendidikan, musik, olah raga, agama, hingga film hampir semua tersedia di situs ini.

Tidak heran jika keberadaan download manager yang kompatibel untuk melakukan proses pengunduhan video di Youtube  menjadi sangat penting. Tidak semua download manager dapat dipakai untuk melakukan pengunduhan dipakai, sehingga Anda perlu mencari download manager yang memang dikhususkan untuk mengunduh video Youtube.

Free Youtube Downloader adalah jawabannya. Download manager yang satu ini memang dirncang untuk mengelola proses download video  yang berasal dari Youtube.

Secara performa, Free Youtube Downloader memiliki kualitas yang cukup baik. Aplikasi ini dapat mendukung unduhan dengan  resolusi hingga 8k.

youtube free downloader

youtube free downloader

Free Youtube downloader memiliki fungsi utama sebagai sebuah alat untuk membantu proses pengunduhan. Sehingga Anda tidak akan banyak mendapatkan fitur-fitur tambahan di dalamnya.

Kondisi tersebut misalnya dapat terlihat dari sedikitnya tawaran pilihan untuk melakukan konversi file dengan Free Youtube dowmloader ini.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengelola unduhan dengan baik. Anda juga dapat melakukan beberapa unduhan secara bersamaan, dengan kecepatan yang cukup baik. Apabila Anda sering mengunduh video dari Youtube, sepertinya Free Youtube Downloader ini cocok untuk Anda. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis.

Tiga: Download Accelerator Plus

Download manager yang satu ini tersedia dalam  dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi berbayar (premium) memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak didapatkan dari versi gratis.

Namun demikian, versi gratis dari Download Accelerator Plus ini nampaknya sudah cukup lengkap dan terdiri dari beberapa fitur utama yang diperlukan untuk melakukan download secara cepat.

Beberapa fitur yang tidak tersedia di versi gratis ini mislanya adalah tidak terdapatnya fitur proteksi privasi. Fitur ini hanya tersedia dalam fitur premium saja.

Meskipun tidak lengkap, tetapi masih terdapat banyak fitur dasar untuk sebuah download manager. Contohnya adalah fitur link checker. Fitur link checker ini berfungsi untuk mengetahui informasi soal link pengunduhan yang pengguna lakukan.

Download Accelerator Plus versi gratis ini juga menyediakan video previewing. Dengan fitur ini, Anda dapat melihat terlebih dahulu seperti apa video yang akan Anda download.

Download Accelerator Plus

Download Accelerator Plus

Konversi file dapat dilakukan dengan cukup leluasa, dengan pilihan yang cukup variatif, dari kualitas tinggi hingga rendah. Pemilihan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya.

Secara umum, pengunduhan yang dilakukan melalui Download Accelerator Plus ini dapat dilakukan secara aman. Terdapat pula fitu multiple connection yang sangat berguna untuk meningkatkan kecepatan download.

Aplikasi yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk dapat membantu menghindarkan pengguna dari adanya gangguan akibat server yang lambat dan koneksi yang kurang baik.

Beberapa hal tersebut akan membuat pengguna Download Accelerator Plus menjadi semakin nyaman melakukan aktivitas download. Download Accelerator Plus memiliki kemampuan yang cukup baik, meskipun tentu saja versi premium memiliki kualitas lebih dari versi gratisannya.

Empat: Free Download Manager

Mungkin selain IDM, Free Download Manager adalah salah satu aplikasi download manager yang cukup familiar untuk digunakan di Indonesia. Free Download Manager ini bersifat open source, sehingga dapat diunduh secara cuma-cuma alias gratis.

Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan. Proses pengunduhan menggunakan Free Download Manager dapat dikatakan memuaskan, karena dapat berlangsung secara stabil.

Keunggulan lain dari Free Download Manager ini yaitu aplikasi ini dapat mendukung berbagai macam jenis browser. Beberapa browser tersebut antara lain Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Google Chrome.

Seperti beberapa download manager yang lain, Free Download Manager memiliki kemampuan untuk dapat melakukan restart dan recover pada saat proses pengunduhan.

Free Download Manager

Free Download Manager

Aplikasi ini merupakan aplikasi opensource, sehingga dikembangkan secara gratis dan fitur dapat di-update oleh komunitasnya secara bebas.

Free Download Manager akan membuat mudah penggunanya dalam mengontrol proses pengunduhan. Anda dapat meninggalkan proses download dan melakukan kegiatan lain, sembari menunggu notifikasi proses pengunduhan yang ditampilkan melalui download manager ini.

Free Download Manager memiliki fitur yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya yaitu download accelerator, BitTorrent client, preview audio dan video, dan traffic management tool.

Keunggulan lain yang bisa diperoleh dari download manager yang satu ini yaitu Anda dapat memilih jenis file yang akan di download. Anda dapat memilih untuk hanya mengunduh file Zip yang benar-benar Anda inginkan. Secara keseluruhan, Free Download Manager menjadi salah satu jenis download manager gratis yang sangat direkomendasikan untuk Anda pilih.

Lima: Ninja Download Manager

Ninja Download Manager disebut-sebut sebagai download manager terbaik saat ini. Aplikasi ini terbilang masih cukup baru diluncurkan. Ninja Download Manager memiliki performa dan desain yang menawan.

Interface dari aplikasi ini terlihat simpel tetapi tetap modern. Aplikasi ini akan memudahkan Anda  untuk menyimpan dan mengkonversi file yang Anda download.

Salah satu hal yang paling membuat Ninja Download Manager ini istimewa yaitu kemampuan download acceleratornya. Aplikasi ini memiliki download accelerator yang dapat meningkatkan kecepatan hingga 10 kali lebih cepat.

Ninja Download Manager membagi file menjadi beberapa potongan dan mengunduhnya dengan koneksi server yang berbeda. Itulah kenapa proses pengunduhan dapat berjalan dengan sangat cepat.

Ninja Download Manager

Ninja Download Manager

Kemampuan ini membuat Ninja Download Manager sangat bisa diandalkan. Apabila Anda mendownload musik atau film, dengan download manager ini Anda dapat mulai mendengarkan musik atau melihat film tersebut saat proses download tersebut masih berjalan. Hal tersebut menjadi salah satu keistimewaan dari aplikasi ini.

Serbagai fitur tambahan, terdapat built in video downloader yang mendukung untuk Youtube dan Vimeo. Diberikan pula fitur video converter yang mengubah format file secara otomatis setelah proses download selesai.

Dengan kelengkapan fitur dan kemampuan download accelarator-nya tersebut, maka tidak heran jika Ninja Download Manager menjadi salah satu download manager gratis terbaik yang tersedia saat ini.

tags: ,

Komentar ditutup.